Kolaborasi dengan BenihBaik.com dan WRI Indonesia, Grab sediakan Inisiatif Carbon Offsetting

0

Dalam rangka berkontribusi mengurangi dampak pemanasan global, Grab Indonesia berkolaborasi dengan BenihBaik.com dan WRI Indonesia dalam menyediakan insiatif Carbon Offsetting.

Inisiatif ini merupakan bagian dari program berkelanjutan #LangkahHijau dari Grab. Dimana program ini terdiri dari fitur carbon calculator, crowdfunding dan program media sosial.

#LangkahHijau sendiri merupakan program yang telah diluncurkan pada tahun 2019 lalu. Melalui program ini, Grab Indonesia berkomitmen untuk dukung Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Inisiatif Carbon Offsetting baru saja diluncurkan pada hari ini (28/11). Peluncuran yang dilakukan secara online ini dihadiri oleh Budi Karya Sumadi, selaku Menteri Perhubungan Indonesia, President of Grab. Ada juga, Ridzki Kramadibrata, selaku Founder dan CEO BenihBaik.com, Andy F.Noya, selaku Direktur WRI Indonesia, Pegiat Lingkungan Hidup dan Associate Director Policy Initiative, Tiza Mafira. Serta, Melia Winata, selaku CO-Founder Du Anyam.

Dalam sambutannya, Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan Republik Indonesia menyatakan bahwa dirinya sangat mendukung dan mengapresiasi aksi penanaman pohon dari Grab Indonesia. Menurutnya, aksi ini dapat mengurangi polusi udara yang disebabkan oleh adanya gas buang kendaraan berbahan bakar fosil.

“Dengan adanya penanaman pohon di sepanjang jalan raya,  ini merupakan salah satu bentuk dukungan dan kepedulian untuk menurunkan tingkat polusi udara sehingga dapat menciptakan lingkungan yang asri dan sehat,” jelasnya.

Ia juga menambahwa bahwa Kementerian Perhubungan sangat mengapresiasi program dari Grab Indonesia yang mengajak pengguna layanan transportasi online untuk berdonasi (crowdfunding) dan menyebarkan ajakan tentang inisiatif #LangkahHijau di media sosial masing-masing.

“Kami berharap atas hasil donasi yang akan digunakan untuk penanaman pohon di taman dan hutan dapat membantu mengurangi jejak emisi karbon yang dikeluarkan dalam aktivitas kita sehari-hari,” tambah Budi.

Melalui inisiatif Carbon Offsetting ini, Grab Indonesia berusaha untuk mendukung usaha pemerintah dalam mengurangi dampak negatif serta menjaga kelestarian lingkungan. Inisiatif ini dimulai sejak 28 November 2020 alias hari ini, hingga tahun 2021.

“Selain meluncurkan moda transportasi ramah lingkungan seperti GrabCar Elektrik, GrabBike Elektrik, hingga GrabWheels, kami senantiasa mencari cara untuk dapat terus mendukung upaya setiap pihak dalam memerangi isu global ini. Sebagai perusahaan, kami punya tanggung jawab besar untuk berkontribusi dalam hal ini, sejalan dengan misi GrabForGood. Oleh karena itu, bersama BenihBaik.com dan WRI Indonesia, inisiatif Carbon Offsetting akan menjadi bentuk nyata komitmen dan tanggung jawab kami. Kami juga mengajak masyarakat Indonesia untuk bergabung dalam inisiatif ini dalam rangka menciptakan dunia yang lebih baik,” jelas Ridzki Kramadibrata, selaku President of Grab Indonesia.

Selain menyediakan fitur carbon calculator, crowdfunding dan kampanye media sosial. Pengguna juga dapat Grab dapat melakukan hal-hal sebagai berikut.

  • Pengguna dapat menghitung donsi carbon offering mereka sendiri. Perusahaan mengajak semua masyarakat untuk memahami jejak karbon yang mereka hasilkan dengan sistem carbon calculator di widget donasi. Selanjutnya, jejak karbon tersebut akan dikonversi menjadi bentuk donasi yang akan disalurkan melalui BenihBaik.com kepada mitra penanaman pohon yang difasilitasi WRI Indonesia. Grab menargetkan untuk mengumpulkan donasi sebesar Rp 500 Juta dari pengguna yang akan digunakan untuk penanaman pohon.
  • Pengguna Grab dapat berpartisipasi dalam crowdfunding melalui widget donasi #LangkahHijau dalam aplikasi Grab. Widget ini akan terintegrasi ke halaman khusus BenihBaik.com agar pengguna dapat melakukan donasi.
  • Selain melalui donasi langsung, seluruh masyarakat juga dapat melakukan donasi melalui media sosial. Masyarakat dapat melakukan posting di Twitter dengna tagar #LangkahHijau dan mention ke akun resmi @GrabID sebanyak mungkin. Setiap posting akan dikonversi menjadi donasi sebesar Rp 1.000 dari Grab yang dikumpulkan hingga bernilai maksimal Rp 100 Juta yang akan digabungkan dengan donasi dari pengguna aplikasi Grab.

Keseluruhan donasi yang terkumpul melalui insiatif Grab Carbon Offseting akan disalurkan untuk penanaman pohon di taman kota dan lokasi lainnya yang akan diimplementasikan pada 2021 mendatang. Terdaoat tiga organisasi yang menjadi mitra penanaman pohon hasil donasi pengguna aplikasi Grab, yaitu Carbon Etchics (DKI Jakarta), Forum Konservasi Leuser (Aceh) dan Mitra Asri (Jambi) dan terbuka untuk bertambah di masa depan.

Untuk berdonasi, kamu dapat mengikuti cara yang terdapat pada video di bawah ini.


Baca juga, Grab Sediakan Program Loyalitas untuk Dorong Agen Melalui GrabKios Empire


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan