eFishery Siap Ekspansi ke India Bawa Teknologi Pakan Otomatis

0
eFishery
Foto: CNN

Gadgetdiva.id — Startup aquaculture pertama di Indonesia, eFishery siap mengepakkan sayapnya ke India. Produk yang akan mereka kenalkan ialah teknologi pemberian pakan ternak otomatis.

eFishery akan memulai beroperasi pada kuartal 1 2024 di Inida. Berdasarkan penjelasan dari Co-Founder dan CEO eFishery Gibran Huzaifah dalam sebuah acara 10th Anniversary eFishery di Sabuga, Bandung, menyatakan bahwa pihaknya sudah melakukan commercial pilot selama 12 bulan terakhir sejak September 2022 hingga September 2023.

“Kita roll out commercially tahun depan officially, awal tahun depan, kuartal I,” ungkap Gibran yang dikutip dari AntaraNews, Selasa (17/10).

Alasannya memilih India ialah karena pihaknya melihat adanya peluang pasar yang besar serta memiliki kemiripan dengan Indonesia. Terutam dalam pembudidaya skala kecil.

Selain itu, eFishery juga melihat bahwa market udang di India lebih besar dari Indonesia. Selama satu tahun, pasar India memiliki pertumbuhan udang sebesar 30%, sedangkan Indonesia hanya 13% setiap tahunnya.

“Secara size market juga mirip dengan Indonesia, kurang lebih totalnya 9-10 miliar dolar AS,” imbuh Gibran.

Kendati demikian, Gibran melihat keunikan dari pasar India. Di mana pertumbuhan pasar perikanannya terpusat di satu provinsi saja.

Wilayah provinsi tersebut memiliki luas sebesar Pulau Jawa dengan 85% produksi berasal dari provinsi tersebut. Sehingga, biaya produksi budidaya udang di India jauh lebih kompetitif daripada di Indonesia.

Sedangkan, di Indonesia sendiri, petambak udang sangat tersebar mulai dari Aceh, Nusa Tenggara dan Maluku.

“Untuk eFishery yang emmang mainnya density, kalau satu tempat petaninya bisa lebih banyak lebih enak buat teknologi semacam ini bisa scale. Jadi kita melihat potensi impact-nya bisa lebih besar,” ungkapnya.

Di samping itu, pihaknya juga melihat bahwa produktivitas pembudidaya dan petambak ikan di India hanya satu per lima dari petani Indonesia. Sehingga, eFishery melihat adanya peluang kenaikan produktivitas 2 kali lipat di sektor perikanan India jika teknologinya masuk ke pasar tersebut.

Tak hanya di India, eFishery juga berencana untuk melakukan ekspansi ke beberapa negara Asia Tenggara. Yakni, Vietnam, Thailand, Filipina dan Malaysia.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan