xAI Punya Elon Musk Merilis Chatbot Bernama ‘Grok’

0
Grok

Gadgetdiva.id — Startup AI milik Elon Musk, xAI membuat chatbot berbasis AI bernama Grok. Chatbot ini dibuat untuk menyaingi popularitas AI Generatif yang semakin meningkat.

Grok ini berfungsi serupa dengan ChatGPT. Yakni, dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pengguna berdasarkan informasi yang dihasilkan oleh model bahasa besar.

Kendati demikian, Grok diduga mengungguli ChatGPT -3.5 dalam beberapa tes akademis. Termasuk matematika dan pengkodean.

Mengenal Grok milik xAI

Melansir dari Gizmochina, Grok mendukung mesin baru yang disebut dengan Grok-1. Chatbot ini memiliki akses real-time ke informasi melalui platform X.

Untuk menilai kemampuannya, xAI melakukan serangkaian evalusi mengugnakan tolak ukur pembelajaran mesin standar yang dirancang untuk mengukur kemampuan matematika dan penalaran.

Grok menungguli semua model lain di kelas komputasinya. Termasuk ChatGPT -3.5 dan Inflection-1.

Grok hanya dapat dikalahkan oleh model yang dilatih dengan jumlah data pelatihan. Serta, sumber daya komputasi yang jauh lebih besar seperti GPT-4.

xAI menguji Grok melalui ujian akhir sekolah menengah nasional Hungaria tahun 2023 di bidang matematika. Grok lulus ujian dengan nilai C (59%), sementara Claude-2 meraih nilai yang sama (55%) dan GPT-4 mendapat nilai B dengan skor 68%.

“Grok juga akan menjawab pertanyaan-pertanyaan sulit yang ditolak oleh sebagian besar sistem AI lainnya,” kata xAI dalam sebuah tweet.

Menurut penjelasan xAI dalam tweet-nya tersebut, Grok dirancang untuk menjawab pertanyaan dengan sedikit kecerdasan. Mereka juga turut memperingatkan penggunanya bahwa chatbot ini dapat menjawab pertanyaan dan memiliki sifat pemberontak, sehingga jangan menggunakannya jika kamu tidak suka humor.

Grok sendiri masih merupakan produk beta yang sangat awal. Namun, akan terus berkembang dengan cepat dari minggu ke minggu. Perusahaan ini juga sedang berupaya menerapkan lebih banyak langkah keamanan untuk memastikan bahwa Grok tidak digunakan untuk tujuan jahat.

Sayangnya, Grok hanya akan tersedia untuk para pelanggan X Premium Plus dengan harga USD 16 atau sekitar Rp. 248 ribuan per bulan. Plus, saat ini hanya ditawarkan kepada sejumlah pengguna di Amerika Serikat.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan