Saat berbelanja online, waspada aplikasi trojan berbahaya “Shopper”

Saat berbelanja online, waspada aplikasi trojan berbahaya “Shopper”
News

Saat berbelanja online, waspada aplikasi trojan berbahaya “Shopper”

Saat berbelanja online, waspada aplikasi trojan berbahaya “Shopper”

Saat berbelanja online, waspada aplikasi trojan berbahaya “Shopper” # Sumber : gadgetDiva

Paradiva, kalian pernah gak, sih terganggu dengan tampilan iklan penjualan online yang mengganggu? Pasalnya menurut penelitian yang dilakukan Kaspersky, aplikasi Trojan di deteksi berbahaya sebab meneror pengguna dengan iklan yang tidak diinginkan.

Trojan yang dijuluki “Shopper” ini pertama kali menarik perhatian para peneliti setelah kebingungan yang menyebar dari penggunaan Layanan Aksesibilitas Google. Layanan ini memungkinkan untuk mengatur suara yang dapat membacakan konten aplikasi dan mengotomatisasi interaksi antarmuka pengguna (layanan ini dirancang untuk membantu orang-orang disabilitas). Namun, di tangan pelaku kejahatan siber, fitur ini dapat menghadirkan ancaman serius bagi pemilik perangkat.

Ini efek terbaru pembaruan fitur boomerang pada Instagram

Setelah memiliki izin menggunakan layanan ini, malware dapat memperoleh peluang hampir tidak terbatas untuk berinteraksi dengan antarmuka sistem dan aplikasi. Itu dapat menangkap data yang ditampilkan di layar, menekan tombol bahkan meniru gerakan pengguna.

Belum diketahui bagaimana cara aplikasi berbahaya ini disebarkan, namun peneliti Kaspersky berpendapat bahwa itu dapat diunduh oleh pemilik perangkat dari iklan palsu atau toko aplikasi pihak ketiga saat mencoba untuk mendapatkan aplikasi yang sah.

Tampilan iklan juga meningkatkan pemasangan aplikasi belanja online sekaligus mengelabui para pengguna dan pengiklan. Nah, biasanya aplikasi berbahaya ini singgah ke toko aplikasi (app store) smartphone kamu, mengunduh, meluncurkan aplikasi dan meninggalkan ulasan palsu atas nama pengguna, semuanya dilakukan sembari bersembunyi di balik perangkat si pemilik.

Ketika penjualan akhir tahun menyerbu toko-toko, baik para pengguna dan pemilik merek harus selalu waspada. Saat memilih tempat belanja, para pengguna cenderung sangat bergantung pada ulasan, sementara penjual akan meningkatkan anggaran pada iklan dan aktivitas promosi mereka.

Bahayanya, aplikasi Trojan terbaru mampu melancarkan aksinya dengan cara meningkatkan pemasangan dan peringkat aplikasi belanja populer, serta menyebarkan sejumlah iklan yang dapat mengganggu pengguna.

Aplikasi ini menyamar sebagai aplikasi sistem dan menggunakan ikon sistem bernama ConfigAPK untuk menyembunyikan diri dari pengguna. Setelah layar tidak terkunci, aplikasi meluncur, mengumpulkan informasi tentang perangkat korban dan mengirimkannya ke server pelaku kejahatan siber.

Server kemudian mengembalikan perintah untuk dieksekusi oleh aplikasi. Bergantung pada perintah, aplikasi dapat melakukan hal sebagai berikut:

  • Menggunakan akun Google atau Facebook pemilik perangkat untuk mendaftar di aplikasi belanja dan hiburan populer, termasuk AliExpress, Lazada, Zalora, Shein, Joom, Likee, dan Alibaba;
  • Meninggalkan ulasan aplikasi pada Google Play atas nama pemilik perangkat;
  • Memeriksa hak untuk menggunakan Layanan Aksesibilitas. Jika izin tidak diberikan, ia akan mengirimkan permintaan phishing untuk mereka;
  • Mematikan Google Play Protect, fitur yang menjalankan pemeriksaan keamanan pada aplikasi dari Google Play Store sebelum diunduh;
  • Membuka tautan yang diterima dari server jarak jauh di jendela yang tidak terlihat dan menyembukan diri dari menu aplikasi setelah sejumlah layar diblokir;
  • Menampilkan iklan saat membuka blokir layar perangkat dan membuat label untuk menyebarkan iklan di menu aplikasi
  • Mengunduh aplikasi dari Apkpure [.] Com ‘market’ dan menginstalasinya.
  • Membuka dan mengunduh aplikasi yang diiklankan di Google Play;
  • Mengganti label aplikasi yang diinstal dengan label halaman yang diiklankan

Fyi, pangsa tertinggi pengguna yang terinfeksi oleh Trojan-Dropper.AndroidOS.Shopper.a dari Oktober hingga November 2019 adalah di Rusia. Jumlahnya cukup mengejutkan yaitu sebanyak 28,46% pengguna yang dipengaruhi oleh aplikasi shopaholic yang berlokasi di negara tersebut. Selanjutnya hampir seperlima (18,70%) dari infeksi berada di Brasil dan 14,23% di India.

“Sekarang, fokus dari aplikasi berbahaya ini adalah ritel, tetapi dengan kemampuannya yang canggih, memungkinkan pelaku kejahatan siber untuk menyebarkan informasi palsu melalui akun media sosial pengguna dan platform lainnya. Misalnya, membagikan video dengan konten apapun yang diinginkan operator di belakang Shopper pada halaman pribadi akun pengguna secara otomatis dan mungkin membagikan informasi tidak jelas di internet”, kata Igor Golovin, analis malware di Kaspersky.

Produk Kaspersky telah berhasil mendeteksi dan memblokir malware Shopper dengan nama deteksi berikut: Trojan-Dropper.AndroidOS.Shopper.

Agar terhindar dari risiko infeksi oleh ancaman malware seperti ini, Kaspersky menyarankan pengguna untuk mengikuti rekomendasi sebagai berikut:

  • Selalu waspada terhadap aplikasi yang mengharuskan penggunaan Layanan Aksesibilitas, jika aplikasi tidak membutuhkan fungsi tersebut
  • Selalu memeriksa permohonan aplikasi untuk melihat apa saja yang boleh dilakukan aplikasi saat sudah terinstal
  • Jangan memasang aplikasi dari sumber yang tidak dipercaya, sekalipun mereka diiklankan secara aktif, dan memblokir instalasi program dari sumber yang tidak dikenal di pengaturan ponsel cerdas Anda
  • Gunakan solusi keamanan seluler andal, seperti Kaspersky Internet Security for Android. Solusi ini dapat membantu mengidentifikasi permintaan dengan potensi bahaya atau ketidakjelasan permintaan dari aplikasi yang diunduh, dan menjelaskan risiko terkait dengan berbagai jenis izin pada umumnya.

Baca juga, Perempuan di dunia keamanan siber, kenapa tidak?


author-img_1

Jihan Nasir

Reporter

Artikel Terkait

Begini cara sembunyikan stories Instagram kamu dari pengguna asing
News

Begini cara sembunyikan stories Instagram kamu dari pengguna asing

Beberapa bulan yang lalu, Instagram memperkenalkan fitur baru yang menyoroti Stories berdasarkan ..

Ini efek terbaru pembaruan fitur boomerang pada Instagram
News

Ini efek terbaru pembaruan fitur boomerang pada Instagram

Paradiva, bicara soal fitur aplikasi Instagram yang satu ini, Boomerang tampak menjadi fitur pali..

Mau colek-colek produk Huawei terbaru? Datang aja ke Pondok Indah Mal
News

Mau colek-colek produk Huawei terbaru? Datang aja ke Pondok Indah Mal

Huawei Experience Store dibuka, memungkinkan konsumen untuk colek-colek produk. Di tengah krisis ..

Ikut turnamen AOV, tim DG Esports lolos kualifikasi Asia Tenggara
News

Ikut turnamen AOV, tim DG Esports lolos kualifikasi Asia Tenggara

Tim Dunia Games (DG) Esports lolos kualifikasi Asia Tenggara turnamen Arena of Valor (AOV) e-Mast..


;