Startup

Humane Besut AI Pin Pakai Chipset dari Qualcomm

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Humane, startup milik mantan karyawan Apple, mengenalkan produk AI mereka dalam bentuk pin yang menjalankan chipset dari Qualcomm. Produk tersebut dinamakan Humane AI Pin.

Produk yang dibesut Humane sendiri memang berbentuk perangkat wearable yang diproyeksikan dengan fitur bertenaga AI. Perangkat ini sebelumnya telah diperkenalkan sejak bulan April lalu oleh CEO Humane Iman Chaudhri.

Menurut penjelasan dari CEO Humane Iman Chaudri dalam pernyataan resminyanya yang dikutip dari TechCrunch pada Sabtu (1/7), AI Pin ini sejatinya merupakan perangkat wearable berbasis pakaian yang terhubung dengan cerdas menggunakan serangkaian sensor. Sensor tersebut memungkinkan interaksi komputasi kontekstual dan ambien.

“AI Pin merupakan jenis perangkat mandiri dengan platfrom perangkat lunak yang memanfaatkan kekuatan AI untuk memungkinkan pengalmana komputasi personal yang inovatif,” jelasnya.

AI Pin ini dirancang untuk menjalankan semua tugas yang sebelumnya dapat dilakukan oleh smartphone. Akan tetapi, dengan lebih sedikit gerakan dan perintah suara yang diperlukan.

Saat perangkat ini diaktifkan dengan satu ketukan, AI Pin dapat dijepitkan pada saku dada. Perangkat ini juga dapat memberi ringkasan terkait email dan undangan kalender, menerjemahkan antar bahasa dan menjawab serta melakukan panggilan telepon.

Lebih lanjut, AI pin juga mampu mengenali objek di sekitarnya seperti, label nutrisi dan makanan. Hal ini dapat dilakukan berkat kemampuan kamera dan komputer viusal lewat perangkat lunak yang digunakannya.

Perangkat ini menggunakan proyektor built-in dengan sensor kedalaman yang dapat memproyeksikan antarmuka interaktif ke permukaan terdekat, misalnya telapak tangan atau permukaan meja.

“AI Pin besutan kami ini menghadirkan kesempatan bagi orang-orang untuk emmbawa AI ke mana saja dan untuk membuka era baru komputasi seluler pribadi yang mulus, tanpa layar dan penginderaan,” tutur Chaudhri.

Tak sampai di situ, Humane juga turut mengumumkan kolaborasinya dengan Qualcomm dalam mengembangkan perangkat keras internal AI Pin. Yakni, sebuah chipset yang tak disebutkan namanya dari seri Snapdragon. Chipset ini disebutnya akan memberi daya pada perangkat wearable tersebut.

Untuk menghadirkan pemrosesan dan distribusi penaganan, Humane bekerja sama dengan SK Networks dan Microsoft. Sedangkan, untuk mengintegrasikan teknologi dalam perangkatnya, Humane bekerja sama dengan OpenAI.

Humane sendiri berdiri sejak 2018 lalu dan berbasis di San Fransisco, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini dipimpin oleh mantan desain dan teknik Apple, yakni Imran Chaudhri dan Bethany Bongiorno.

Sejak tahun pendiriannya tersebut, Humane belum meluncurkan produk apapun. Namun, perusahaan memboyong banyak mantan karyawan Apple lainnya.

Hingga saat ini, Humane telah memiliki lebih dari 200 orang tenaga kerja dan telah mengumpulkan sekitar USD 230 juta dari investor perusahaan besar. Termasuk LG Technology Ventures, SK Networks, Microsoft, Volvo Cars Tech Fund, Qualcomm Ventures dan masih banyak lagi.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

OpenAI Siap Luncurkan Pesaing Google Search Pekan Depan
Startup

OpenAI Siap Luncurkan Pesaing Google Search Pekan Depan

Gadgetdiva.id — OpenAI dilaporkan tengah bersiap untuk meluncurkan platform pencariannya se..

CFO eFishery Lengser dari Jabatannya, Kenapa?
Startup

CFO eFishery Lengser dari Jabatannya, Kenapa?

Gadgetdiva.id — Chief Financial Officer (CFO) eFishery Dhianendra Laksamana dilaporkan mund..

Pasar Pariwisata Tiongkok Bangkit, SiteMinder Perkuat Kemitraan dengan Trip.com
Startup

Pasar Pariwisata Tiongkok Bangkit, SiteMinder Perkuat Kemitraan dengan Trip.com

Gadgetdiva.id – Pasar pariwisata Tiongkok menunjukkan tanda-tanda pemulihan yang positif, d..

CEO OpenAI Sam Altman Mundur dari Pemilik OpenAI Startup Fund
Startup

CEO OpenAI Sam Altman Mundur dari Pemilik OpenAI Startup Fund

Gadgetdiva.id — Sam Altman telah resmi mundur dari pemilik OpenAI Startup Fund. Perusahaan ..

Gandeng Kemenkop UKM, KoinWorks Dukung Program Entrepreneur Financial Fiesta
Startup

Gandeng Kemenkop UKM, KoinWorks Dukung Program Entrepreneur Financial Fiesta

Gadgetdiva.id – KoinWorks, neobank untuk UMKM pertama di Indonesia melanjutkan kolaborasi d..


;