DANA Kenalkan Digitalisasi Keuangan Lewat Natuna Digital Islands

0

Kepulauan Natuna terus mengembangkan dirinya dengan menghadirkan inovasi masyarakat lokal melalui NatunaMart hingga mengadopsi sistem pembayaran QRIS. Melihat semangat kemandirian masyarakat di Kepulauan Natuna, DANA ikut berpartisipasi aktif dalam memperluas akses layanan keuangan digital di Kepulauan Natuna selama setahun terakhir.

Sejak tahun lalu, DANA telah bekerja sama dengan Pemda Kabupaten Natuna guna  memfasilitasi transaksi nontunai di aplikasi NatunaMart melalui QRIS. Puncaknya, DANA menginisiasi sekaligus mempersiapkan Kepulauan Natuna menjadi Kepulauan Digital lewat pencanangan Natuna Digital Islands pada 16 Oktober 2022.

Bupati Kabupaten Natuna, Wan Siswandi yang turut didampingi oleh Wakil Bupati Kabupaten Natuna, Rodhial Huna menjelaskan Kabupaten Natuna semakin hari, semakin maju dengan berbagai inovasi, serta pembangunan di berbagai sektor.

“Kehadiran DANA di Natuna juga merupakan indikator majunya Kabupaten Natuna dengan mengoptimalkan era digital untuk transaksi keuangan, baik untuk transfer, maupun jual beli barang,” ujar Siswandi. 

"DANA"

Keunikan dari ekosistem digital di pulau terdepan ini dibuktikan dengan munculnya startup lokal besutan putra-putri daerah Natuna yang dikenal dengan NatunaMart. Mengamini kemajuan ini, Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM, M. Riza Damanik berharap makin banyak UMKM yang dapat go digital sesuai dengan kearifan lokal.

Senada dengan semangat digitalisasi dan inklusi keuangan, Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran (DKSP) Bank Indonesia, Dudi Dermawan mengapresiasi gerakan nontunai yang dilakukan oleh DANA dan menggandeng pelaku lokal, guna terus mensosialisasikan penggunaan QRIS sebagai metode pembayaran unggulan bagi UMKM.

Selama acara peresmian, DANA menyiapkan beberapa program menarik untuk meningkatkan adopsi sekaligus mengedukasi manfaat dompet digital. UMKM yang telah mendapat pendampingan digitalisasi dan wirausaha dapat memperlihatkan produk kuliner terpilih dalam ‘Pojok Kuliner Rakyat’.

Lewat partisipasi seluruh pelaku ekosistem ekonomi digital dari hulu ke hilir, DANA optimis mampu mewujudkan kemandirian bagi seluruh masyarakat Kepulauan Natuna. Sehingga kisah sukses di Natuna dapat diaplikasikan ke daerah-daerah terluar lainnya.

Baca juga : GoFood Terus Dorong Kemajuan UMKM kuliner Lewat Wadah Komunitas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini