2024, Mozilla Ganti CEO Perempuan dengan Perempuan Lain

0
mozilla ganti ceo
CEO Baru Mozilla, Laura Chambers.

Gadgetdiva.idMozilla ganti CEO perempuan dengan perempuan lain. Mereka diketahui telah mengganti CEO-nya dengan sosok baru. Bukan lagi Mitchell Baker melainkan Laura Chambers. Padahal Baker telah berkuasa selama bertahun-tahun, sedangkan Chambers sebelumnya menjabat sebagai Dewan Komisaris Mozilla selama tiga tahun terakhir.

Namun sepertinya, langkah Mozilla ganti CEO hanya sementara. Maksunya, Chambers tidak akan berkuasa lama karena dia hanya mengisi kekosongan setelah Bakers lengser. Chambers akan mengisi peran sebagai CEO sementara hingga akhir tahun, atau hingga pengganti permanen ditemukan. Sedangkan Baker akan terus bekerja untuk Mozilla sebagai Eksekutif Mozilla Corporation.

Baker sendiri mengatakan bahwa Chambers memiliki keahlian yang baik untuk memandu Mozilla melewati transisi langkah Mozilla ganti CEO. Nantinya fokus Chambers dalam 10 bulan mendatang adalah menghadirkan produk yang sukses dan membangun platform yang mempercepat momentum menurut pengumuman tersebut.

mozilla ganti ceo
Mitchell Bakers, mantan CEO Mozilla.

Mozilla Ganti CEO

Chambers akan menyempurnakan “visi perusahaan” dan menyelaraskan “strategi perusahaan dan produk di baliknya”. Dia juga akan memperbanyak produk inti seperti Firefox.

Masih harus dilihat apakah hal itu mungkin terjadi dalam beberapa bulan masa jabatannya sebagai CEO. Baker pernah dikritik karena gajinya sebagai CEO di Mozilla. Meskipun gajinya meningkat dua kali lipat dalam beberapa tahun terakhir, pangsa pasar Mozilla Firefox anjlok. Mozilla juga memecat ratusan karyawannya pada tahun 2020 sebagai bagian dari restrukturisasi perusahaan.

Baca berita lainnya di Gadgetdiva

Firefox, produk inti dan penghasil uang utama Mozilla, disebutkan satu kali dalam pengumumannya. Ini terdaftar sebagai salah satu dari beberapa produk inti Mozilla. Mozilla memperoleh sebagian besar pendapatannya dari penawaran pencarian di Firefox. Khususnya dalam mempromosikan Google Search di Firefox.

Organisasi ini sebelumnya telah menciptakan beberapa produk untuk mendiversifikasi sumber pendapatannya. Kebanyakan dari mereka adalah layanan berbasis web, seperti Mozilla Monitor Pro, Mozilla VPN, atau Firefox Relay yang baru-baru ini diumumkan.

Proyek ini, serta proyek seperti Mozilla AI, telah membantu Mozilla mendiversifikasi pendapatan. Royalti masih menyumbang lebih dari 80% pendapatan organisasi secara keseluruhan. Produk-produk Mozilla non-Firefox sedang berkembang, namun organisasi tersebut membutuhkan lebih banyak produk untuk bersiap menghadapi saat pendapatan dari transaksi mesin pencari mungkin turun secara signifikan.

Menurut sumber Firefox, Chambers akan mengevaluasi tahun-tahun Baker sebagai CEO usai Mozilla ganti CEO. Faktanya adalah Firefox kehilangan pangsa pasar pada saat itu dan Mozilla beralih ke produk lain untuk mempersiapkan masa depan.

Saat ini, Mozilla sepertinya sudah tidak lagi memberi nama pada semua produk barunya “Firefox”. Organisasi tersebut mengganti nama beberapa di antaranya, misalnya Firefox Monitor, menjadi Mozilla Monitor.

Firefox tidak diabaikan, namun sepertinya Mozilla masih bisa melakukan yang lebih baik sebelumnya. Pembukaan dukungan ekstensi penuh untuk Firefox untuk Android terjadi sebulan yang lalu. Ini bisa saja diperkenalkan lebih awal. Sekarang, bahkan Microsoft menghadirkan dukungan ekstensi ke browser Edge untuk Android.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan