5 Alasan QRIS Mudahkan Transaksi GoPay

0
Tarif QRIS

Gadgetdiva.id — QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard hadir menjadi pilihan pembayaran yang mudah untuk pengguna. Termasuk pengguna GoPay.

Pertama kali diluncurkan pada tahun 2019 oleh Bank Indonesia, QRIS hadir sebagai standar kode QR Nasional. Dimana dapat membantu pelaku usaha dalam menerima berbagai metode pembayaran nontunai.

Mulai dari mall, restoran hingga pedangang kaki lima pun kini menyediakan QRIS sebagai pilihan pembayaran untuk usaha mereka. Tak terkecuali GoPay.

5 Alasan QRIS Mudahkan Transaksi GoPay

Bawa banyak pelanggan

Hasil riset dari Insight Asia menunjukkan bahwa GoPay merupakan dompet digital paling banyak digunakan di Indonesia. Platform ini secara konsisten paling sering digunakan sejak lebih dari 5 tahun terakhir.

Menurut hasil riset tersebut, sebagian pengguna dompet digital pernah menggunakan GoPay sekitar 71% dan terus setia menggunakannya sampai saat ini sekitar 58%.

QRIS

Dengan menambahkan QRIS dan menerima GoPay sebagai opsi pembayaran di gerai usaha, merchant mendapatkan akses berjualan ke jutaan masyarakat pengguna GoPay. Kemudahan  pembayaran dapat mempengaruhi pengalaman konsumen dalam berbelanja, sehingga membuat  usaha yang menawarkan GoPay menjadi pilihan pelanggan. 

Lebih praktis bertransaksi

Saat bertransaksi mengugnakan GoPay, pengguna tak perlu membawa banyak uang tunai. Sebab, proses transaksi dapat dilakukan tanpa melibatkan kontak secara fisik.

Selain itu, proses pembayaran  nontunai yang lebih praktis memungkinkan penjual untuk menyelesaikan transaksi dengan lebih  cepat dan menghindari antrian pelanggan. 

Pengelolaan usaha lebih mudah dan terintegrasi

Dari segi pelaku usaha, Gopay memudahkan pengelolaan operasional usaha mereka. Para pelaku usaha dapat mengintegrasikan usahanya melalui aplikasi GoBiz untuk kebutuhan bisnis secara keseluruhan.

Selain itu, ada pula fitur GoKasir untuk riwayat dan pembukuan transaksi secara digital. Serta, mendapatkan akses ke GoModal untuk mengembangkan bisnis.

Pelaku usaha juga dapat memiliki opsi mengintegrasikan usahanya dengan Midtrans, layanan  payment gateway dari GoTo Financial. Dimana memungkinkan usaha untuk memroses pembayaran  dari 25 metode pembayaran termasuk GoPay.  

Bisa Tambah Pengetahuan Berbisnis lewat Komunitas Mitra Usaha GoTo

Sebagai bagian dari Grup GoTo, GoPay memfasilitasi mitra usaha dengan akses ke berbagai  komunitas dan pelatihan yang tergabung dalam Akademi Mitra Usaha (KAMUS). Saat ini sudah  ada ratusan ribu mitra yang bergabung dalam KAMUS.

Berbagai informasi dan pengetahuan bisnis  dibagikan langsung oleh pakarnya lewat berbagai program edukasi di komunitas ini. Mulai dari materi tentang tips berjualan, pengelolaan keuangan, hingga strategi pengembangan usaha  dibagikan lewat berbagai kelas yang dapat diakses secara gratis oleh para pelaku usaha.

Keamanan Transaksi Terjamin 

Transaksi dengan GoPay juga lebih aman karena penjual dan pembeli dapat terhindar dari  kecurangan, penipuan, atau peredaran uang palsu. Setiap transaksi GoPay pasti menggunakan  PIN ataupun kode yang membutuhkan persetujuan pengguna terlebih dahulu.

Riwayat transaksi  yang otomatis tercatat secara digital juga memudahkan verifikasi pembayaran sehingga pelaku  usaha tidak perlu khawatir terhadap keamanan transaksi. 

Sesuai dengan peraturan Bank Indonesia, Merchant Discount Rate (MDR) atau biaya administrasi transaksi  yang dibayarkan oleh pelaku usaha yang menggunakan QRIS hanya sebesar 0,7 persen dari total transaksi  yang masuk.

Selain itu, usaha yang termasuk dalam kategori usaha mikro bisa mendapatkan MDR 0%  hingga Desember 2022. Ini berarti, pelaku usaha bisa lebih mendapatkan keringanan pembayaran biaya  administrasi jika transaksi dilakukan lewat QRIS dibandingkan metode pembayaran lain. 

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan