Ikuti Peraturan Uni Eropa, iPhone Bakal Mulai Gunakan USB Type C 2024 Mendatang

0
iPhone SE 4
Ilustrasi iPhone 12 Pro

Gadgetdiva.id — Apple dikabarkan akan mulai menggunakan USB Type C untuk perangkat iPhone pada 2024 mendatang. Pergantian model pengisian daya ini disesuaikan dengan peraturan baru Uni Eropa beberapa waktu lalu.

Kesepakatan tersebut merujuk pada persetujuan antara negara-negara di Uni Eropa yang mengharuskan seluruh smartphone yang beredar di sana menggunakan model pengisian daya dengan kabel USB Type C. Kesepakatan itu dirembukkan pada bulan Juni lalu.

Kesepakatan Uni Eropa terbaru terkait USB Type C

Menurut keterangan resmi dari Uni Eropa yang dilansir dari Gizmochina, port USB Type C akan menjadi standar untuk smarpthone baru. Undang-undang ini akan berlaku pada akhir 2024 mendatang.

Selanjutnya, undang-undang ini tak hanya berlaku untuk smartphone. Namun, juga untuk tablet dan kamera.

Type C

Hanya saja, perubahan ini akan memengaruhi perangkat rilisan Apple di masa mendatang. Mengingat hingga saat ini hanya iPhone yang masih menggunakan Lightning Port miliknya sendiri.

Dengan adanya peraturan dari Uni Eropa baru-baru ini, mau tak mau Apple harus mengganti port Lightnignya tersebut menjadi Type C. Supaya, mereka dapat tetap merambah di pasar Eropa dan sekitarnya.

Type C

Kita dapat mengharapkan perusahaan untuk mengadopsi standar USB Type C sekitar seri iPhone 16, setidaknya hingga iPhone 17. Perusahaan awalnya enggan untuk merubah port yang digunakannya menjadi yang baru.

iPhone 14 sendiri hingga saat ini masih menggunakan fitur port lightning. Perusahaan sendiri akan mampu menawarkan tarif pengisian daya yang lebih tinggi pada iPhone di masa mendatang.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini