Instagram Mau Bikin Centang Biru Berbayar Juga, UMKM Bisa Makin Keren

0
Instagram
Foto: Unsplash/Gabrielle Henderson

Gadgetdiva.id — Instagram dikabarkan sedang mengupayakan untuk membuat program centang biru berbayar. Langkah ini memang mirip dengan apa yang telah dilakukan Twitter dan bisa bermanfaat banyak bagi paradiva yang punya bisnis UMKM.

Selama ini Instagram terkenal sangat pelit memberikan centang biru untuk para penggunanya. Tidak sembarang orang bisa mendapatkan centang biru. Prosesnya pun tidak mudah karena banyak verifikasi dan data yang harus diberikan.

Namun dilansir dari TechCrunch, Selasa, 14 Februari 2023, Instagram dikabarkan sedang mengembangkan program yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan centang biru, dengan cara berbayar.

instagram

Seorang developer yang menjadi sumber TechCrunch menyebut jika ada pembaruan tersembunyi yang terdapat di dalam platform tersebut. Pembaruan itu memberikan perbedaan sendiri bagi media sosial itu dengan yang versi lama, yang merupakan platform milik Meta itu.

Centang Biru Instagram

“Pembaruan itu berisi sebuah kode ‘paid blue badge’ dan sebuah akronim untuk verifikasi identitas. Ini seperti sebuah petunjuk jika perusahaan akan segera menarik bayaran untuk pengguna yang ingin mendapatkan centang biru di akun mereka,” tulis pengembang bernama Alessandro Paluzzi.

Sejatinya, langkah ini bukan yang pertama dilakukan sebuah media sosial. Twitter baru saja meresmikan adanya centang biru berbayar, yang mencakup paket berlangganan dan verifikasi akun.

Jika memang berita itu benar adanya, ini merupakan fase yang cukup mengejutkan bagi para pengguna media sosial berbagi foto itu. Pasalnya, centang biru selalu gratis namun memang prosesnya sulit. Selain itu platform tersebut juga sudah melakukan monetisasi pengguna dengan menghadirkan iklan untuk penggunanya.

Sayangnya, pihak Meta sebagai pengembang platform itu belum memberikan konfirmasinya terkait hal ini.

Instagram sendiri telah membuka diri sejak 2018 bagi pengguna yang ingin mendapatkan centang biru. Namun tidak semua bisa mendapatkan centang biru. Bahkan keuntungan mendapatkan centang biru pun tidak terlalu jelas. Ada yang bilang jika mendapatkan centang biru maka akan membuat akun tersebut lebih sering wara-wiri di pencarian dan memiliki akses pertama kali untuk tiap-tiap fitur baru Instagram.

Sejatinya, centang biru juga sangat bermanfaat bagi pemilik bisnis kecil atau UMKM. Pasalnya, centang biru berarti akun tersebut asli milik kita, otentik dan kredibel. UMKM bisa memanfaatkannya untuk membangun brand atau menarik kepercayaan konsumen.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

 


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan