Sarah Silverman Tuntut Meta dan OpenAI Atas Pelanggaran Hak Cipta

0
Sarah Silverman
Foto: Reuters

Gadgetdiva.id — Komedian Sarah Silverman dan dua penulis telah mengajukan tuntutan hukum atas pelanggaran hak cipta terhadap Meta dan OpenAI. Hal tersebut menggunakan konten mereka tanpa izin untuk melatih model bahasa kecerdasan buatan.

Tuntutan hukum class action ini diujakan oleh Sarah Silverman, Richard Kadrey dan Christoper Golden di pengadilan federal San Fransisco pada hari Jumat (7/7).  Mereka menuduh perusahaan induk Facebook, Meta dan OpenAI karena telah menggunakan materi yang dilindungi hak cipta untuk melatih bot obrolan.

Tuntutan hukum tersebut meliputi risiko yang dihadapi pengembang bot obrolan ketika mereka menggunakan materi berhak cipta saat membuat aplikasi yang memberi respons yang realistis terhadap permintaan pengguna.

Ketiganya menuduh meta dan OpenAI telah menggunakan materi mereka tanpa izin untuk mengembangkan apa yang disebut dengan model bahasa besar. Para pembuat itu menyebutnya sebagai alat yang ampuh untuk mengotomatisasi beberapa tugas dengan meniru percakapan mereka.

Dalam gugatan mereka terhadap meta, para penggugat menuduh bahwa informasi yang bocor terkait bisnis kecerdasan buatan perusahaan itu menunjukkan bahwa bot tersebut tealh dilatih dengan konten berhak cipta mereka.

Tuntutan yang dilayangkan oleh Sarah Silverman dan teman-temannya tersebut menuntut ganti rugi. Namun, tidak disebutkan atas nama kelas nasional pemilik hak cipta yang karyanya diduga dilanggar.

Di sisi lain, Meta dan OpenAI belum membuat pernyataan terkait tuntutan yang dilayangkan oleh Sarah Silverman ini.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

Suka dengan artikel di atas? Click to DONATE


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini