WhatsApp Bakal Mungkinkan Pengguna Blokir Screen Shot dari Pesan ‘View Once’

0
WhatsAp
Foto: Unsplash/Christian Wiediger

Gadgetdiva.id — Pengguna WhatsApp dikabarkan bakal segera dapat melakukan blokir screen shot pada fitur pesan ‘View Once’. Seperti apa sih fitur tersebut?

Tahun lalu, WhatsApp menambahkan fitur foto dan video yang dapat hilang dari chat disebut View Once Message. Alias pesan yang dapat dilihat hanya sekali lalu menghilang.

Fitur View Once Message ini sebelumnya diperkenalkan oleh Snapchat. Lalu, diadaptasi oleh Meta ke dalam beberapa aplikasinya. Setiap pengguna aplikasi yang pesannya di-screen shot akan diberi notifikasi oleh platform tersebut.

Kini, pengguna WhatsApp dikabarkan bakal segera melakukan blokir screen shot pada fitur view once message. Persiapa fitur tersebut untuk mencegah pengguna dalam merekam konten yang seharusnya hanya dilihat satu kali.

Ditemukan pertama kali oleh WABetaInfo, WhatsApp sedang mengerjakan kemampuan tersebut untuk memblokir screen shot dan screen record pada aplikasi Android dan iOS. Kemudian, akan dihadirkan pada beta 22.21.0.71 untuk pengguna iOS dan beta 2.22.22.3 untuk pengguna Android.

Lantas, bagaimana sih cara kerja fitur tersebut?

Cara Kerja Fitur Blokir Screen Shot pada View Once Message

WhatsApp
Foto: WABetaInfo

Dilansir dari BGR, berikut adalah beberapa cara kerja fitur blokir screen shot pada view once message WhatsApp.

  • Screen recording pada fitur view once images dan video akan terblokir secara default alias otomatis.
  • Kamu tetap bisa melakukan screen shot untuk beberapa chat mengingat fitur ini terbatas untuk melihat foto dan video yang hilang.
  • Upaya untuk mengambil screen shot akan selalu diblokir. Namun, tidak akan dibertiahukan kepada pengguna yang mengirim pesan.
  • Tidak memungkinkan untuk meneruskan, mengekspor atau menyimpan gambar yang dapat menghilang.

Sampai saat ini belum ada keterangan lebih jauh terkait kapan fitur ini akan diluncurkan oleh WhatsAPp. Namun, fitur ini sebenarnya sudaht ersedia untuk pengujian beta.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini