Ketok Palu! TikTok Shop Ditutup 4 Oktober Besok

0
TikTok Shop

Gadgetdiva.id — TikTok Shop akan resmi ditutup pada 4 Oktober besok. Kabar tersebut diumumkan oleh TikTok melalui pernyataan resminya di laman blog perusahaan pada Selasa (3/10).

Dalam laman tersebut, tertulis bahwa TikTok Shop tak akan lagi memfasilitasi transaksi e-commerce secara efektif mulai tanggal 4 Oktober pukul 17.00 WIB. Pihaknya akan terus melakukan koordinasi bersama pemerintah terkait langkah dan rencana yang akan diambil ke depannya.

“Prioritas utama kami adalah untuk menghormati dan mematuhi peraturan dan hukum yang berlaku di Indonesia,” tulis laman resmi TikTok.

Penutupan TikTok Shop ini melanjutkan larangan Menteri Perdanganan (Mendag) Zulkifli Hasan yang tertuang dalam Permendag 31 Tahun 2023. Dimana merupakan penyempurnaan dari Permendag 50 Tahun 2020 pada 26 September lalu.

Kebijakan ini bertujuan untuk menciptakan aturan main (Playing Field) yang setara dan adil untuk e-commerce di Indonesia. Termasuk melarang media sosial untuk dibaung menjadi e-commerce.

Hal tersebut harus dilakukan, sebab dikhawatirkan pihak platform akan menguasai algoritma pengguna. Sehingga, dapat digunakan untuk mengatur iklan yang bersangkutan.

Peraturan tersebut sudah berlaku dan harus dipatuhi oleh TikTok Shop. Platform sebelumnya telah diberi waktu selama seminggu untuk mematuhi aturan tersebut.

Di samping itu, TikTok Shop sendiri telah menjadi rumah bagi 6 juta penjual lokal. Serta, hampir 7 juta kreator yang telah terafiliasi oleh platform tersebut.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan