UMKM

Pengguna Domain BIZ.ID Meningkat, Genjot UMKM Go Digital

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — PANDI beber nama domain BIZ.ID telah berhasil mencapai 500% pengguna pada 30 Desember 2022. Ini artinya, semakin banyak UMKM di Indonesia yang sudah go digital.

Ketua PANDI Yudho Giri Sucahyo menyatakan bahwa pihaknya mencatat terjadi peningkatan nama domain .ID yang tertinggi di Asia Tenggara dengan jumlah nama domain sebanyak 726.294 pada 31 Desember 2022. Dimana pengingkatan 500% atau setara dengan 3.164 nama domain tersebut dari pengguna BIZ.ID.

Bahkan, pengguna nama domain .ID sendiri telah menduduki peringkat tertinggi se-Asia Tenggara. Berhasil mengalahkan nama domain .my dan .vn.

“Jumlah nama domain .ID sudah menjadi yang tertinggi di Asia Tenggara,” ungkap Yudho dalam pernyataan resmi yang dikutip pada Kamis (26/1).

Pengguna Nama Domain BIZ.ID Meningkat, PANDI Genjot UMKM Go Digital

BIZ.ID sendiri merupakan nama domain Indonesia yang diperuntukan untuk keperluan bisnis. Nama ini biasanya digunakan oleh para pelaku usaha terutama UMKM.

Tak hanya BIZ.ID, PANDI juga melihat adanya peningkatan pada pengguna nama domain MY.ID. Dimana nama domain tersebut meingkat hingga 2 kali lipat dari tahun 2021 menjadi 279.576 atau sekitar 120%.

Adapun, beberapa langkah yang telah dilakukan oleh PANDI dalam menggaet pelaku usaha supaya dapat menggunakan nama domain BIZ.ID dan MY.ID di tahun 2022. Yakni, dengan menggelar event, sosialisasi hingga kompetisi yang melibatkan para pelaku UMKM maupun masyarakat lainnya.

Kemudian, Yudho turut menyatakan bahwa pihaknya terus meningkatkan infrastruktur di tahun 2022. Ambil contoh menambahkan node DNS, meningkatkan infrastruktur Sistem Registri Mandiri (SRM) untuk menampung 2 juta nama domain pada penetration test yang terdapat dalam sistem dan aplikasi PANDI maupun penambahan perangkat firewall.

“Pada tahun 2022, PANDI juga terus melakukan beberapa langkah peningkatan infrastruktur demi meningkatkan layanan PANDI,” kata Yudho.

Dalam rangka menggenjot digitalisasi dan Go Global UMKM lokal, PANDI menyatakan bahwa mereka akan menurunkan harga domain BIZ.ID dengan cukup drastis. Sehingga, dapat menjamah lebih banyak lagi pegiat UMKM di Indonesia.

“PANDI akan terus menggenjot pertumbuhan UMKM yang menggunakan domain BIZ.ID salah satunya adalah dengan menurunkan harga domain BIZ.ID agar lebih terjangkau bagi para pelaku UMKM yang ingin memulai promosi di dunia digital,” tambah Yudho.

Kemudian, PANDI juga akan menyediakan inovasi berupa layanan link shortener dan microsite S.ID. Dimana merupakan link shorter terpendek di dunia untuk mendukung kegiatan pemasaran UMKM.

PANDI juga menyediakan link shortener dan microsite S.ID. Layanan ini bebas biaya sehingga para pelaku UMKM dapat memanfaatkan fitur layanan yang ada di S.ID untuk mempromosikan UMKMnya di dunia digital,” ujar Yudho.

Adapun terget pengguna nama domain .ID di tahun 2023, yaitu menembus hingga 1 juta pengguna. Sehingga, nama domain tersebut dapat menjadi juara di Asia hingga dunia.

PANDI juga akan terus melakukan inovasi dan kolaborasi untuk memperkuat layanan domain .ID dan mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menggunakan nama domain .ID,” tutup Yudho. 

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Kisah Inspiratif Kreator Affiliate TikTok Aisyah dari Jabar
UMKM

Kisah Inspiratif Kreator Affiliate TikTok Aisyah dari Jabar

Gadgetdiva.id – Aisyah, seorang Kreator Affiliate TikTok yang berasal dari Jabar, telah mem..

Kisah Sukses Perempuan Indonesia yang Mencari Peluang Bisnis di Lazada
UMKM

Kisah Sukses Perempuan Indonesia yang Mencari Peluang Bisnis di Lazada

Gadgetdiva – Di tengah maraknya perkembangan bisnis industri kecantikan dan fesyen yang d..

LPEI Dorong Produk Home Decor dan Kerupuk Asal Jawa Timur Tembus Pasar Ekspor
UMKM

LPEI Dorong Produk Home Decor dan Kerupuk Asal Jawa Timur Tembus Pasar Ekspor

Gadgetdiva.id – Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) bersama pemerintah Provinsi Jawa..

Foodizz Membersamai UMKM Kuliner Bertumbuh dan Naik Kelas
UMKM

Foodizz Membersamai UMKM Kuliner Bertumbuh dan Naik Kelas

GadgetDiva.id — Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) pada tahun 2022 mengungkapkan i..

Bareng TikTok, Tokopedia Canangkan 3 Program Dukung UMKM
UMKM

Bareng TikTok, Tokopedia Canangkan 3 Program Dukung UMKM

Gadgetdiva.id — Tokopedia membeberkan beberapa program yang akan dilakukannya bersama TikTo..


;