94 Persen Pengguna Instagram Tonton Konten Kebersamaan Selama Ramadan

0
Ramadan
Foto: Gadgetdiva.id

Gadgetdiva.id — Meta mengungkap bahwa 94 persen dari penggunanya giat menonton konten kebersamaan selama bulan Ramadan. Studi ini dilakukannya bersama YouGov dalam menyambut bulan suci.

Terungkap pula sebanyak 13,4 juta interaksi yang menonjolkan kebersamaan dan silaturahmi dalam Instagram yang terdapat selama bulan Ramadan 2022 lalu. Tepatnya, per bulan Mei 2022.

Sebanyak 82% dari mereka yang disurvei ternyata ikut berpartisipasi pada kegiatan amal selama bulan Ramadan hingga Idul Fitri. Dimana sebanyak 7,8 juta interaksi menunjukkan kebaikan di Facebook.

Lebih lanjut, Meta juga turut mengungkap kebiasaan pengguna Internet selama bulan Ramadan. Ditemukan bahwa 44 persen orang Indonesia gemar menonton konten video.

Ramadan
Foto: Reuters

Survei Meta selama Ramadan 2022

Terutama kelompok Millenials dan Gen Z ketika mereka menyelami media sosial. Terlebih selama bulan Ramadan, ditemukan sebanyak 68% pengguna di Indonesia lebih banyak menonton video.

Adapun kategori yang diminati oleh mereka selama bulan Ramadan ialah komunitas dan kebersamaan sebanyak 84%. Diikuti oleh hiburan dan insirasi sebanyak 85%.

Ditemukan pula, kegemaran mereka menonton video ini ternyata memengaruhi keputusan berbelanja meraka. Satu dari tiga pengguna menempatkan video online sebagai kanal utama dalam menentukan produk apa yang ingin mereka beli.

Ramadan

Kami di  Meta percaya, hubungan yang hangat dan saling menginspirasi itu akan membuka berbagai peluang,  khususnya bagi pelaku usaha, untuk menemukan cara-cara baru mengembangkan usaha mereka selama  bulan Ramadan ini,” ungkap Country Director Meta Indonesia, Pieter Lydian dalam keterangan resminya, Kamis (19/1). 

Kemudian, hadirnya kreator konten selama bulan Ramadan pun juga berpengaruh. Sebanyak satu dari dua konsumen di Indonesia memercayai bisnis yang bermitra dengan kreator.

Survei tersebut turut menyatakan bahwa dua dari tiga pengguna lebih memilih untuk berkomunikasi dengan bisnis melalui layanan perpesanan. Jika dibandingkan dengan layanan lainnya seperti email dan telepon selama bulan Ramadan.

8 dari 10 pengguna bahkan menggunakan layanan perpesanan. Sekitar 7 dari 10 konsumen juga telah menggunakan layanan perpesanan berbasis Meta seperti WhatsApp, Direct Message Instagram dan Facebook Messanger.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini