Monday, 12 April 2021
More

    Latest Posts


    Creeper jadi virus pertama yang hadir di komputer

    Virus hadir menjadi “musuh” paling menyebalkan bagi komputer kita. Virus yang pertama kali dibuat ialah Creeper. Seperti yang kita ketahui, sebagian besar virus telah dirancang untuk mencuri informasi pengguna, daya pemrosesan dan atau menonaktifkan sistem secara bersamaan.

    Creeper ditulis pada tahu 1971 oleh Robert Thomas ketika ia menjadi programmer untuk BBN (Bold, Beranek dan Newman yang jadi Raytheon hari ini). Virus komputer ini dirancang tanpa niat jahat untuk bereksperimen dengan perangkat lunak yang mereplikasi diri di TENEX sistem operasi.

    Namun, Creeper tidak benar-benar berhasil mereplikasi dirinya sendiri. Sebaliknya, setelah perilaku seperti mulai mencetak file dan kemudian berhenti atau menampilkan pesan yang berbunyi, “I’m the Creeper: Catch me if you can,” virus akan menghapus dirinya sendiri dari mesin saat melanjutkan perjalanan ke mesin berikutnya. Sistem TENEX.

    Pada tahun 1972, Ray Tomlinson menulis “Reaper” yang dirancang untuk menyalin dirinya sendiri dan bergerak melintasi ARPANET, menghapus Creeper di sepanjang jalan. Kebetulan, virus Creeper dinamai sesuai nama penjahat kartun Scooby Doo asli.

    Sementara itu, virus komputer pertama untuk MS-DOS adalah Brain yang dirilis pada tahun 1986. Virus ini akan menimpa sektor boot pada floppy disk dna mencegah komputer melakukan booting. Itu ditulis oelh dua bersaudara dari Pakistan dan pada awalnya dirancang sebagai pelindung penggandaan.

    Selajutnya, The Morris adalah virus komputer pertama yang menyebar secara luas di alam liar pada tahun 1988. Ditulis Robert Morris, seorang mahasiswa pascasarjana dari Cornell University yang ingin menggunakannya untuk menentukan ukuran internet.

    Pendekatannya menggunakan celah keamanan di sendmail dan aplikasi Unix lainnya serta password yang lemah, tetapi karena kesalahan pemrograman, hal tersebut menyebar terlalu cepat dan mulai mengganggu operasi normal komputer. The Morris dapat menginfeksi sekitar 15.000 komputer dalam 15 jam yang saat itu merupakan sebagian besar internet.

    Baca juga, Kode QR pertama kali dibuat pada tahun 1994

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR

    Error decoding the Instagram API json