Meta Jajaki Fitur Integrasi dengan Platform ActivityPub di Threads

0
ActivityPub

Gadgetdiva.id — Mark Zuckerberg menyatakan bahwa pihaknya tengah menjajaki sebuah fitur yang dapat menghubungkan Threads dengan Mastodon. Fitur tersebut didukung oleh jaringan protokol ActivityPub.

Melalui fitur ini, nantinya pengguna Threads bisa menampilkan postingan mereka di Mastodon. Kendati demikian, Zuckerberg tidak menjelaskan lebih lanjut terkait cara kerja dari fitur integrasi ini.

“Membuat Threads dapat dioperasikan akan memberikan lebih banyak pilihan kepada orang-orang tentang bagaimana mereka berinteraksi dan akan membantu konten menjangkau lebih banyak orang. Saya cukup otpimis dengan hal ini,” ungkap Zuckerberg yang dikutip dari TechCrunch, Jumat (15/12).

Tidak jelas apakah integrasi ActivityPub pada platform ini akan memungkinkan pengguna untuk melakukan posting silang ke Mastodon dan Threads. Maupun, pengguna dapat memindahkan data mereka.

Saat Threads diluncurkan pada bulan Juli, CEO Instagram Adam Mosseri menyatakan bahwa platform tidak akan memiliki integrasi dengan fediverse saat peluncuran. Namun, dia menekankan bahwa platform terbarunya ini akan terdesentralisasi.

“Kami berkomitmen untuk membangun dukungan untuk ActivityPub, protokol di balik Mastodon, ke dalam aplikasi ini. Kami tidak dapat menyelesaikannya untuk peluncuran karena sejumlah komplikasi yang muncul dengan jaringan terdesentralisasi, tetapi itu akan datang, “katanya saat itu.

Bulan Agustus lalu, Threads meluncurkan kemampuan bagi pengguna untuk memverifikasi profil mereka di Mastodon. Perusahaan menambahkan tautan “rel=me”, yakni guna membangun hubungan antara dua akun dengan mengarahkan tautan satu sama lain.

Sementara itu, pengumuman Zuckerberg tersebut dapat menjadi tanda nyata pertama dari Meta untuk menjadikan Threads sebagai bagian dari sistem jaringan sosial yang terdesentralisasi.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan