Mampukah Word Games Memperbaiki Kosakata Kita?

0
word games
Photo by Andrey Metelev on Unsplash

Gadgetdiva.id — Word games sudah tidak asing lagi di kalangan gamer anak-anak dan remaja. Bahkan orang dewasa pun menyukai permainan edukatif ini. Banyak yang bilang jika game tersebut mampu memperbaiki kosakata para pemain itu sendiri.

Word games atau permainan kata tidak hanya menghibur dan menyenangkan tapi juga menyegarkan pikiran serta membuat kita semakin pintar bermain kata. Terkadang ada kosakata baru yang belum kita kenal, atau tidak familiar di telinga kita selama ini. 

Berkat kemajuan dunia teknologi internet, saat ini kita sudah dapat memainkan game-game kata atau word games secara online seperti Scrabble Word Finder. Ternyata permainan ini tidak hanya dapat meningkatkan perbendaharaan kosakata bahasa Inggris Anda dan anak-anak, tapi juga dapat memupuk jiwa sosial mereka saat harus berinteraksi dengan para pemain lainnya. 

Lalu seberapa besar kemampuan word games dalam meningkatkan kemampuan dan jumlah kosakata para pemain?

Menaikkan jumlah kosakata yang dikuasai

Salah satu kegunaan bermain jenis game ini adalah dapat meningkatkan dan menaikkan jumlah kosakata bahasa Inggris yang sudah Anda miliki. Para pemain akan menemukan kosakata yang baru yang mungkin saja tidak mereka ketahui sebelumnya. Pembelajaran ini sangatlah berguna untuk meningkatkan performa permainan seseorang dengan berjalannya waktu. Dan semakin kaya kosakata seseorang, maka akan semakin mudah dia akan dapat mengatur dan mengungkapkan ide-ide dan opininya pada permainan kata.

word games
Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Tidak hanya itu, game kata juga dapat memperbaiki pengetahuan  seputar tenses bagi para pemainnya, yang dihasilkan melalui susunan huruf-huruf yang terkadang sulit untuk diprediksikan. Contoh kecilnya saja adalah verb eat, yang ternyata dapat diubah menjadi ‘ate’ atau ‘eaten’ hanya dengan sedikit penambahan huruf-huruf yang tersedia.  

Selain itu para pemain juga akan mudah untuk memahami dan menafsirkan apa yang dikatakan oleh para pemain lawan apabila mereka memiliki kosakata bahasa Inggris yang sangat banyak. 

Proses pembelajaran yang cocok untuk setiap orang di Word Games

Permainan atau game kata-kata ternyata dapat membantu memperbaiki kosakata seorang pemain melalui proses pembelajaran yang berbeda-beda. Utamanya, pembelajaran ini dapat diperoleh secara aktif maupun pasif. 

Contoh permainan kata seperti Word Unscrambler adalah permainan merangkai kata-kata bahasa Inggris yang mengharuskan setiap pemain yang ikut untuk selalu aktif. Oleh karena itu, para pemain perlu memperkaya diri mereka dengan segudang kosakata sebelum bermain untuk bisa menang pada permainan tersebut. Dengan permainan kata seperti ini, para pemain dapat memasukkan sejumlah kombinasi huruf ke kotak papan yang tersedia sehingga menjadi sebuah kata yang memiliki arti dalam bahasa Inggris. 

Sementara itu ada juga permainan kata yang tidak mengharuskan para pemainnya untuk berlaku aktif, yang disebut dengan proses pembelajaran pasif. Pada tipe permainan ini, para pemain tidak berusaha secara aktif mempelajari sebuah kata yang baru, tapi malah secara perlahan merangkai huruf-huruf yang ada untuk diletakkan ke kotak yang Anda, baik melalui petunjuk-petunjuk yang ada seperti teka teki silang, atau pun melalui pengelompakan semantik seperti permainan Cari Kata.

Dapat memperbaiki ejaan pada kata-kata bahasa Inggris

Dalam permainan merangkai kata, tidak mengetahui cara mengeja suatu kata secara benar itu sama saja dengan tidak mengetahui kata-kata tersebut dengan baik. Oleh karena itu, para pemain mau tidak mau mengetahui dengan benar bagaimana cara mengeja kata-kata bahasa Inggris tersebut supaya dapat diletakkan pada kotak permainan dengan sempurna. 

Oleh karena itu tak berlebihan jika kita katakan bahwa permainan-permainan kata ini ternyata dapat membantu memperbaiki kemampuan bahasa tidak hanya dengan mengajarkan kosakata  yang baru tapi juga dengan memperbaiki kemampuan ejaan para pemain secara keseluruhan. 

Meningkatkan kemampuan kognitif

Permainan-permainan kata seperti Scrabble dan Words with Friends adalah tipe permainan yang mengutamakan berbagai strategi yang brilian. Sebagai permainan kata, jenis permainan ini akan dapat mengajarkan kata-kata yang baru, dan juga sebagai permainan papan, para pemain akan dituntut untuk mengisi kotak-kotak kecil yang terbatas dengan kumpulan huruf abjad yang dimilikinya. 

Karena itu tipe permainan ini sebenarnya lebih mengutamakan kerja otak kita, dimana setiap pemain harus mempertimbangkan secara matang nilai dari setiap huruf yang diberikan untuk diletakkan pada papan permainan. Mereka harus merencanakan setiap gerakan dengan matang untuk memperoleh poin sebanyak mungkin dengan menganalisis kata-kata yang diletakkan oleh para pemain lawan. 

Baca juga: 5 Tips Bermain Game di PC Low-end


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan