Sempat Bikin Heboh, Aplikasi Podcast Clubhouse PHK 50% Karyawan

0
podcast clubhouse
Leah Lamarr, Ikon Terbaru Clubhouse

Gadgetdiva.id — Aplikasi podcast Clubhouse PHK karyawannya sebanyak 50%. Aplikasi yang sempat bikin heboh beberapa tahun lalu, kini terpaksa melakukan pemangkasan karyawan dengan alasan ‘reset’ perusahaan.

Dilansir melalui Engadget, Jumat, 28 April 2023, diberitakan adanya sebuah surat pengumuman dari para pendiri Clubhouse. Founder aplikasi podcast clubhouse, Paul Davison dan Rohan Seth mengatakan jika manajemen akan melakukan reset perusahaan, memangkas lebih dari 50 persen karyawan berbakat dan berdedikasi.

Menariknya, Davison dan Seth mengatakan bahwa perusahaan masih mendapatkan pendanaan yang lancar dari para investor. Startup yang pernah dilaporkan bernilai USD4 miliar pada tahun 2021 itu mengatakan bahwa mereka tidak memiliki tekanan langsung untuk mengurangi biaya operasional.

podcast clubhouse

Memang, pada awal 2021, popularitas Clubhouse sangat besar. Hal ini dipicu masa pandemi yang membuat semua orang berada di rumah saja dan butuh media untuk berkarya tanpa harus keluar rumah.

Aplikasi Podcast Clubhouse

Kala itu, aplikasi ini mampu menarik nama-nama besar seperti Elon Musk dan Oprah untuk obrolan audio yang disiarkan secara langsung, yang semakin membantu mendorong kesuksesan awalnya. Tak lama kemudian, Davison mengakui bahwa pertumbuhan Clubhouse dianggap terlalu cepat. Imbasnya, jumlah pengguna terus menurun di tengah pesaing yang mengkloning layanan mereka. Ditambah banyak orang kembali ke aktivitas normal mereka saat pandemi mereda.

“Tetapi karena dunia telah terbuka pasca-Covid, semakin sulit bagi banyak orang untuk menemukan teman mereka di Clubhouse dan memasukkan percakapan panjang ke dalam kehidupan sehari-hari mereka,” tulis Davison dan Seth.

“Untuk menemukan perannya di dunia, produk perlu berevolusi. Untuk memperbaikinya, kami perlu mengatur ulang perusahaan, menghilangkan beberapa peran divisi, dan membuat tim yang lebih kecil dan berfokus pada produk,” papar mereka.

Baik Davison maupun Seth mengatakan bahwa mereka akan fokus untuk membangun Clubhouse 2.0. Sayangnya, mereka tidak menjabarkan secara detil apa yang dimaksud dengan Clubhouse 2.0.

Sepertinya, Clubhouse bukan satu-satunya aplikasi audio live atau podcast yang harus berjuang untuk bangkit. Spotify kabarnya baru-baru ini telah mematikan layanan mandiri berupaka aplikasi audio Greenroom. Selain itu, Reddit juga menutup layanan audio live bernama Reddit Talk pada Maret lalu.

Tak hanya podcast Clubhouse, Spotify dan Reddit, Amazon dan Meta juga kabarnya masih harus berjuang mempertahankan projek layanan audio mereka.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News.

Suka dengan artikel di atas? Click to DONATE


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan