Mengenal Platform Truth Social, Platform Sosial Media Alternatif Twitter

0
Truth Social

Gadgetdiva.id — Beberapa pengguna Twitter menyatakan bahwa mereka telah berpindah ke platform media sosial Truth Social. Hal tersebut terjadi setelah Elon Musk mengumumkan kebijakan baru terkait view limit alias batas membaca cuitan.

Menurut berbagai sumber, Truth Social dilaporkan oleh Downdetector sempat mengalami gangguan pada Minggu (2/7). Hal tersebut dikarenakan banyaknya pengguna baru yang mendaftar dalam platform tersebut.

Truth Social merupakan sebuah platform media sosial milik Trump Media & Technology Group (TMTG). Platform ini dibuat pada Februari 2021 oleh Donald Trump.

Platform Truth Social ini dibuat oleh Donald Trump setelah akun Twitternya ditangguhkan pada tahun 2021 lalu. Dia mengklaim bahwa akan melawan tirani perusahaan teknologi besar saat itu.

Melansir dari PC Mag, Truth Social dipimpin oleh Mantan Perwakilan Republik California Devin Nunes, dirinya juga turut bertanggung jawab atas TMTG. Alih-alih hadir sebagai pengganti layanan media sosial utama seperti Twitter maupun Facebook, sebaliknya Truth Social ini dirancang untuk melawan persepsi “woke culture” dan lebih sedikit terkait moderasi atau aksesibilitas konten.

Dalam pernyataan awal tentang Truth Social, Donald Trump menyatakan bahwa platformnya ini tak akan melakukan shadow-banning, pembatasan, demonetisasi maupun mengotak-atik algoritem untuk manipulasi politik.

“Kami tidak akan membungkan sesama warga kami hanya karena mereka mungkin salah,” ungkap Trump dikutip Selasa (4/7).

Lebih lanjut, Truth Social memiliki kemiripan dengan Twitter. Platform ini dibuat menggunakan lisensi sumber terbuka dari Mastodon yang dirancang sebagai alternatif Twitter.

Setehal melalui versi uji coba, Truth Social dirilis pada Oktober 2021. Saat itu, platform hanya menggunakan vesi tema Mastodon 3.0 yang diubah warnanya.

Sebagian besar fungsi layanan dalam platform itu identik dengan Twitter. Truth Social turut menyertakan tombol Like yang mereka sebut sebagai ‘Truth’, ada juga Retweet yang mereka sebut sebagai Re-Truths, sedangkan news feed disebut sebagai Truth Feed.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan