Pencapaian Positif VIU di Industri Konten Digital Pada Tahun Pertama

0

Gadgetdiva.id – Viu, layanan streaming video OTT pan-regional terkemuka dari PCCW yang beroperasi di 16 negara, terus memberikan pertumbuhan pendapatan yang kuat dan mencapai EBITDA positif untuk tahun pertama.

Pengguna aktif bulanan (monthly active user atau MAU) tumbuh sebesar 13% YoY menjadi 66,4 juta dan pelanggan berbayar tumbuh lebih dari 45% untuk periode yang sama menjadi 12,2 juta.

Viu tetap berada di posisi teratas dalam kategori MAU selama 12 kuartal berturut-turut dan peringkat kedua dalam pelanggan berbayar serta menit streaming di seluruh wilayah Asia Tenggara.

Pendapatan Viu juga tumbuh sebesar 45% YoY menjadi 206 juta dollar AS pada tahun 2022. Diluncurkan pada tahun 2015, Viu adalah salah satu pengadopsi paling awal di kawasan ini dengan model pendapatan ganda, langganan premium dan periklanan digital.

Dengan upaya yang konsisten dalam mendorong layanan D2C dan memperluas distribusi melalui kemitraan dengan operator telekomunikasi, mitra digital, merek, dan biro iklan di tingkat lokal dan regional, Viu melihat pertumbuhan pendapatan SVOD dan AVOD yang solid pada platform.

Pada tahun 2022, Viu menyajikan sejumlah drama yang paling dinantikan seperti Again My Life dengan Lee Joon-gi, Law Café yang dibintangi Lee Seung Gi, dan fenomena global, Viu Original Reborn Rich. Viu Original yang dibintangi Song Joong-ki ini juga didistribusikan secara global ke lebih dari 170 negara.

Viu menjamu sang bintang di Singapura untuk berinteraksi dengan media lokal dan penggemar dari wilayah tersebut. Acara lainnya termasuk road show Viu dengan para pemeran Viu Original Pretty Little Liars (S2) Indonesia dan watchparty untuk pemutaran perdana Viu Original Again My Life di Singapura.

Ini adalah bagian dari rangkaian acara yang diselenggarakan Viu pada tahun lalu sesuai permintaan konsumen akan acara dan pengalaman langsung.

Tentang tren konsumsi konten, laporan MPA menyoroti bagaimana pangsa konten Asia Tenggara dari penayangan video premium diperoleh pada Q4, didorong oleh peningkatan konsumsi freemium dari judul lokal di seluruh platform termasuk Viu di Thailand.

Konten Viu Original Indonesia Bad Boys vs Crazy Girls juga dinobatkan sebagai salah satu original Asia Tenggara yang berpengaruh pada Q4 dalam laporan yang sama.

Serial Viu Original lokal tidak hanya berkontribusi pada jumlah penonton, tetapi juga memenangkan beberapa penghargaan regional. Still (Filipina), Ganjil (Malaysia) dan Wannabe (Thailand) adalah pemenang Asian Academy Creative Awards tahun lalu.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan