Selingkuh Makin Aman, Kunci Chat WhatsApp Bisa Pakai Kode Rahasia

0
kunci chat whatsapp
Photo by Djim Loic on Unsplash

Gadgetdiva.id — Para tukang selingkuh pasti sedang mendengar ini. Yep! WhatsApp punya fitur yang memungkinkan kamu untuk melakukan kunci chat WhatsApp pakai kode rahasia. Ga bisa dibuka-buka sama pasangan kamu.

Sebenarnya, Meta membuat fitur Kunci Chat WhatsApp untuk membantu para penggunanya melindungi percakapan mereka yang sifatnya lebih sensitif. Fitur kunci chat sendiri telah diperkenalkan pada awal tahun namun kali ini ditambah dengan fitur kode rahasia.

“Fungsi kode rahasia sebagai langkah tambahan perlindungan sehingga chat lebih sulit ditemukan oleh orang yang memiliki akses ke ponsel Anda atau saat Anda berbagi ponsel dengan orang lain,” kata pendiri Meta, Mark Zuckerberg yang mengumumkan fitur baru ini di platformnya sendiri.

kunci chat whatsapp
Kunci Chat WhatsApp

Mark mengatakan, dengan kode rahasia, kita dapat mengatur kata sandi unik yang berbeda dari yang dipakai untuk membuka kunci ponsel, guna memberikan lapisan privasi ekstra pada chat yang terkunci. Kita akan memiliki opsi untuk menyembunyikan folder Chat Terkunci dari daftar chat sehingga hanya dapat ditemukan dengan mengetikkan kode rahasia di bilah pencarian.

“Jika belum sesuai dengan kebutuhan, Anda masih dapat memilih untuk menampilkannya dalam daftar chat. Setiap kali ada chat baru yang ingin dikunci, sekarang Anda dapat menekan lama untuk menguncinya, alih-alih membuka pengaturan chat,” jelas Mark.

Simpelnya, chat yang dikunci akan disembunyikan dan hanya bisa ditemukan dengan mengetikkan kode rahasia. Jadi pesan terkunci dan rahasia tersebut tidak akan ditampilkan di sana.

Sayangnya, chat yang terkunci masih akan bisa diakses dan ditemukan di perangkat tertaut seperti Web WhatsApp. Jadi, pastikan jika ada chat rahasia yang terkunci maka jangan pernah membuka di perangkat lain.

“Senang sekali melihat antusiasme komunitas kami terhadap fitur Kunci Chat WhatsApp, dan kami berharap fungsi kode rahasia ini akan memberikan manfaat yang lebih besar bagi mereka. Fitur kode rahasia mulai diluncurkan hari ini, dan dalam beberapa bulan mendatang akan tersedia secara global. Kami bersemangat untuk terus menghadirkan lebih banyak fungsi pada Kunci Chat guna membantu orang-orang melindungi privasi mereka,” jelas Mark.

Lalu bagaimana caranya mengunci chat pakai fitur Kunci Chat WhatsApp dan menyiapkan kode rahasia?

1. Buka Whatsapp
2. Pilih percakapan personal atau grup yang ingin dikunci. Perlu Paradiva ketahui, chat grup tidak bisa dikunci jika sudah bergabung menjadi satu dalam kumpulan Komunitas.
3. Pada chat yang ingin dikunci, tekan lama sampai muncul titik 3 di ujung atas kanan.
4. Tekan titik 3 di ujung atas kanan.
5. Pilih Kunci Chat.
6. Pilih Lanjut
7. Nantinya, kita akan diminta untuk menentukan terlebih dahulu Kode Rahasia yang diinginkan.

Oia, selain membuka dengan kode rahasia, kita juga bisa mengatur kunci chat WhatsApp dengan sidik jari (finger print) atau pengenalan wajah (face recognition). Untuk menggunakan dua metode ini, pastikan sidik jari atau face recognition kamu sudah aktif di pengaturan perangkat.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan