Riset GajiGesa Ungkap Pekerja Indonesia Lebih Puas Menggunakan EWA

0
GajiGesa
Foto: Unsplash/Emil Kalibradov

Gadgetdiva.id — Platform solusi kesehatan finansial karyawan, GajiGesa dan Indef mengungkap sebuah riset yang menyatakan bahwa 91 persen pekerja lebih puas menggunakan EWA. Hal tersebut membuat siklus finansial mereka dengan stabil.

Melansir dari situs resmi GajiGesa, EWA atau Earned Wage Access (EWA) sendiri merupakan program yang memberi keuntungan untuk karyawan supaya mereka dapat mengontrol gajinya secara penuh. Sehingga, bisa diakses lebih awal, sebelum tanggal gajian.

Dalam sebuah acara webinar GajiGesa X Indef – Market Survey: Earned Wage Access in Indonesia yang berlangsung secara daring pada Selasa (28/2) lalu, platform tersebut mengungkap bahwa 91 persen pekerja yang sudah menggunakan EWA setuju bahwa gaji mereka lebih mencukupi.

Riset GajiGesa X Indef

Sedangkan, sebanyak 33,13 persen dari mereka menaytakan bahwa tak mengalami kekurangan uang tunai sejak menggunakan EWA. Ditemukan pula sebagaian besar dari mereka yang masih memiliki utang, belum menggunakan sistem EWA.

Para pekerja yang menjadi responden dari penelitian ini menyebut bahwa dengan adanya sistem gaji instan, mereka dapat mengelola keuangan dengan lebih baik. Termasuk memegang kas, mengelola hutang pribadi dan berinvestasi.

Lebih lanjut, sebanyak 35,14 persen menyatakan bahwa mereka tidak mampu memenuhi kebutuhannya. Meski, ada pengeluaran mendesak maupun mendadak.

Founder & CEO GajiGesa Vidit Agrawal menyatakan bahwa hasil survei ini menyampaikan bahwa karyawan dan pemberi kerja mengingkan jalan tengah bersama. Yakni, berupa akses tarik gaji sesuai permintaan.

Untuk itu, solusi EWA ini bisa menjadi solusi dalam memberi kontrol keuangan yang lebih besar. Sekaligus, meningkatkan keamanan finansial dan produktivitas karyawan dari waktu ke waktu.

GajiGesa

Karyawan tidak memerlukan beban mental di luar pekerjaan saat bekerja, terutama perihal uang. Earned  Wage Access atau akses gaji fleksibel berpotensi mengurangi tekanan finansial secara signifikan dan  meningkatkan kesehatan finansial bagi jutaan karyawan Indonesia,” pungkas Vidit. 

Sedangkan, dari kacamata ekonom, Direktur Eksekutif Indef Tauhid Ahmad juga turut menyatakan bahwa EWA dapat menjadi solusi bagi para pekerja. Khususnya, untuk bidang yang terdampak masa resesi global.

“EWA ini bisa menjadi salah satu solusi bagi para pekerja, terutama bagi industri yang terpapar masa resesi global dengan ketahanan keuangan yang menjadi pondasi agar para pekerja lebih nyaman dan terus menunjukkan produktivitas,” jelas Tauhid.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan