Aplikasi

Harga Centang Biru di Instagram dan Facebook Rp227 Ribu, Begini Caranya

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Semua orang yang memiliki akun Facebook dan Instagram kini memiliki kesempatan untuk bisa mendapatkan centang biru. Seperti halnya Twitter, induk dari Facebook dan Instagram, Meta, kini mengumumkan adanya centang biru berbaya.

Dilansir melalui BBC, Senin, 20 Februari 2023, program centang biru berbayar untuk Facebook dan Instagram dinamakan Meta Verified. Harga langganannya mencapai USD11,99 per bulan (setara Rp182 ribu) untuk platform berbasis web, sedangkan para pengguna iPhone bisa membayar USD14,99 atau Rp227 ribu.

Live Streaming Syur di Instagram, Selebgram Bengkulu Ditangkap

Program centang biru berbayar untuk Instagram dan Facebook baru akan menyambangi Australia dan New Zealand. Menurut CEO Meta, Mark Zuckerberg langkah ini ditujukan agar Meta bisa lebih fokus pada kenyamanan dan keamanan pengguna, sekaligus memberikan pernyataan otentikasi dari sebuah akun pengguna.

centang biru

Langkah ini dilakukan Meta usai Twitter melakukan hal yang sama pada November 2022 lalu. Setelah diambil alih Elon Musk, Twitter langsung menghadirkan layanan berbayar sebagai sistem verifikasi akun pengguna.

Sayangnya, layanan berbayar atau sistem langganan yang dihadirkan Meta ini belum tersedia untuk digunakan oleh akun bisnis. Semua akun individu bisa mendapatkan centang biru dengan biaya langganan per bulan.

Diketahui selama ini tanda centang biru telah digunakan sebagai alat verifikasi untuk akun profil tokoh atau orang terkenal untuk menunjukkan keasliannya.

Centang Biru di Instagram dan Facebook

“Dengan berlangganan maka akan memberi akun pengguna berbayar sebuah peningkatan visibilitas posting mereka, perlindungan dari peniru dan akses yang lebih mudah ke layanan pelanggan,” kata Meta dalam sebuah posting di situs web mereka.

centang biru

Perusahaan mengatakan kepada BBC bahwa perubahan tersebut tidak akan memengaruhi akun yang diverifikasi sebelumnya, tetapi mencatat akan ada peningkatan visibilitas untuk beberapa pengguna yang terverifikasi berkat fitur berbayar.

Diketahui, mengizinkan pengguna yang membayar akses ke centang biru sebelumnya telah menimbulkan masalah bagi platform media sosial lainnya. Fitur verifikasi bayar-untuk Twitter dihentikan sementara November lalu ketika orang-orang mulai meniru merek dan selebritas besar dengan membayar lencana.

Meta mengatakan nama pengguna Instagram dan Facebook harus cocok dengan dokumen identitas yang disediakan pemerintah sebagai alat verifikasi, dan pengguna harus memiliki gambar profil yang menyertakan wajah mereka.

Situs web lain seperti Reddit, YouTube, dan Discord juga menggunakan model berbasis langganan.

Meta belum menentukan kapan fitur tersebut akan diluncurkan ke negara lain, meskipun Zuckerberg mengatakan dalam sebuah posting bahwa itu akan segera dilakukan.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

PeduliLindungi Beralih Jadi Aplikasi Satu Sehat Mulai 28 Februari
Aplikasi

PeduliLindungi Beralih Jadi Aplikasi Satu Sehat Mulai 28 Februari

Gadgetdiva.id — Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berencana untuk melakukan transformasi pa..

Live Streaming Syur di Instagram, Selebgram Bengkulu Ditangkap
Aplikasi

Live Streaming Syur di Instagram, Selebgram Bengkulu Ditangkap

Gadgetdiva.id — Seorang selebgram perempuan asal Bengkulu ditangkap karena diduga melakukan..

Snapchat Gunakan Teknologi Ray Tracing untuk Fitur AR Lens Studio
Aplikasi

Snapchat Gunakan Teknologi Ray Tracing untuk Fitur AR Lens Studio

Gadgetdiva.id — Snapchat baru saja mengenalkan teknologi ray tracing yang digunakannya unt..

WhatsApp Luncurkan Beragam Fitur Baru, Bisa Kirim Hingga 100 Foto dan Video Sekaligus
Aplikasi

WhatsApp Luncurkan Beragam Fitur Baru, Bisa Kirim Hingga 100 Foto dan Video Sekaligus

Gadgetdiva.id — WhatsApp meluncurkan rangkaian fitur baru untuk memudahkan pengguna Androi..


;