Aplikasi

Intip 6 Fitur Youtube Terbaru Ini, Mulai dari Collab Hingga Stickers

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Pekan ini, Google memperbarui platform Youtube dengan membawa sejumlah fitur baru. Enam fitur Youtube terbaru ini mesti kamu coba nih, Paradiva. Penarasan nggak sih ada apa aja?

Hadirnya enam fitur Youtube baru ini dihadirkan dalam salah satu layanan yang dibawanya, yakni Youtube Shorts. Melansir dari TechCrunch, platform mencatat bahwa Shorts kini telah berhasil menembus 2 miliar pengguna yang masuk tiap bulannya.

Meta Luncurkan AudioCraft, Bisa Bikin Musik Hanya Dari Tulisan

Lebih lanjut, perusahaan juga mulai melakukan uji coba pengalaman live vertikal mobile-first. Fitur ini akan membantu para kreator live untuk ditemukan di feeds utama Shorts.

Lantas, apa aja sih fitur Youtube baru lainnya yang dibawa oleh perusahaan? Simak terus ya, Paradiva!

Deretan Fitur Youtube Terbaru

Fitur pertama yang dihadirkan oleh Youtube ialah Collab. Yakni, sebuah cara bagi kreator untuk merekam Short dalam format berdampingan dengan video Youtube atau Shorts lainnya.

Fitur ini bergabung dengan alat remix lainnya seperti Green Screen. Dimana memungkinkan pengguna untuk menggunakan video Youtube atau Short sebagai latar belakang Short dan Cut, sehingga kreator dapat memotong klip berdurasi hingga lima detik dari video Youtube atau Short untuk di-remix ke dalam Short mereka.

Sementara itu, Collab juga menawarkan berbagai opsi tata letak berdampingan untuk format layar terpisah dan tersedia dari opsi Remix yang sama pada video. Collab akan hadir terlebih dahulu untuk pengguna iOS, baru selanjutnya akan dihadirkan ke pengguna Android.

Kemudian, ada fitur stiker Q&A mirip punya Story Instagram. Merupakan fitur interaktif yang memungkinkan kreator dapat berinteraksi dengan para audiens mereka dan mendapat tanggapan di kolom komentar.

Fitur YoutubeFoto: Unsplash/Christian Wiediger

Selain itu, para kreator kini juga dapat membalas komentar dengan video pendek untuk melanjutkan percakapan. Fitur ini juga rupanya mirip dengan milik TikTok.

Bagi kreator yang gemar melakukan live streaming, Youtube akan mulai melakukan uji coba untuk penyisipan video langsung dalam versi baru dari feed Shorts. Mirip pula dengan fitur milik TikTok.

Penonton dalam kelompok uji coba akan melihat pratinjau video langsung yang bercampur dengan Shorts lainnya saat mereka menggulir. Jika mereka mengetuk untuk menonton video langsung, mereka akan ditempatkan ke dalam feeds yang hanya berisi video langsung.

Youtube mencatat bahwa dengan persyaratan baru yang lebih mudah untuk bergabung dengan Partner Program. Live feed dapat membuka lebih banyak kemungkinan seputar monetisasi untuk kreator live video.

Selanjutnya, ada fitur Remix yang dapat menggabungkan audio dan efek dari video yang kamu remix secara otomatis. Sehingga, lebih mudah untuk mengikuti tren.

Untuk melakukannya, Paradiva dapat mengetuk tombol “Remix”. Kemudian, kamu dapat memilih opsi “use sound” dan platform akan memunculkan efek maupun stempel waktu audio serupa dari film pendek yang baru saja ditonton.

Youtube juga turut memungkinkan pengguna untuk menyimpan Short ke dalam playlist di Youtube. Sehingga, kreator dapat dengan mudah mengkurasi video dengan efek yang terinspirasi untuk kamu gunakan di Short selanjutnya.

Kendati demikian, Youtube menyatakan akan segera mulai menguji alat rekomposisi baru. Dimana akan memungkinkan kreator untuk mengubah video horizontal menjadi Short.

Alat ini akan bekejra dengan memungkinkan kreator yang memilih untuk mencapur ulang video sehingga dapat menyesuaikan tata letak, zoom dan memotong segmen, selain menggunakan elemen layar terpisah. Fitur ini akan mulai diuji coba dalam beberapa minggu ke depan, serta akan memperluas jumlah video yang dapat di-remix menjadi Short.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Kampanye TikTok #Serunya17an Gandeng Mikha Tambayong dan Alice Norin
Aplikasi

Kampanye TikTok #Serunya17an Gandeng Mikha Tambayong dan Alice Norin

Gadgetdiva.id — Menjelang hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-78, TikTok Indonesia menggela..

Meta Luncurkan AudioCraft, Bisa Bikin Musik Hanya Dari Tulisan
Aplikasi

Meta Luncurkan AudioCraft, Bisa Bikin Musik Hanya Dari Tulisan

Gadgetdiva.id — Meta baru merilis sebuah AudioCraft. Yakni, sebuah alat AI yang dapat digu..

Twitter Resmi Jadi Aplikasi X di App Store
Aplikasi

Twitter Resmi Jadi Aplikasi X di App Store

Gadgetdiva.id — Twitter akhirnya resmi terdaftar sebagai aplikasi X di App Store. Setelah ..

Ini Alasan Apple Tak Mengizinkan Twitter Berubah Nama Jadi X
Aplikasi

Ini Alasan Apple Tak Mengizinkan Twitter Berubah Nama Jadi X

Gadgetdiva.id — Apple membeberkan alasan mereka tak mengizinkan Twitter untuk mengganti na..


;