6 Perbedaan Threads dengan Twitter yang Bikin Netizen FOMO

0

Gadgetdiva.id — Kehadiran aplikasi kloningan Twitter milik Meta, Threads menghebohkan warganet di Indonesia. Mereka berbondong-bondong membuat akun dalam aplikasi tersebut.

Aplikasi Threads berhasil meraih 2 juta pengguna pada dua jam pertama perilisan. Kini, penggunanya dikabarkan sudah mencapai 30 juta pendaftar hanya dalam kurun waktu 18 jam setelah peluncuran.

Threads sendiri sepenuhnya dikembangkan oleh Meta dan dapat ditautkan ke akun Instagram kita secara langsung. Sehingga, pengguna tak perlu membuat akun dari awal, cukup dengan log-in akun Instagram yang dimilikinya saja mereka sudah dapat menggunakan Threads.

Kemudahan inilah mungkin yang membuat para pengguna Instagram berbondong-bondong mencoba aplikasi Threads. Padahal, jika kita lihat secara sekilas, aplikasi Threads tidak ada bedanya dengan Twitter. Sebab, platform ini menghadirkan fitur yang serupa dengan platform burung biru milik Elon Musk itu.

Kendati demikian, pastinya ada beberapa fitur dari aplikasi Threads yang tak dimiliki oleh Twitter. Apa aja sih? Simak ulasannya ya, Paradiva!

Perbedaan Threads dengan Twitter

Threads membutuhkan akun Instagram

Untuk mendaftar akun di Threads, Paradiva harus memiliki akun Instagram terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu dapat dengan mudah mengimpor informasi penting seperti verifikasi, bio serta beberapa followers dan following dari Instagram ke Threads.

Twitter sendiri hanya memerlukan alamat email atau nomor telepon untuk mendaftar. Kamu sendiri tak perlu terhubung secara intrinsik ke platform media sosial lainnya.

Threads

Threads tidak memiliki versi desktop

Saat ini, Threads hanya tersedia sebagai apliaksi di perangkat Android dan iOS. Ini berarti, pengguna hanya dapat mengaksesnya di smartphone dan tablet.

Artinya, kamu tidak dapat menggunakan Threads di PC desktop dan laptop yang mungkin menjadi masalah besar jika itu adalah cara utama kamu menggunakan media sosial.

Hal ini yang membedakannya dengan Twitter. Sebab, platform tersebut dapat diakses lewat web meski kamu tidak memiliki aplikasinya di Android maupun iOS.

Threads
Twitter versi Desktop

Threads tidak memiliki direct messages

Perbedaan lainnya yang dimiliki oleh Threads ialah platform ini belum mendukung fitur direct messages. Yakni, fitur pengiriman pesan secara langsung. Ini artinya, kamu tidak dapat berbicara dengan sesama pengguna secara pribadi.

Selain itu, Threads juga belum mendukung GIF saat membuat postingan terbaru. Paradiva hanya dapat menggunakan teks, gambar dan video dalam postingan.

Threads memiliki batas 500 karakter

Meta mengonfirmasi bahwa postingan Threads akan memiliki batas jumlah hingga 500 karakter. Jumlah ini jelas lebih besar jika dibandingkan dengan Twitter yang hanya membatasi hingga 280 karakter bagi pengguna biasa.

Sedangkan, untuk pengguna terverifikasi belum diketahui apakah mereka memiliki batasan karakter yang sama saat memosting Threads. Sedangkan, pengguna Twitter yang telah terverifikasi alias berlangganan Twitter Blue kini dapat mencuit hingga 25.000 karakter. Threads

Threads belum terkait dengan iklan

Threads diluncurkan tanpa iklan untuk penggunanya. Hal ini sangat mungkin terjadi mengingat platform baru diluncurkan. Kendati, pengguna pastinya tidak menginkan hal tersebut terjadi.

Meta telah menyatakan bahwa iklan dapat muncul di platfom pada tahap tertentu. Dimana dapat diperkirakan sejalan dengna iklan yang ditampilkan oleh Facebook dan Instagram.

Twitter menampilkan aplikasi di platformnya dalam berbagai format. Iklan di Twitter muncul dengan ikon ‘Promoted’ dan dapat berupa Promoted Ads, Follower Ads atau Trend Takeover. Bahkan, pengguna yang terverifikasi melihat iklan di Twitter, menjadikannya bagian penting dari platform.

Threads tidak memiliki fitur Trending 

Threads
Fitur Trending Topic Twitter

Aplikasi Threads merupakan apliaksi yang cukup sederhana saat ini. Tanpa cara untuk melihat topik atau pengguna yang sedang tren. Saat mendaftar, Paradiva akan disambut dengan pengalaman menggulir standar di sebagian besar aplikasi media sosial serta bilah pencarian.

Sedangkan, Trending Topic adalah fitur unggulan yang dimiliki Twitter. Platform akan menampilkan topik populer di wilayah kamu berada maupun di seluruh dunia.

Paradiva dapat menemukan pengguna baru menjadi mudah berkat adanya fitur ini. Akan tetapi, Threads diharapkan akan menyempurnakan aplikasinya selama masa pakainya untuk mempermudah pencarian topik dan pengguna baru.

Setelah mengetahui perbedaan antara Threads dengan Twitter, kamu udah mau pindah ke Threads? Atau masih nyaman sama Twitter nih, Paradiva?

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

Suka dengan artikel di atas? Click to DONATE


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan