Beda ColorOS 12 dengan Android 12 dan Android 11, Mending Mana?

0
Font OPPO

Gadgetdiva.id — Tampilan antarmuka ColorOS 12 dengan Android 12 maupun Android 11 memiliki perbedaan. Meski, tak terlihat dengan kasat mata. Kira-kira apa ya yang membuat keduanya berbeda? Simak ulasannya ya, Paradiva.

ColorOS 12 sendiri memiliki tampilan antarmuka sederhana serta ikon yang memanjakan mata. Sehingga, memudahkan pengguna dalam melakukan navigasi atau mengkses berbagai aplikasi.

Saat diluncurkan perangkat Reno7 Z 5G masih menggunkaan ColorOS12 dengan Android 11. Sedangkan, Reno7 sudah menjalankan Android 12. Berikut adalah perbedaan pada ColorOS 12 yang menggunakan Android 12 dengan ColorOS 12 dengan Android 11 yang mungkin tak kamu sadari.

ColorOS 12

Perbedaan ColorOS 12 dengan Android 12 dan Android 11

Privacy Dashboard

Perbedaan pertama yang dapat kita temukan antara ColorOS 12 dengan Android 12 dan Android 11 terletak pada Privacy Dashboard. Fitur ini merupakan bawaan dari sistem operasi Android 12 atau versi di aasnya.

Oleh karena itu, Android 11 tak memiliki dukungan fitu rtersebut. Jika kamu belum mengetahuinya, Privacy Dashboard sendiri memungkinkan Paradiva untuk dapat memonitor izin penggunaan fitur dalam aplikasi seperti kalender, aktivitas fisik, kamera, lokasi, kontak, mikrofon dan lainnya.

ColorOS 12

Makanya, kamu dapat mengetahui aplikasi apa saja yang meminta izin. Jika Paradiva tidak menyukai sebuah aplikasi yang meminta izin tertentu, kamu dapat langsung mematikannya.

Dapat dibilang pemberian izin pada aplikasi sebenarnya cukup sensitif. Pasalnya, terkadang orang yang tak bertanggung jawab dapat memanfaatkan celah tersebut untuk mendapatkan data pribadi, kontak, aktivitas atau lainnya dari pengguna untuk hal yang tidak baik.

Ikon Indikator Privasi

Perbedaan selanjutnya ada pada ikon indikator privasi. Ikon indikator privasi pada ColorOS 12 dengan Android 12 akan muncul di bagian atas saat aplikasi mengakses fitur handphone seperti mikrofon, kamera dan lokasi.

Selain dapat menginformasi pangguna seputar fitur yang akan diakses, ikon tersebut dapat ditekan apabila ingin memastukan akses fitur dari suatu aplikasi ketika kamu tak mengizinkannya. Dapat dibilang, peningkatan privasi dan keamanan pada Android 12 merupakan salah satu fitur yang dapa membuat pengguna merasa nyaman saat menggunakan handphone untuk aktivitas sehari-hari.

ColorOS 12

Aplikasi Recorder

ColorOS 12 memiliki aplikasi Recorder yang dapat memungkinkan Paradiva untuk merekam percakapan dalam berbagai kegiatan. Di antaranya adalah seminar, workshop, meeting, belajar dan lainnya.

Dalam aplikasi Recorder, terdapat fitur Mark on Recording yang dapat kamu gunakan untuk menandai detik atau menit mana saja materi penting yang disampaikan. Sehingga, Paradiva tak perlu lagi mengulannya dari awal percakapan.

ColorOS 12

Pada ColorOS 12 dengan Android 12, Paradiva bisa menandai percakapan yang ditambah dengan sebuah foto agar materi yang disampaikan lebih jelas. Sementara, pada Android 11 Paradiva hanya dapat menandai tanpa menggunakan foto.

Bahkan, pada apliaksi Recorder pada ColorOS 12 dengan Android 12, Paradiva dapat memilih format audio rekaman suara menjadi mp3 atau aac. Sementara pada Android 11, pilihan ini tak ada sehingga formatnya akan langsung menjadi mp3.

Wallpaper

Dalam halaman Wallpaper, ColorOS 12 berbasis Android 12 bakal menawarkan 30 wallpaper statis. Wallpaper tersebut memiliki jumlah yang lebih banyak dibanding Android 11 yang hanya memiliki 18 wallpaper. Apalagi wallpaper yang didapatkan dari online sudah langsung diperlihatkan pada Android 12.

Halaman Wallpapaer pada kedua versi ColorOS 12 juga dilengkapi tombol more wallpaper yang memungkinkan Paradiva untuk mencari lebih banyak wallpaper. Tentunya melalui Theme Store OPPO.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini