3 Fitur Unik yang Hanya Ada di Kamera Samsung Galaxy S22 Ultra 5G

0
306
Galaxy S23
Ilustrasi Galaxy S22 Ultra

Gadgetdiva.id — TikTok telah membuat tren baru sejak kemunculannya. Tidak lagi foto tapi sudah merambah ke video. Bahkan jumlah waktu menonton per bulan sudah bisa mengalahkan YouTube. Di sinilah peran sebuah kamera smartphone menjadi penting, seperti Samsung Galaxy S22 Ultra 5G yang memberikan banyak fitur tambahan untuk membuat video sinematik yang keren.

Jumlah pengguna media sosial Indonesia mencapai 191,4 juta pada Januari 2022. Angka ini meningkat 21 juta atau 12,6 persen dari tahun 2021. Ini artinya, sebanyak 68 persen penduduk Indonesia bermain medsos. Dan uniknya, hampir semua medsos kini memiliki fitur yang sama dengan TikTok, video pendek berdurasi kurang dari satu menit.

Diakui, tidak banyak smartphone yang peduli dengan hasil video. Kebanyakan mereka lebih fokus memperbaiki kualitas hasil foto ketimbang video. Padahal tren ke depan, video semakin menjanjikan. Inilah kemudian yang diusung Samsung Galaxy S22 Ultra 5G. Mereka memperindah kualitas video dari perangkat tersebut dengan beragam fitur yang ada, mulai dari video Pro, super steady, sampai video portrait.

Galaxy S22 Ultra 5G mengusung empat kamera di bagian belakang (kamera utama 108MP, kamera ultra-wide 12MP, dan dua kamera tele masing-masing 10MP) serta kamera depan 40MP. Susunan kamera mumpuni ini pun didukung dengan berbagai teknologi canggih untuk menghasilkan foto yang jernih dengan begitu cerdas.

Galaxy S22 Series 5G

Sensor kamera 108MP yang besar tentunya mampu menghasilkan gambar yang bening, siang maupun malam. Namun, berkat teknologi Adaptive Pixel, tiap pixel di sensor kamera jadi lebih pintar karena mampu mendeteksi cahaya di lingkungan sekitar. Saat cahaya redup, Galaxy S22 Ultra 5G mampu beralih dari mode high-resolution di lensa 108MP ke high-sensitivity mode di lensa 12MP, atau memotret menggunakan kedua mode tersebut secara bersamaan, untuk menggabungkan berbagai frame demi menciptakan foto yang begitu detail dan terang. Lalu, ada Detail Enhancer yang memaksimalkan AI untuk meningkatkan kualitas foto dengan detail dan kedalaman warna yang lebih menawan.

Powerful-nya kamera Galaxy S22 Ultra 5G juga tampak berkat kemampuan zoom dari sistem Dual Tele Zoom yang menghasilkan 3x hingga 10x optical zoom untuk membawa pengguna lebih dekat ke objek yang difoto. Namun, kapabilitas zoom Galaxy S22 Ultra 5G tidak berhenti sampai di sana, karena teknologi Super Resolution mampu menjangkau teknologi zoom hingga 100x dengan kualitas gambar yang tetap baik, mengurangi keburaman yang kerap muncul saat memotret dengan zoom.

Mode Pro Video di Samsung Galaxy S22 Ultra 5G

Seperti halnya kamera profesional, kita bisa mengatur sendiri tools yang ada di mode Pro ini untuk menciptakan video sinematik. Ini memungkinkan paradiva bisa lebih bebas saat membuat output visual. Pro Mode video bisa membuat video jadi lebih terang atau gelap dengan pengaturan ISO dan shutter speed, atur white balance juga agar hasilnya lebih warm atau cool, sampai atur fokus secara manual.

Kecanggihan Pro Mode di Galaxy S22 Series 5G tidak terlepas dari pro-grade camera yang dimiliki lini smartphone tersebut. Tiap varian dari Galaxy S22 Series 5G dibekali dengan sensor berukuran besar untuk menangkap lebih banyak cahaya dan membuat video jadi lebih cerah. Kemampuan tersebut dilengkapi dengan pemrosesan gambar yang begitu cerdas dari teknologi Nona-Binning, didukung Image Signal Processor (ISP) berbasis AI terdepan dari Samsung, yang mampu menghadirkan resolusi gambar tertinggi untuk menghasilkan konten yang lebih jernih, tajam, dan detail, apa pun mode pengambilan gambar yang ditentukan oleh pengguna.

randy danistha

Buat yang mau edit secara simple bisa pake built-in editing tools di aplikasi kameranya langsung, ada Photo Remastering dan Object Eraser. Kalau mau hasil yang lebih PRO, bisa edit dengan Adobe Lightroom langsung dari aplikasi Expert RAW. 

Super Steady (OIS + VDIS)

Jangan takut hasil video terlihat shaky meski sedang berlari dengan kecepatan tinggi. Pasalnya ada fitur Super Steady System yang bisa kamu manfaatkan ketika merekam dengan banyak pergerakan. Jadi, kamu nggak perlu ribet membawa alat-alat pendukung seperti gimbal untuk menghasilkan konten yang bagus saat berlari.

Galaxy S22 Ultra 5G hadir dengan kemampuan Cinematic Video berkat Super Steady System yang telah dikembangkan. Salah satunya dari Artificial Intelligence Video Digital Image Stabilization (AI VDIS) yang 4x lebih cepat dalam menganalisis pergerakan perangkat dan kondisi penggunanya, misalnya ketika berjalan atau berlari. Dengan begitu, stabilisasi yang dihasilkan menjadi lebih optimal, memungkinkan pengguna menangkap objek yang bergerak maupun merekam sambil bergerak dengan lebih stabil, lebih smooth, dan lebih minim getaran layaknya menggunakan kamera profesional. Selain itu, Optical Image Stabilization (OIS) yang 58% lebih luas untuk menangkap lebih banyak variasi arah datangnya cahaya juga membuat hasil rekaman jadi lebih jernih, termasuk di malam hari.

Tidak hanya mampu menghasilkan video yang super stabil, termasuk di kondisi low-light, Galaxy S22 Ultra 5G juga mampu fokus pada subjek yang direkam dengan lebih baik. Berkat teknologi Multi Object Tracking yang didukung auto frame rate yang lebih besar, Galaxy S22 Ultra 5G mampu mendeteksi hingga 10 orang dalam frame dengan fokus yang lebih cepat, bahkan dalam kondisi low-light. Hal tersebut juga didukung sensor Laser AutoFocus (AF) dengan AI terbarukan untuk penentuan fokus yang lebih pintar.

Desain Galaxy S22 Series 5G

Portrait Video

Dilengkapi dengan fitur AI terbaru, Galaxy S22 Ultra 5G benar-benar membuat tiap foto tampak profesional, termasuk dengan kamera depan. Kini, Portrait Mode di Galaxy S22 Ultra 5G didukung dengan AI Stereo Depth Map untuk menampilkan subjek yang difoto tampil lebih baik lagi dengan detail-detail terkecil yang tampil begitu tajam dan jernih berkat algoritma AI yang begitu canggih. Hal yang sama juga berlaku untuk hewan-hewan favoritmu, karena Portrait Mode baru di Galaxy S22 Ultra 5G mampu mencegah bulu-bulu binatang peliharan menyatu dengan latar belakang, jadi kamu akan selalu mendapatkan foto terbaik dari hewan kesayanganmu.

Membuat video yang estetik juga bisa mengandalkan mode portrait. Siapapun yang berada di dalam frame akan menjadi fokus perhatian. Apalagi jika ada lampu-lampu sebagai latar belakang video, maka akan menciptakan perpendaran cahaya yang membuat hasil video lebih sinematik.

Fitur-fitur ini pasti tak ada kan di smartphone kamu? Tunggu apalagi, ganti smartphone kamu dengan Samsung Galaxy S22 Ultra 5G!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini