Kopi Susu Jadi Menu Paling Laris di GoFood Sepanjang 2023

0
merchant gofood
Ilustrasi GoFood

Gadgetdiva.id — Memasuki penghujung tahun, Gojek melalui GoFood merilis lanskap sepanjang tahun 2023. Ditemukan adanya dua kategori menu favorit pelanggan GoFood, yakni Menu Terlaris Kategori Umum dan Menu Hemat Terlaris.

Untuk Menu Terlaris Kategori Umum sepanjang tahun 2023, olahan mie menjadi makanan terfavorit, kopi susu menjadi minuman terfavorit dan varian roti menjadi snakcs terfavorit. Sedangkan, untuk Menu Hemat Terlaris sepanjang tahun 2023, Nasi dan ayam menjadi makanan terfavorit, varian teh menjadi minuman terfavorit dan gorengan menjadi snacks terfavorit.

Kemudian, GoFood juga menemukan adanya peningkatan sebesar 35 kali lipat pada fitur Mode Hemat dalam waktu satu tahun terakhir. Hal tersebut disebabkan karena adanya perilaku konsumen yang semakin peduli terhadap biaya.

Berdasarkan dari penjelasan Head of Food and Ads Business Gojek Satria Situmorang, menjelaskan bahwa adanya perubahan perilaku konsumen di Indonesia selama 1-2 tahun ke belakang. Mereka cenderung lebih berhemat.

Angka tersebut diperkuat dengan data dari PWC yang menyatakan bahwa 74 persen konsuen lebih hati-hati dalam pengeluarannya sehari-hari. Sementara, sektiar 49-62 persen selalu membandingkan harga offline dan online serta cenderung mengandalkan teknologi untuk melihat penawaran terbaik.

GoFood menemukan adanya dua jenis konsumen. Yakni, Functional Eater dan Societal Eater.

Functional Eater merupakan kelompok konsumen yang memprioritaskan harga yang terjangkau sebab mereka peka dengan perbedaan harga. Mereka cenderung tidak terlalu mencari ragam makanan serta cenderung memilih tipe makanan yang umum dan sederhana.

“Itu bukan tergantung konsuemnanya, terkadang tergantung occasionnya juga. Misalnya, saya ketika dari weekend dengan saya ketika sedang weekdays itu bisa berbeda perilaku saya saat memesan makanan,” pungkas Satria dalam acara konferensi pers yang berlangsung di Jakarta Selatan, Selasa (28/11).

Berbeda dengan Societal Eater, konsumen dengan jenis ini lebih mengutamkana kebersamaan. Mereka cenderung selalu mengasosiasikan makanan dengan orang-orang yang mereka sayangi.

Societal Eater ini memiliki intensi untuk menghabiskan biaya sedikit lebih banyak. Serta, tidak terlalu sensitif soal biaya.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan