Memulai Percakapan di Discord, Alat Chat Selingkuh Suami Seleb TikTok

0
discord
Foto: Ilustrasi

Gadgetdiva.id — Sebuah percakapan dari Discord oleh pasangan selingkuh viral di media sosial setelah diunggah seorang netizen. Percakapan itu ternyata melibatkan suami dari seleb TikTok Ira Nandha yang berprofesi sebagai pilot dengan teman satu maskapainya yang berprofesi sebagai pramugari.

Ira Nandha memang memposting bahwa dirinya telah menemukan bukti perselingkuhan sang suami dengan rekan pramugari di maskapai yang sama. Bukti chat Discord itupun menyebar dan banyak netizen yang kemudian menyayangkan perilaku sang suami dengan rekan pramugari tersebut.

Namun yang menarik, tidak banyak orang yang tahu jika Discord bisa dijadikan alat untuk percakapan teks. Mereka tahunya adalah percakapan suara karena aplikasi ini kerap dijadikan ajang komunikasi oleh para gamers yang tidak mungkin mengetikkan teks saat jari mereka sedang bermain game.

discord
Ilustrasi perempuan dan teknologi.

Lalu apa itu Discord?

Discord adalah sebuah platform komunikasi yang dirancang untuk menciptakan komunitas. Platform ini memungkinkan pengguna berkomunikasi baik melalui suara, video, teks, media dan file, dalam obrolan pribadi atau sebagai bagian dari komunitas yang disebut server. Server adalah kumpulan ruang obrolan tetap dan saluran obrolan suara yang dapat disesuaikan dengan berbagai topik dan kepentingan.

Platform ini pertama kali dirilis pada Mei 2015 dengan tujuan memudahkan komunikasi antarpemain game. Namun, seiring waktu, aplikasi tersebut berkembang menjadi platform yang lebih serbaguna dan ramah untuk semua jenis fungsi, mulai dari belajar, hobi, bisnis, hingga hiburan.

Pada Juni 2020, Discord memiliki lebih dari 300 juta pengguna terdaftar di seluruh dunia, dengan slogan baru “Your place to talk”.

Sayangnya, tidak ada data resmi mengenai jumlah pengguna Discord di Indonesia. Namun, berdasarkan beberapa sumber tidak resmi, diperkirakan bahwa ada sekitar 10 juta pengguna di Indonesia pada tahun 2020. Jumlah ini kemungkinan akan terus bertambah seiring dengan meningkatnya minat masyarakat Indonesia terhadap platform berbasis audio.

Memulai Percakapan Pribadi di Discord

Untuk memulai percakapan pribadi di Discord, ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Pertama, setelah mendownload aplikasi tersebut, pengguna harus membuat akun Discord dengan mengisi nama pengguna, alamat email, dan kata sandi.

Kedua, pengguna harus menambahkan teman yang ingin diajak berbicara dengan cara mengklik ikon Friends di bagian atas layar dan memasukkan nama pengguna atau tag teman tersebut. Tag adalah kode empat digit yang terletak di belakang nama pengguna dan ditandai dengan tanda pagar (#). Contohnya: Andi#1234.

Ketiga, setelah menambahkan teman, pengguna dapat memulai percakapan pribadi dengan cara mengklik nama teman tersebut di daftar teman dan mengetik pesan teks atau mengklik ikon telepon atau video untuk melakukan panggilan suara atau video. Pengguna juga dapat mengirim media dan file dengan cara menyeret dan menjatuhkan file ke kotak pesan atau mengklik ikon plus (+).

Keempat, jika pengguna ingin membuat grup percakapan pribadi dengan lebih dari satu teman, pengguna dapat mengklik ikon tambah orang (+) di pojok kanan atas layar percakapan dan memilih teman-teman yang ingin ditambahkan. Pengguna dapat menamai grup percakapan tersebut sesuai keinginan dan melakukan obrolan teks atau panggilan suara atau video bersama-sama di Discord.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan