Aplikasi

Musisi Indie Terbantu Platform Streaming, Terima Kasih Internet

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Platform streaming musik diyakini cukup membantu meningkatkan cuan untuk para musisi indie, khususnya di Indonesia. Namun hal itu juga tercipta berkat adanya koneksi internet yang mumpuni.

Aplikasi streaming musik seperti Spotify, Joox, dan Apple Music, kini telah menjadi alternatif yang praktis dan mudah digunakan daripada cara-cara tradisional seperti membeli CD atau mengunduh lagu secara ilegal. Ini sangat membantu penghasilan musisi Indie.

Menurut laporan Global Music Report 2021 yang diterbitkan oleh International Federation of the Phonographic Industry (IFPI), pasar musik digital Indonesia tumbuh sebesar 21,5% pada tahun 2020, dengan aplikasi streaming musik menjadi sumber pendapatan terbesar dalam industri musik di Indonesia.

Joox dan Spotify merupakan aplikasi streaming musik yang paling banyak diunduh di Indonesia. Spotify menduduki peringkat pertama dengan lebih dari 1 biliun unduhan, diikuti oleh Joox dengan lebih dari 100 miliar unduhan.

musisi indie

Dampak Positif Platform Streaming Musik Bagi Musisi Indie

Aplikasi streaming music telah menjadi sarana penting bagi band indie di Indonesia dalam mempromosikan karya mereka dan mencapai audiens yang lebih luas. Berikut adalah beberapa peran penting aplikasi streaming musik untuk band indie di Indonesia:

Memperluas Akses ke Musik Lokal
Aplikasi streaming musik memperluas jangkauan musik lokal dan indie ke seluruh Indonesia dan bahkan ke dunia internasional. Hal ini pastinya membawa dampak positif bagi industri musik lokal yang sebelumnya hanya dapat menjangkau pasar tertentu.

Meningkatkan Eksposur
Aplikasi streaming music seperti Spotify, Joox, dan Apple Music menawarkan layanan untuk merekomendasikan lagu-lagu baru kepada pengguna. Hal ini membuka peluang bagi band indie untuk mendapatkan eksposur lebih banyak dan menjangkau pendengar baru yang belum mengenal karya mereka sebelumnya.

Menambah Penghasilan
Aplikasi streaming music juga memberikan kesempatan bagi band indie di Indonesia untuk menghasilkan uang dari musik mereka. Setiap kali lagu diputar di aplikasi streaming musik, band akan mendapatkan royalti sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dengan demikian, aplikasi streaming musik dapat membantu band indie untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar dan stabil.

Meningkatkan Profesionalisme
Dengan menggunakan aplikasi streaming music, band indie dapat mengelola musik mereka secara profesional. Mereka dapat membuat profil, mengupload lagu dan album, memantau jumlah stream dan penghasilan, serta menganalisis data pendengar.

Hal ini membantu band indie untuk memahami audiens mereka dan mengambil keputusan yang lebih tepat dalam mempromosikan karya mereka.

Memudahkan Distribusi Musik
Aplikasi streaming musik juga telah memudahkan distribusi musik di Indonesia, apalagi musisi indie. Mereka dapat mempromosikan musik mereka secara mandiri melalui aplikasi streaming musik dan media sosial. Hal ini membuka peluang lebih besar bagi musisi dan band lokal untuk terkenal dan sukses.

Salah satu aplikasi streaming music yang paling getol dalam mendistribusikan dan mengangkat karya musik band lokal dan juga indie adalah Langit Musik yang dikelola Melon dan juga merupakan anak usaha Telkom Indonesia.

Langit Musik adalah aplikasi streaming music asli Indonesia dengan lebih dari 9 juta katalog lagu, termasuk katalog lokal, seperti pop, indie, dan tradisional. Sejak awal 2019, 76% streaming di Langit Musik adalah lagu Indonesia walaupun aplikasi tersebut juga menyediakan lagu-lagu internasional.

Langit Musik juga menjadi salah satu platform, bahkan satu-satunya streaming music yang menggunakan sistem revenue sharing alias pendapatan bagi hasil. Ini sangat menguntungkan bagi musisi indie. Langit Musik mendapatkan pendapatan dari penjualan paket premium dan bundling yang dikenakan kepada pengguna aplikasi.

Tertarik untuk berlangganan Langit Musik dan menikmati karya musisi indie? Bagi kalian pengguna Internet cepat IndiHome hanya dengan menambahkan add-on Langit Musik dan membayar Rp10.000 rupiah sudah langsung bisa menikmati ragam musik baik lokal maupun internasional selama 1 bulan penuh.


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

Fitur Baru di Android 15 Ini Bisa Tingkatkan Waktu Siaga Baterai Hingga 3 Jam
Aplikasi

Fitur Baru di Android 15 Ini Bisa Tingkatkan Waktu Siaga Baterai Hingga 3 Jam

Google mengenalkan sejumlah fitur baru dalam sistem operasi Android 15. Salah satunya ialah fitur ya..

Aplikasi X Kenalkan Fitur Baru untuk Komunitas
Aplikasi

Aplikasi X Kenalkan Fitur Baru untuk Komunitas

X telah memperkenalkan versi baru fitur Komunitas, memberikan pengguna platform ini pengalaman yang ..

LINE Stickers Hadir dengan Fitur Baru Merangkai Stiker
Aplikasi

LINE Stickers Hadir dengan Fitur Baru Merangkai Stiker

Gadgetdiva.id – LY Corporation, pionir dalam industri aplikasi dan teknologi, telah memperk..

Microsoft Siap Luncurkan Mobile Game Store Pada Bulan Juli Mendatang
Aplikasi

Microsoft Siap Luncurkan Mobile Game Store Pada Bulan Juli Mendatang

Gadgetdiva.id — Microsoft tengah bersiap untuk meluncurkan platform mobile game store besut..

Gojek Luncurkan Paket Berlangganan Gojek PLUS
Aplikasi

Gojek Luncurkan Paket Berlangganan Gojek PLUS

Gadgetdiva.id – Gojek telah meluncurkan Gojek PLUS, paket berlangganan baru yang menawarkan..


;