Melanie Putria Ungkap Rahasia Jaga Fisik Tetap Sehat

0
Melanie Putria
Foto: Instagram/@melanieputria

Gadgetdiva.id — Melanie Putria ungkap kiat-kiat jaga fisik tetap sehat dan konsisten dalam berolahraga pada acara Bincang Shopee 10.10 Brands Festival, kemarin (28/9). Cocok buat kamu yang hobi berolahraga maupun yang sedang ingin memulai berolahraga.

Tren olahraga di Indonesia terus meningkat. Sebab, kini masyarakat punya banyak opsi jenis olahraga yang dapat disesuaikan dengan prefensi dan aktivitas mereka sehari-hari.

Dalam acara Bincang Shopee 10.10 Brands Festival: Fisik Sehat, Rahasia Tubuh Kuat, mengundang Melanie Putria sebagai seorang Fitness Influencer untuk berbincang seputar pentingnya menjaga pola hidup sehat. Mantan Puteri Indonesia tersebut juga turut berbagi tips untuk menjaga konsistensi dan memaksimalkan efektivitas kegiatan olahraga.

Melanie Putria

Bagi Melanie Putria, dengan konsisten berolahraga, kita dapat meningkatkan kualitas hidup dari segala aspek. Mulai dari menjaga kesehatan fisik hingga mental.

“Seringkali orang merasa bahwa olahraga membutuhkan waktu yang banyak, padahal dengan diimbangi pengetahuan yang mumpuni sangat mungkin bagi kita untuk berolahraga secara efektif tanpa memakan banyak waktu. Jangan lupa juga untuk memilih olahraga yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing agar lebih konsisten dan menyenangkan, ya,” ungkap Melanie Putria. 

Tips Jaga Fisik Tetap Sehat dan Konsisten Berolahraga ala Melanie Putria

Frequency 

Pertama, tentukan terlebih dahulu frekuensi olahraga yang akan kamu lakukan dalam satu minggu, hal ini bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan dan tingkatkan secara perlahan. Jika saat baru mulai kamu hanya berolahraga 1-2x seminggu, lama kelamaan bisa kamu tingkatan menjadi 4-5x. Penting untuk tahu berapa frekuensi yang tepat agar bisa mencapai tujuan tanpa berolahraga secara berlebihan.

Melanie Putria
Foto: Instagram/@melanieputria

Intensity 

Parameter intensitas adalah ukuran seberapa sulit olahraga yang akan kamu lakukan. Ketika baru memulai, jangan langsung berlebihan dan sesuaikan intensitas olahraga yang kamu lakukan dengan kemampuanmu, karena jika kamu berolahraga terlalu intens dapat menyebabkan cedera atau burnout. Mulailah dari level yang dirasa nyaman dan sanggup kamu lakukan, lalu setelah rutin berolahraga bisa kamu tingkatkan secara bertahap. 

Type

Temukan tipe olahraga yang sesuai dengan kebutuhan, preferensi, dan goal-mu lalu mulai perlahan-lahan kamu lakukan setiap hari. Sebaiknya sebagai pemula, mulai olahraga dari yang paling ringan, menyenangkan, dan nyaman terlebih dulu seperti bersepeda atau jogging. Hindari langsung melakukan kegiatan olahraga expert seperti lari maraton jika kamu masih baru mulai mencoba berolahraga dan belum latihan secara khusus. 

Melanie Putria
Foto: Instagram/@melanieputria

Time 

Parameter FITT selanjutnya mengacu pada durasi berolahraga. Tentu saja, durasi ini juga perlu disesuaikan dengan beberapa faktor, seperti kebugaran tubuh, usia, berat badan, kesehatan, dan banyak lagi. Perlu diingat bahwa menambah durasi sebaiknya hanya dilakukan apabila kamu sudah merasa benar-benar siap dan terlatih, ya!

Preparation 

Nah, kalau yang satu ini tidak termasuk dalam prinsip FITT, namun tentunya tidak kalah penting. Saat mulai rutin berolahraga, pastikan kamu sudah memiliki produk atau alat yang dapat mendukung dan menambah semangatmu untuk terus bergerak. Memilih perlengkapan olahraga yang sesuai sangatlah penting, bukan hanya untuk melengkapi penampilan namun juga untuk memperoleh hasil maksimal, membuat olahraga lebih nyaman, dan meminimalisir risiko cedera. Untuk memenuhi perlengkapan olahraga bisa dengan mudah kamu dapatkan di aplikasi Shopee. 

Melanie Putria
Foto: Instagram/@melanieputria

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini