Runchise, Aplikasi Manajemen Restoran dan Waralaba Kuliner

0
aplikasi Runchise
Daniel Witono selaku Founder dan CEO Runchise memperkenalkan startup besutannya tersebut. (Foto: Sarie/Gadgetdiva)

Gadgetdiva.id — Aplikasi manajemen restoran biasanya hanya menyediakan sarana untuk menjembatani produk dengan konsumen, atau hanya sistem pengantaran saja. Tidak banyak aplikasi yang bisa mengelola bisnis kuliner secara all in one solutions. Namun kini ada Runchise.

Hari ini, Kamis, 20 Oktober 2022, Daniel Witono selaku Founder dan CEO Runchise memperkenalkan startup besutannya tersebut. Runchise, startup yang membuat aplikasi manajemen restoran dan waralaba kuliner, karya anak bangsa Indonesia.

Aplikasi manajemen restoran dan waralaba itu resmi meluncur dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan profit bagi para pemilik restoran atau franchise khususnya di bidang kuliner. Daniel yakin jika bisnis kuliner akan terus berkembang di masa depan, dan tak akan pernah mati.

aplikasi Runchise
Daniel Witono selaku Founder dan CEO Runchise memperkenalkan startup besutannya tersebut, didampingi pendiri Moska.id, Adrian Utama Gani. (Foto: Sarie/Gadgetdiva)

Menurut Daniel, bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang menunjang perekonomian di Tanah Air saat ini. Industri ini berkembang pesat, tercermin dari tingginya konsumsi masyarakat Indonesia. Para pebisnis kuliner dituntun agar terus berinovasi agar tetap bisa bersaing atau menggarap demand yang terus berkembang.

“Perkembangan bisnis kuliner dipengaruhi oleh pengelolaan atau sistem manajemen yang baik. Dengan menggunakan teknologi kami yakin para pengusaha akan bisa meningkatkan profit dan meningkatkan output dari usaha. Dengan mengutamakan teknologi, Runchise hadir menjadi solusi bagi pemilik bisnis kuliner, memberi para usaha kuliner solusi yang lengkap dalam satu platform dimana kebutuhan seluruh operational usaha kuliner bisa terpenuhi,” ujar Daniel saat memperkenalkan Runchise di depan awak media.

Dia yakin jika manajemen yang baik bisa membuat bisnis kuliner mampu bertahan sampai 5,5 tahun bahkan lebih. Apalagi di Runchise, merchant dimungkinkan untuk memiliki data yang bisa dimanfaatkan untuk membuat program loyalti pelanggan. Data ini bisa dikonsultasikan lebih lanjut dengan Moska, konsultan pajak, keuangan dan bisnis yang memang sudah bekerja sama dengan Runchise.

Aplikasi manajemen restoran dan waralaba kuliner, Runchise tidak hanya bekerja sama dengan Moska. Ada juga beberapa mitra lainnya seperti GrabFood, GoFood, Lalamove, dan lainnya.

“Runchise juga telah terintegrasi dengan GrabFood dan GoFood, sehingga memudahkan pengusaha kuliner untuk mengatur order online dalam satu platform. Selain itu, Runchise juga menyediakan layanan GrabExpress dan Lalamove untuk membantu pengantaran makanan kepada customer langsung. Di area pembukuan, Runchise juga telah terintegrasi dengan Jurnal sebagai penyedia software akuntansi, .” tambah Daniel.

Solusi manajemen yang ditawarkan oleh Runchise memiliki tiga produk utama yaitu:

1.Supply Chain Management
Memudahkan operasional restoran yang memiliki banyak outlet, mulai dari pengaturan dan pengadaan stok, bahan baku, hingga pengaturan akses data perusahaan yang fleksibel.

2.POS (Point of Sales)
Meningkatkan penjualan dengan operasional transaksi dan pelayanan yang ringkas dan cepat

3.Online ordering
Membuka channel restoran untuk menerima pesanan pelanggan langsung dari aplikasi, dengan bantuan layanan pengiriman dari pihak ketiga seperti Grab Express atau Lalamove.

Melalui sistem yang bersifat user-centric dengan ekosistem end to end, Runchise dirancang khusus untuk menunjang proses dan operasional bisnis sebuah outlet atau restoran secara konsisten. Runchise melakukan proses manajemen mulai dari pengaturan meja hingga analisis performa restoran, melalui satu platform terpusat.

Suntikan Dana Aplikasi Manajemen Restoran Runchise dari Investor

Di saat yang bersamaan, Runchise mengumumkan telah meraih pendanaan tahap awal (seed funding) yang dipimpin oleh East Ventures. Investor lain yang turut berpartisipasi dalam putaran pendanaan ini, antara lain Genesia Ventures, Arise MDI Ventures, Init6, Prasetya Dwidharma, Alto Partners, dan angel investors.

Runchise akan mengalokasikan dana dari investor untuk menambah talenta dan memperkuat tim, mengembangkan produk, dan inisiatif marketing.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada investor Runchise atas kepercayaannya. Melalui investasi dan kolaborasi dengan investor, kami akan terus melakukan inovasi dengan menggunakan teknologi untuk meningkatkan performa bisnis food and beverages (F&B) dan menjadi mitra teknologi terpercaya di industri ini,” kata Daniel.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan