Grab Lakukan Kolaborasi dari Lazada untuk Pengiriman Barang Konsumen

0

Grab telah mengumumkan kolaborasinya dengan salah satu e-commerce terbesar di Asia Tenggara, yakni Lazada. Armada ini menyediakan layanan peminjaman motor yang bernama GrabRental.

“Kami telah bekerja dengan  pemerintah dan berbagai mitra lainnya pada sejumlah inisiatif lingkungan hidup, yang  mempercepat pengembangan ekosistem kendaraan motor berbasis listrik di Indonesia serta  untuk membangun masa depan yang lebih “hijau” bagi negara. E-commerce telah berkembang pesat selama setahun terakhir dan logistik adalah tulang punggung yang mendukungnya. Kami  sangat bersemangat untuk mengumumkan kemitraan kami dengan Lazada untuk mengurangi  jejak emisi karbon dalam pengiriman paket mereka, serta memperluas jangkauan logistik  mereka,” ujar Ridzki Kramadibrata, selaku President of Grab Indonesia yang dikutip dari sebuah rilis yang diterbitkan pada Senin (8/3) kemarin. 

Layanan ini menyediakan model bisnis penyewaan motor dari armada GrabWheels untuk mengirimkan paket kepada konsumen Lazada di area Jabodetabek. Kolaborasi ini merupakan bagian dari Kampanye #LangkahHijau Grab dan Lazada yang memiliki jaringan logistik yang luas melalui Lazada Logistics turut berkontribusi dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia yang berkelanjutan.

Salah satunya adalah dengan meluncurkan armada motor listrik kolaborasi dengan GrabWheels dari bulan Februari 2021 dan diperbanyak berdasarkan kebutuhan di bulan selanjutnya. Dengan armada ini, Lazada akan dapat memperluas jangkauan logistinya secara ramah lingkungan di Jabodetabek. Hal ini mencerminkan komitmen bersama Grab dan Lazada untuk menjangkau dan menyediakan solusi yang lebih “hijau” bagi konsumen Indonesia.

Sebelumnya, Grab juga telah menjalin kerjasama dengan kendaraan motor berbasis listirk asal dalam negeri seperti Viar dan Selis serta brand internasional seperti Kymco dengan menghadirkan perkembangan teknologi kendaraan berbasis listrik untuk mendukung komitmen ini.

Direktur Angkutan Jalan, Kementerian Perhubungan RI, Ahmad Yani, ATD, MT. turut  menyampaikan, “Kolaborasi yang dilakukan oleh Grab dan Lazada merupakan sebuah solusi  bersama dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia yang patut kita apresiasi.  Hal ini dapat mempercepat usaha pemerintah dalam memiliki ekosistem kendaraan listrik, sejalan  dengan Roadmap Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Penukaran  Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu. Kami  berharap dengan adanya kolaborasi ini, pemain e-commerce lainnya dapat terinspirasi untuk  meningkatkan layanannya dengan kendaraan yang lebih ramah lingkungan.” 

Dalam sebuah riset yang berjudul Studi Lazada tentang Percepatan Transformasi Digital melalui e-commerce, menemukan bahwa peran penting logistik dalam membangun ekosistem digital. Kolaborasi penggunaan motor listrik GrabRental ini adalah bagian dari komitemen last mile Lazada.

Kendaraan listirk ini dapat menjangkau jarak hingga 130 km dengan kecepatan hingga 100km/jam dan membawa beban hingga 130kg. Sebagai bagian dari kerjasama ini, armada pengiriman Lazada Logistics akan mendapatkan rangkaian training menggunakan motor listrik GrabWheels sehingga mereka dapat melakukan pengiriman dengan aman dan tepat waktu.

“Lazada  menyambut baik kolaborasi membawa kendaraan elektronik ke dalam ekosistem logistik kami  dan sangat senang dapat bermitra dengan Grab dalam program ini. Pembangunan ekosistem e commerce yang berkelanjutan serta ramah lingkungan memang merupakan komitmen kami,  sehingga mengurangi jejak karbon kami dalam mengirimkan paket kepada pelanggan Lazada  yang tinggal di Jabodetabek ini menjadi bentuk peran nyata kami. Kemitraan ini dengan Grab ini  sekaligus menegaskan komitmen kami dalam memberikan solusi logistik yang berkualitas bagi bisnis, khususnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia,” ujar Philippe Auberger, selaku Chief Logistics Officer of Lazada Indonesia.   

Sejak tahun 2019, Grab secara aktif berkolaborasi dengan pemerintah lokal untuk mengakselerasi transportasi ramah lingkungan dengan kampanye #LangkahHijau.

Kolaborasi terbaru ini adalah wujud nyata komitmen berkepanjangan Grab untuk mendukung ekosistem kendaran listrik yang sejalan dengan Peraturan Presiden (Pepres) nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Baca juga, Lazada Apresiasi Seller Perempuan Melalui Forward Women Awards


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan