Gadget

LG Hadirkan Modul Kamera Ukuran Kecil dengan Optical Telephoto Zoom

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id – LG mungkin memang diketahui bahwa sudah tidak lagi memproduksi smartphone, namun mereka masih membuat komponen-nya. Anak perusahaan LG, Innotek baru saja meluncurkan modul kamera optical telephoto zoom dengan gaya periskop yang memiliki rentang zoom hingga 4-9 kali.

Meskipun terdengar memiliki rentang zoom yang cukup besar, hal ini tidak akan mempengaruhi kamera smartphone untuk mempertahankan kualitas gambar dan berpotensi mengurangi ukuran hingga jumlah modul yang diperlukan.

Redmi K60E Hadirkan Layar AMOLED 2K hingga Fitur OIS

Samsung juga telah mengembangkan modul kamera serupa yang dikenal sebagai folded lens atau lensa lipat, dengan kemampuan zoom empat kali yang pertama digunakan untuk smartphone Galaxy S20 Ultra.

Sebagian besar kamera smartphone menggunakan pengaturan zoom ganda yang menggabungkan zoom digital dan beberapa modul kamera. Rentang zoom tertentu biasanya 2-10 kali menggunakan kamera individual dan zoom digital 2,5-4,5 kali.

Akibatnya, resolusi sensor dan detail dapat dikurangi secara signifikan. Namun, kamera optical zoom milik LG berisi aktuator zoom dengan komponen yang dapat dipindahkan, mirip dengan lensa zoom di kamera mirrorless atau DSLR.

Dengan modul terpasang, sensor akan mempertahankan resolusi penuh dengan menggunakan seluruh rentang zoom 4-9x, menghadirkan lebih banyak detail. LG juga memangkas ketebalan modul untuk mengurangi ukuran tonjolan pada kamera.

LG Innotek akan bekerjasama dengan Qualcomm untuk menyalurkan teknologi tersebut ke smartphone Snapdragon 8 Gen 2 yang baru. Modul baru akan segera muncul di smartphone yang diumumkan untuk acara CES 2023 mulai 3 Januari.

Perusahaan tidak sama sekali mengungkapkan informasi tentang merek atau model apa pun, tetapi terdapat sejumlah smartphone yang akan segera hadir dengan chipset Snapdragon 8 Gen 2 terbaru miliki Qualcomm berpotensi menggunakan modul kamera tersebut.

Kemungkinan smartphone yang bisa mengunakannya adalah seri OnePlus 11, Xiaomi 13, Motorola X40 dan Oppo Find X. Apple juga merupakan salah satu pelanggan besar LG Innotek, jadi besar kemungkinan untuk menggunakan modul zoom di seri iPhone 15 tahun depan.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Fikri Oktafian

Reporter

Lulusan sarjana Bahasa dan Kebudayaan Inggris Universitas Darma Persada. Gemar menonton film dan berolahraga. Memiliki pengalaman Content Writer. Live your life to the fullest.

Artikel Terkait

Samsung Uji Coba One UI Versi 5.1, Hadir Pertama di Samsung Galaxy S23?
Gadget

Samsung Uji Coba One UI Versi 5.1, Hadir Pertama di Samsung Galaxy S23?

Gadgetdiva.id – Samsung dikabarkan sedang melakukan ujicoba untuk versi terbaru One UI berikut..

Redmi K60E Hadirkan Layar AMOLED 2K hingga Fitur OIS
Gadget

Redmi K60E Hadirkan Layar AMOLED 2K hingga Fitur OIS

Gadgetdiva.id – Xiaomi Redmi K60 dan K60 Pro baru saja resmi menjadi smartphone Android pertama..

Google Pixel 6A Dinobatkan Smartphone Dengan Kamera Terbaik di Dunia
Gadget

Google Pixel 6A Dinobatkan Smartphone Dengan Kamera Terbaik di Dunia

Gadgetdiva.id – Seorang YouTuber, Marques Brownlee membuat perbandingan dengan menggunakan meto..

OnePlus 11 Siap Meluncur Lebih Awal Pada 4 Januari 2023 di China
Gadget

OnePlus 11 Siap Meluncur Lebih Awal Pada 4 Januari 2023 di China

Gadgetdiva.id – OnePlus 11 merupakan smartphone unggulan terbaru milik OnePlus yang akan segara..


;