Aplikasi

Pengguna Instagram Habiskan Waktu 24% Lebih Lama Gara-gara Reels

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Awalnya tidak disukai, tapi gara-gara Reels, diklaim mampu membuat pengguna betah berlama-lama di Instagram. Bahkan waktu yang dihabiskan di Instagram naik 24 persen lebih lama gara-gara reels.

Dalam unggahan postingan Mark Zuckerberg di akun Facebooknya, pemilik Instagram itu mengatakan jika gara-gara reels, aplikasi tumbuh dengan cepat, baik di Facebook maupun di Instagram. Bahkan angka engagement-nya pun naik pesat.

Platform Bijak Demokrasi, Ajak Anak Muda Kawal Demokrasi Tanah Air

“Reels menjadi alat sosial yang sangat diandalkan. Ada sekitar 2 miliar reels yang dibagikan setiap harinya. Angka ini naik dua kali lipat dibanding enam bulan sebelumnya. Reels juga menaikkan engagement semua aplikasi yang ada. Dengan ini kami yakin bisa mendapatkan pasar untuk video pendek,” ujar Mark, seperti dikutip dalam postinngannya.

gara-gara reelsReels Dian Sastrowardoyo

Memang belakangan ini banyak orang yang lebih suka berbagi postingan video pendek. Namun Mark menjelaskan jika alasan kita tertarik menggunakan reels adalah karena AI. Dia mengatakan jika AI telah membuat sistem peringkat dan rekomendasi postingan. Memberikan postingan yang ingin dilihat dengan tema yang sama berkali-kali, baik di menu pencarian, reels, dan iklan.

Gara-gara Reels, Instagram Tumbuh Pesat

Sayangnya Mark tidak memberi data rinci terkait pengguna harian reels, walaupun pengguna aktif bulanan meningkat untuk semua gabungan aplikasi Meta. Meta CFO Susan Li mengatakan “perusahaan tidak mengukur secara mendalam keterlibatan Reels dalam pertumbuhan aplikasi, tetapi kami tetap senang dengan apa kami lihat.

“Jelas bahwa orang menghargai video jangka pendek,” katanya.

Ini terjadi hanya beberapa minggu setelah Instagram meluncurkan alat baru untuk pembuat Instagram Reels, termasuk metrik baru, gift, dan ruang yang dirancang bagi pengguna untuk “menemukan inspirasi” melalui audio dan tagar yang sedang tren.

Dalam laporan itu, Mark juga mengungkap pendapatan kuartal pertama USD28,6 miliar. Angka ini menunjukkan pertumbuhan pendapatan 3 persen year on year.

Tetapi perusahaan juga mencatat laba bersih USD5,7 miliar, penurunan USD523 juta, sebagian karena biaya restrukturisasi terkait dengan 21.000 karyawan yang terkena PHK.

Reels adalah layanan video pendek yang diperkenalkan di Instagram sejak beberapa tahun lalu. Gara-gara Reels dijadikaan alat bagi Instagram sebagai pembunuh TikTok karena pamornya terus naik dan dianggap mengancam semua aplikasi buatan Meta. Awal kemunculannya, banyak pengguna Instagram yang tidak suka dan menyerukan “Make Instagram, Instagram Again”. Kampanye ini mulai diserukan oleh para influencer, termasuk Kylie Jenner dan keluarganya. Namun sepertinya, tidak berpengaruh.

Tak hanya di Instagram, Reels juga bisa disinkronkan ke Facebook dan dalam waktu dekat, pengguna WhatsApp kabarnya juga bisa memposting video pendek reels untuk ditampilkan di Facebook maupun Instagram.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News.

Suka dengan artikel di atas? Click to DONATE


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

TikTok Uji Coba Fitur Video Berdurasi 60 Menit
Aplikasi

TikTok Uji Coba Fitur Video Berdurasi 60 Menit

TikTok melakukan uji coba untuk fitur video berdurasi 60 menit. Pengujian itu tersedia untuk sekelo..

Platform Bijak Demokrasi, Ajak Anak Muda Kawal Demokrasi Tanah Air
Aplikasi

Platform Bijak Demokrasi, Ajak Anak Muda Kawal Demokrasi Tanah Air

Think Policy dan What Is Up, Indonesia? meluncurkan platform Bijak Demokrasi pada Selasa (21/5). Yak..

RIP ICQ, Anak 90-an Berduka
Aplikasi

RIP ICQ, Anak 90-an Berduka

ICQ, layanan pesan instan legendaris, akan berhenti beroperasi mulai 26 Juni setelah 28 tahun. Platf..

Trending di Twitter, Apa Itu Smadav?
Aplikasi

Trending di Twitter, Apa Itu Smadav?

Kata Smadav menjadi trending topic dan menempati urutan ke-5 saat artikel ini diturunkan. Awalnya, k..


;