Peneliti menciptakan Game Boy baru tanpa baterai

0
Game Boy

Game Boy orisinal tidak memiliki masalah dalam hal masa pakai baterai. Dengan empat baterai AA sederhana, kamu dapat memainkan game seperti Tetris dan Super Mario Land selama sekitar 10 hingga 15 jam.

Meskipun telah menarik banyak pemain, tak ada masalahnya kan kalau Game Boy klasik dirombak menjadi lebih modern?

Sebuah tim peneliti yang terdiri dari ilmuwan komputer Northwestern University di Illinois dan Delft University of Technology di Belanda telah mengembangkan Game Boy yang tidak menggunakan baterai sama sekali.

Sebagai gantinya, semua yang kamu butuhkan untuk memainkan perangkat ini, secara resmi disebut Engage adalah  sinar matahari dan menekan tombol. Panel surya yang terpasang di bagian depan perangkat menyediakan sumber daya utamanya dengan menekan tombol yang dapat membantu kamu dalam menghasilkan daya tambahan.

Sistemnya masih belum sempurna dan maish memiliki beberapa kelemahan. Saat tidak terlalu mendung di luar, kamu bisa mendapatkan sekitar 10 detik gameplay tanpa gangguan dari Engage Game Boy sebelum harus dimatikan selama sekitar satu detik.

Perangkat ini juga tidak bisa mengeluarkan suara apapun. Namun, kamu masih dapat terus memainkan game berkat kerangka kerja inovatif untuk menyimpan data status sistem ke memori yang memungkinkan kamu untuk melanjutkan tempat dimana kamu tinggalkan.

Jika kamu kehilangan daya saat sedang mencoba untuk mendapatkan lompatan semuprna di dunia Super Mario. Meskipun tidak ideal, Game Boy ini memungkinkan kamu memainkan game yang bergerak lebih lambat dengan relatif mudah.

Lebih dari sekedar proyek DIY yang menyenangkan, Engage adalah bukti konsep. Saat mereka memulai membuat Game Boy ini, tim Engage ingin menunjukkan bahwa membuat perangkat interaktif yang tidak membutuhkan baterai itu bisa dilakukan.

Mereka tahu apa yang mereka buat hanyalah langkah pertama. Hal ini kaan membutuhkan lebih banyak pekerjaan sebelum Switch dan elektronik lainnya yang tidak membutuhkan baterai. Namun, hal ini masih merupakan langkah maju yang signifikan untuk bidang komputasi intermiten.

“Hal ini tidak mungkin terjadi bahkan empat atau lima tahun yang lalu,” Josiah Hester, salah satu ilmuwan komputer yang mengerjakan proyek tersebut, mengatakan kepada CNET.

Setelah mempresentasikan temuan mereka di konferensi UbiComp pada 15 September lalu, tim Engage berencana untuk terus mengerjakan Game Boy mereka. Salah satu hal yang ingin mereka lakukan adalah menemukan cara untuk mempersingkat gangguan listrik.

Baca juga, Minecraft segera hadir di PlayStation VR sebagai upgrade gratis bulan ini


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan