Gadget

5 Fitur AI yang Membuat iPhone Baru Semakin Canggih

post-img

Source : Foto: Unsplash

GadgetDivaApple mungkin belum banyak berbicara tentang rencana AI generatifnya, tetapi berbagai jenis AI telah memainkan peran besar di iPhone selama bertahun-tahun. Faktanya, AI telah menjadi penggerak utama fitur-fitur inti iPhone di aplikasi populer seperti Kamera, Foto, dan Siri, jauh sebelum ChatGPT mencuri perhatian global pada tahun 2022.

Namun, dalam beberapa bulan terakhir, CEO Apple Tim Cook lebih terbuka tentang teknologi yang sedang berkembang ini. Pada bulan Februari, Cook mengonfirmasi bahwa perusahaan benar-benar berinvestasi besar dalam AI generatif. Awal bulan ini, dia menyarankan bahwa Apple akan memiliki keunggulan dalam persaingan, meskipun pembuat iPhone ini dianggap tertinggal dalam perlombaan AI.

Huawei Geser Posisi Samsung di Pasar Ponsel Lipat Global Pada Q1 2024

"Kami percaya pada kekuatan transformatif dan janji AI, dan kami yakin kami memiliki keunggulan yang akan membedakan kami di era baru ini, termasuk kombinasi unik integrasi perangkat keras, perangkat lunak, dan layanan Apple," kata Cook.

 

Source :gadgetdiva.id

 

Konferensi Pengembang Apple Dunia (WWDC), di mana biasanya mereka mengumumkan pembaruan perangkat lunak baru untuk iPhone dan produk lainnya, akan dimulai pada 10 Juni. Apapun rencana Apple dalam menghadirkan lebih banyak fitur AI ke iPhone, kemungkinan besar akan diumumkan saat itu.

Hanya Apple yang tahu apa yang akan datang selanjutnya untuk iPhone dan produknya yang lain. Sementara itu, berikut adalah beberapa fitur berbasis AI favorit kami di iPhone terbaru saat ini.

Kloning Suara Anda Secara Digital

Apple mungkin tidak memiliki chatbot, tetapi sudah menggunakan AI dalam fitur yang hadir dengan iOS 17 tahun lalu. Personal Voice adalah pengaturan aksesibilitas yang menggunakan machine learning di perangkat untuk memungkinkan orang yang berisiko kehilangan suara mereplikasi suara mereka sehingga dapat berkomunikasi lebih mudah dengan orang yang mereka cintai. Untuk mempelajari suara Anda, iPhone meminta Anda membaca 150 frasa dengan suara keras. Kemudian menggunakan AI untuk menganalisis suara Anda dan menghasilkan versi sintetisnya.

Untuk berkomunikasi menggunakan suara sintetis ini, Anda akan menggunakan alat ketik-untuk-bicara iPhone untuk mengubah teks menjadi ucapan di FaceTime dan aplikasi pihak ketiga yang kompatibel. Jika Anda tertarik untuk mempelajari cara mengkloning dan menyimpan suara Anda di iPhone, berikut adalah panduan langkah demi langkahnya.

Mudah Menyalin Teks dari Gambar iPhone

Live Text adalah fitur AI yang sudah tersedia di iPhone yang menjalankan iOS 15 atau lebih baru. Ini adalah alat visi komputer yang mengenali teks tulisan tangan dan ketikan dalam foto, mirip dengan Google Lens. Teks dari gambar kemudian dapat disalin dan ditempel dengan beberapa ketukan mudah.

Live Text sering kali sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, jika Anda memiliki resep tulisan tangan yang ingin didigitalkan. Setelah mengambil foto resep tersebut dengan iPhone Anda, Anda dapat menyalin dan menempelkan teks tersebut ke dalam dokumen Word, misalnya, dan menyimpannya sebagai cadangan digital. Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara melakukan hal tersebut jika Anda tertarik.

AutoCorrect yang Ditingkatkan

Dengan pembaruan perangkat lunak terbarunya, Apple juga memperbaiki salah satu keluhan terbesar tentang autocorrect. Sekarang Anda bisa mengucapkan kata-kata kasar tanpa Apple mengubah kata makian pilihan Anda menjadi sesuatu yang lebih halus, seperti "duck" atau "shut."

Selain memungkinkan Anda untuk mengucapkan kata-kata kasar dengan mudah, autocorrect juga telah ditingkatkan secara umum. Autocorrect sekarang bisa memperbaiki kesalahan dengan lebih akurat dan menyajikan teks prediktif yang lebih disesuaikan. Sebagian besar peningkatan ini dikreditkan pada model bahasa transformer baru iOS 17, yang menggunakan machine learning untuk prediksi kata menurut Apple. Model ini telah dilatih oleh banyak data, memungkinkan untuk mempelajari konteks dan pola untuk memberikan hasil yang lebih baik, atau dalam hal ini kemampuan untuk mereplikasi bagaimana manusia berbicara.

Kecerdasan Fotografi

Bukan rahasia lagi bahwa iPhone mengandalkan algoritma canggih serta fotografi komputasional untuk banyak fitur kameranya. Mode Potret, yang menggunakan AI untuk mengidentifikasi subjek dan menciptakan efek bokeh, adalah salah satu contohnya. Lainnya adalah Mode Sinematik, yang menggunakan AI untuk mensimulasikan aperture yang diinginkan dan menyesuaikan fokus secara dinamis agar subjek yang bergerak tetap tajam.

Salah satu kemampuan baru berbasis AI, berkat iOS 17, adalah kemampuan aplikasi Foto untuk mengidentifikasi hewan peliharaan dalam foto, yang memungkinkan organisasi foto yang lebih baik.

Siri Menjadi Lebih Pintar?

Siri telah ada sejak 2011, tetapi belum bisa mengikuti asisten virtual para pesaingnya, meskipun menjadi yang pertama di pasaran. Namun, asisten suara Apple ini bisa segera menjadi lebih pintar. Sebuah laporan dari The Information pada bulan September mengatakan bahwa Apple berencana menggunakan model bahasa besar, bagian penting dari AI generatif, untuk meningkatkan Siri.

Salah satu contohnya adalah bagaimana Siri dapat merespons perintah suara sederhana untuk tugas yang lebih kompleks, seperti mengubah serangkaian foto menjadi GIF dan kemudian mengirimkannya ke salah satu kontak Anda. Jika contoh ini akurat, ini merupakan langkah maju yang signifikan bagi pembantu digital Apple. Apple sudah menggunakan AI untuk membantu Siri memahami bahasa dan merespons dengan cara yang mirip manusia, di antara kegunaan lainnya, tetapi Siri masih kesulitan dalam memproses konteks.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

Vivo Watch GT Bawa Dukungan eSIM Resmi Debut di China
Gadget

Vivo Watch GT Bawa Dukungan eSIM Resmi Debut di China

Vivo menambah jajaran untuk produk jam tangan pintarnya lewat kehadiran Vivo Watch GT. Perangkat dil..

Huawei Geser Posisi Samsung di Pasar Ponsel Lipat Global Pada Q1 2024
Gadget

Huawei Geser Posisi Samsung di Pasar Ponsel Lipat Global Pada Q1 2024

Laporan tersebut menunjukkan bahwa Huawei berhasil menduduki peringkat pertama pada pasar ponsel lip..

realme C63 Diam-diam Debut di Indonesia, Harga 2 Jutaan
Gadget

realme C63 Diam-diam Debut di Indonesia, Harga 2 Jutaan

realme diam-diam merilis smartphone C Series terbarunya di Indonesia. Smartphone tersebut ialah real..

Aksesori Ini Bisa Sulap Apple Watch Jadi Serupa iPod
Gadget

Aksesori Ini Bisa Sulap Apple Watch Jadi Serupa iPod

Aksesori terbaru mengubah Apple Watch menjadi pemutar musik yang mirip iPod. Inovatif dan praktis un..


;