Gadget

One UI 5.1 di Samsung Galaxy S23 Series 5G, Nyaman Jadi Daily Driver

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Salah satu senjata andalan Samsung Galaxy S23 Series 5G adalah kehadiran One UI 5.1. Samsung menghadirkan sejumlah fitur yang lebih memudahkan pengguna untuk melakukan personalisasi perangkat sesuai dengan kepribadiannya. Salah satu hal ter-simple yang bisa dilakukan adalah mengedit dan meng-customize display lock dan home screen sesuka hati.

Guna menyempurnakan pengalaman mobile, One UI 5.1 juga telah hadir dengan widget yang dilengkapi dengan smart suggestion. Widget cerdas ini akan memberikan referensi aplikasi sesuai dengan aktivitas dan rutinitas penggunanya. Bahkan, deretan widget di One UI 5.1 kini dilengkapi dengan Spotify yang akan menyarankan musik untuk berbagai macam aktivitas, seperti mengemudi, berolahraga, dan banyak lagi.

Samsung turut memperluas fitur Modes and Routines yang bisa dikustomisasi dengan penyesuaian di segala situasi, misalnya ponsel akan otomatis mengaktifkan mode gelap dan mengubah mode suara saat tiba waktu tidur, mengaktifkan mode ‘do not disturb’ saat sedang belajar atau bekerja, hingga memutar lagu saat sedang berolahraga. Personalisasi terhadap kebutuhan pengguna juga dibuktikan melalui hadirnya dynamic weather widget yang menampilkan cuaca melalui sebuah ilustrasi bergaya seni modern.

One UI 5.1Galaxy-S23-Series-5G-Hadir-dengan-Rangkaian-Warna-Sesuai-Style-Personal-Pengguna

Manjakan Konten Kreator Ada di One UI 5.1

One UI 5.1 juga memberi kemudahan untuk para content creators.. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya akses cepat ke mode Expert RAW cukup dengan menekan “More” pada menu kamera setelah ia terpasang pada perangkat. Sebelumnya, pengguna harus mengakses Expert RAW di aplikasi terpisah setelah mengunduhnya di Galaxy Store. Expert RAW sendiri merupakan mode yang membuat kamu bisa mengambil foto berkualitas tinggi tanpa pemrosesan atau kompresi. Mode ini cocok untuk kamu yang ingin memiliki kontrol penuh dalam mengedit foto di kemudian hari.

Keunggulan One UI 5.1 dalam hal editing foto berikutnya adalah kemampuan untuk membuat filter sendiri hanya dari gambar yang sudah ada di gallery-mu atau yang kamu ambil dari internet.

Selain itu ada juga Photo Remaster, yang membuat proses remastering foto menjadi lebih optimal, termasuk dalam menghilangkan bayangan dan pantulan. Dengan proses yang begitu otomatis, kita bisa membuat foto-foto lama terlihat lebih epic.

Fitur pencarian foto di Gallery pun jadi semakin pintar. Kini, kita bisa mencari lebih dari satu orang atau subjek di saat bersamaan. Bahkan dapat mencari orang tanpa menandai nama mereka, hanya dengan mengetuk wajah. Sekarang tampilan informasi gambar atau video di Gallery juga dibuat lebih sederhana dan lengkap. Cukup menggeser foto ke atas, kita bisa melihat ragam informasi seperti kapan dan di mana lokasi gambar diambil, perangkat apa yang dipakai untuk memotret, dan di mana gambar disimpan.

Berbagi album dengan orang lain kini juga kini lebih mudah. Kita bisa membuat album yang nantinya bisa dibagikan kepada keluarga maupun kerabat cukup dengan klik ikon tiga garis di bagian bawah lalu pilih Shared Album.Dan dalam hal content creation ini akan merasakan kelancaran tanpa lag pastinya saat menggunakannya di Galaxy S23 Series 5G.

Samsung Notes dan Google Meet

One UI 5.1 juga memberikan fleksibilitas pada Samsung Notes. Kini, kamu bisa melakukan aktivitas kolaboratif melalui Google Meet, seperti berbagi dan mengedit dokumen, mendengarkan musik, hingga menonton video secara real time. Proses multitasking dalam penggunaan antar aplikasi pun bisa dilakoni dengan mudah.

Kita bisa mengecilkan atau memaksimalkan jendela aplikasi tanpa masuk ke menu opsi, serta menemukan suggestion apps yang paling sering digunakan saat pengguna memulai tampilan layar terpisah. Peningkatan kemampuan multitasking juga terjadi di Samsung Dex yang membuat penyesuaian ukuran dari tampilan aplikasi hanya dengan menggeser garis pemisah di tengah layar. Tidak hanya dua aplikasi, Samsung Dex kini bisa menampilkan empat jendela aplikasi sekaligus.

Layar dan Baterai yang Mendukung

Layar Galaxy S23 Series 5G dibekali Dynamic AMOLED 2X yang memberikan tingkat kontras lebih tinggi, warna yang lebih hidup dan reproduksi yang lebih akurat. Lewat teknologi layar ini, pengguna dapat menikmati konten multimedia, bermain game, dan menjelajah aplikasi dengan visual yang tajam serta mengagumkan.

Selain itu, Galaxy S23 Series 5G juga disokong dengan refresh rate adaptif hingga 120Hz. Fitur ini secara otomatis menyesuaikan tingkat refresh rate dengan konten yang ditampilkan, menghasilkan Gerakan yang lebih mulus dan responsif.

Layarnya telah didukung fitur eye comfort shield, yang mampu menjaga layar tetap aman dan nyaman bagi mata bahkan untuk dipandang hingga seharian penuh. Pengguna bisa mengaktifkan fitur ini di menu Settings > Display.

Galaxy S23 Series 5G juga telah disokong teknologi baterai 5000 mAh dan pengisian daya cepat 45W (Galaxy S23 Ultra 5G dan Galaxy S23+ 5G) yang membuat kegiatan pengisian baterai jadi lebih singkat. Selain itu, dibekali juga dengan system manajemen power yang mumpuni.

Galaxy S23 Ultra 5G dibanderol Rp19.999.000 (12GB/256GB), Rp21.999.000 (12GB/512GB), dan Rp25.999.000 (12GB/1TB). Sedangkan Galaxy S23+ 5G hadir dengan harga Rp15.999.000 (8GB/256 GB) dan Rp17.999.000 (8GB/512GB). Sedangkan Galaxy S23 5G tersedia dengan harga Rp12.999.000 (8GB/128GB) dan Rp13.999.000 (8GB/256GB).

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News.


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

3 Tips Bikin Catatan Fun dan Aesthetic Pakai Galaxy Tab S6 Lite
Gadget

3 Tips Bikin Catatan Fun dan Aesthetic Pakai Galaxy Tab S6 Lite

Salah satu rahasia dari pengalaman mencatat yang menyenangkan dengan Galaxy Tab S6 Lite adalah pengg..

Apple Capai Kesepakatan dengan OpenAI untuk Sediakan Chatbot di iOS
Gadget

Apple Capai Kesepakatan dengan OpenAI untuk Sediakan Chatbot di iOS

Apple dikabarkan tengah menandatangani kesepakatan dengan OpenAI. Kedua belah pihak telah mencapai k..

Galaxy Ring Diperkirakan Bakal Dijual Mahal
Gadget

Galaxy Ring Diperkirakan Bakal Dijual Mahal

Kabar tersebut dibocorkan oleh Yogesh Brat yang mengungkap harga yang akan datang untuk Galaxy Ring ..

Galaxy Z Fold 6 Slim Kemungkinan Bakal Meluncur Bersama Galaxy S25
Gadget

Galaxy Z Fold 6 Slim Kemungkinan Bakal Meluncur Bersama Galaxy S25

Rumor terbaru menyebutkan bahwa Samsung berencana untuk meluncurkan perangkat Galaxy Z Fold 6 Slim b..

OPPO 12 Series Resmi Debut, Desain Lebih Tipis
Gadget

OPPO 12 Series Resmi Debut, Desain Lebih Tipis

OPPO Reno 12 dan Reno 12 Pro diklaim membawa desain lebih tipis dibandingkan dengan pendahulunya...


;