Aplikasi

RIP ICQ, Anak 90-an Berduka

post-img

Source : Toms Guide

GadgetDiva – Anak 90an pasti bakal sedih dengar kabar ini. Pasalnya, aplikasi pesan instant yang mewarnai hari mereka di tahun-tahun tersebut akan berhenti beroperasi. Yep! ICQ akan RIP atau dimatikan mulai 26 Juni 2024.

Setelah beralih kepemilikan sebanyak tiga kali, layanan pesan instan legendaris ICQ akan berhenti beroperasi pada 26 Juni mendatang. ICQ, yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1996, akan mengakhiri perjalanannya setelah hampir 28 tahun melayani jutaan pengguna di seluruh dunia.

Fitur Baru di Android 15 Ini Bisa Tingkatkan Waktu Siaga Baterai Hingga 3 Jam

ICQ, yang merupakan singkatan dari "I Seek You", pernah mencapai puncaknya dengan sembilan juta pengguna dan 2,5 juta pengguna aktif harian. Angka ini sangat mengesankan pada masanya, mengingat sebagian besar pengguna masih menggunakan internet dial-up dan DSL yang baru mulai populer di beberapa negara.

Pada tahun 1998, AOL mengakuisisi ICQ dari Mirabilis dengan harga $407 juta. Kemudian pada tahun 2010, Mail.Ru yang kemudian berganti nama menjadi VK, mengambil alih platform ini karena popularitasnya yang tinggi di Rusia. VK berusaha memodernisasi ICQ dengan membuat aplikasi untuk Android dan iOS, namun akhirnya memutuskan untuk menghentikannya.

ICQ berhenti beroperasi

Source :gadgetdiva.id

Kini, ICQ merekomendasikan pengguna yang masih aktif untuk beralih ke layanan media sosial berbasis di Rusia, VK. Meskipun ada upaya untuk memodernisasi ICQ, platform ini tetap tidak mampu bertahan di tengah persaingan ketat dengan aplikasi pesan modern lainnya. Namun, akun resmi ICQ di X mengisyaratkan kemungkinan kembalinya ICQ di masa depan.

Kehilangan ICQ mencerminkan perubahan cara komunikasi melalui internet. Saat ini, orang lebih banyak menggunakan aplikasi seperti WhatsApp dan media sosial seperti Facebook dan X untuk berkomunikasi. Di Rusia, VK menjadi platform media sosial yang dominan, mirip dengan platform-platform di China. Saturasi media sosial dan aplikasi pesan lintas platform dengan integrasi suara dan kamera serta kemampuan melakukan pembayaran online menjadi tantangan besar bagi ICQ.

Meskipun ada spekulasi tentang kemungkinan kembalinya ICQ, warisan ICQ sejak tahun 90-an tetap dihormati. Pengaruhnya pada penggunanya selama masa sebelum media sosial berkembang akan selalu dikenang. Banyak orang yang menjalin persahabatan dan hubungan panjang melalui platform ini. Aplikasi dan layanan media sosial mungkin akan berakhir, namun kenangan yang dibuat di platform tersebut akan selalu hidup.

Terlepas dari nasib ICQ, keberadaan platform ini selama hampir tiga dekade adalah prestasi yang patut diacungi jempol. Meskipun banyak layanan serupa seperti MSN Messenger, AOL, Yahoo, MySpace, Orkut, dan Google telah lama hilang, ICQ berhasil bertahan hingga saat ini. Hal ini menunjukkan kekuatan dan daya tarik unik ICQ bagi penggunanya.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

Trending di Twitter, Apa Itu Smadav?
Aplikasi

Trending di Twitter, Apa Itu Smadav?

Kata Smadav menjadi trending topic dan menempati urutan ke-5 saat artikel ini diturunkan. Awalnya, k..

Fitur Baru di Android 15 Ini Bisa Tingkatkan Waktu Siaga Baterai Hingga 3 Jam
Aplikasi

Fitur Baru di Android 15 Ini Bisa Tingkatkan Waktu Siaga Baterai Hingga 3 Jam

Google mengenalkan sejumlah fitur baru dalam sistem operasi Android 15. Salah satunya ialah fitur ya..

Aplikasi X Kenalkan Fitur Baru untuk Komunitas
Aplikasi

Aplikasi X Kenalkan Fitur Baru untuk Komunitas

X telah memperkenalkan versi baru fitur Komunitas, memberikan pengguna platform ini pengalaman yang ..

Netflix Bakal Hapus Aplikasi Windows Bulan Depan
Aplikasi

Netflix Bakal Hapus Aplikasi Windows Bulan Depan

Netlfix bersiap untuk menghapus aplikasi untuk pengguna Windows mulai bulan Juni 2024 mendatang. Pla..


;