Begini Upaya GoTo Lindungi Data Pribadi Penggunanya

0
Data Pribadi

Gadgetdiva.id — Dalam rangka memperingati hari privasi data sedunia, GoTo membeberkan upaya mereka dalam melindungi data pribadi penggunanya. Mulai dari karyawan, pengguna hingga mitra ekosistem.

SVP Group Head of Data Protection and Privacy Officer (DPPO) GoTo, Leny Suwardi menyatakan bahwa pehaman terkait data pribadi perlu diketahui penggunanya. Terutama para UMKM.

“Kami percaya pemahaman UMKM terhadap keamanan data merupakan bagian dari literasi digital yang krusial,” kata Leny dalam konferensi pers Hari Privasi Data Sedunia, Senin (6/2).

Dia menambahkan bahwa menciptakan ekosistem digital butuh kerja sama yang kuat dengan berbagai pihak. Dimulai dari tersedianya teknologi yang mumpuni, regulasi yang memadai serta pengguna teknologi yang mengerti cara menjaga data dan privasi.

Pemahaman UMKM terhadap pentingnya perlindungan data pribadi, lanjut dia, akan membuat ekosistem GoTo semakin aman. Oleh karena itu, pihaknya terus berupaya meningkatkan literasi digital bagi masyarakat.

Upaya GoTo dalam melindungi data pribadi pengguna

Dalam acara tersebut, Leny turut membeberkan upaya GoTo dalam melindungi data pribadi pengguna. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Pertama, setiap unit usaha GoTo memiliki standar keamanan terbaik dalam industri. Beberapa contoh di antaranya perolehan sertifikasi ISO 27001 untuk manajemen keadaan informasi, ISO 27701 untuk sistem manajemen informasi privasi serta PCI DSS untuk standar kemanan data industri kartu pembayaran.

Kedua, GoTo membentuk pejabat dan tim khusus yang menjalankan fungsi perlindungan data pribadi sesuai amanat UU PDP. Yakni, dengan sistem dan proses yang setara dengan best practice global.

Data Pribadi

Selanjutnya, membangun teknologi pengamanan kelas dunia. Dimana yang digawangi oleh berbagai talenta digital terbaik.

GoTo juga turut melakukan beragam kampanye kamanan data pribadi. Mulai dari Program #JAGA dari Gojek dan GoTo Fiancial. Teurtama mereka yang menggunakan aplikasi maupun UMKM.

Kemudian, perusahaan juga membuat modul pembelajaran literasi digital oleh Tokopedia. Guna melindungi data pribadi pengguna marketplace dengan menggandeng Center for Digital Society (CfDS) Univesitas Gadjah Mada.

GoTo menggelar pelatihan internal terkait kemanan data bagi karyawan GoTo, Gojek, GoTo Financial hingga Tokopedia saat menerima karyawan baru secara berkala. Pelatihan ini dilakukan mulai tangga 30 Januari 2023 yang akan diisi oleh Kominfo dan Google Cloud terhadap 800 karyawannya.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan