Sam Altman Ditarik ke Microsoft, Emmett Shear Jadi CEO Interim OpenAI

0
CEO OpenAI
Sam Altman CEO Open AI - Foto: Reuters

Gadgetdiva.id — Ditolak kembali menjadi CEO OpenAI, Sam Altman langsung ditarik oleh Microsoft. Posisinya sebagai CEO OpenAI tersebut digantikan sementara oleh Emmett Shear.

Berita bergabungnya Sam Altman ke Microsoft ini dikabarkan langsung oleh CEO Microsoft Satya Nadella pada Senin (20/11). Dirinya menyatakan bahwa tak hanya Altman, namun Greg Brockman juga turut bergabung dengan perusahaannya.

“Kami sangat bersemangat untuk menyampaikan berita bahwa Sam Altman dan Greg Brockman bersama dengan rekan-rekannya akan bergabung dengan Microsoft untuk memimpin tim peneliti AI tingkat lanjut yang baru,” ungkap Nadella dikutip oleh Business Insider dari postingannya di X.

Nadella berharap dengan bergabungnya kedua mantan petinggi OpenAI ke Microsoft ini dapat mempercepat memberi sumber daya yang dibutuhkan oleh perusahaan atas kesuksesan yang diraih.

Dalam postingan tersebut, Nadella juga menyatakan bahwa perusahaannya tetap berkomitmen terhadap kemitraannya dengan OpenAI. Dia berharap dapat kembali bekerja sama dengan OpenAI dan mengenal Emmett Shear beserta tim kepeimpinan baru dengan baik.

Altman dipecat secara dramatis dari jabatannya sebagai CEO OpenAI pada hari Jumat. Dewan nirlaba perusahaan di belakang ChatGPT menyatakan mereka tidak lagi percaya dengan kemampuannya untuk terus memimpin perusahaan.

Buntut dari pemecatan Sam Altman, Greg Brockman dan beberapa peneliti OpenAI lainnya turut mengundurkan diri dari jabatannya. Kemudian, dewan direksi nampaknya kembali mempertimbangkan untuk membatalkan keputusan Altman tersebut.

Bahkan, mantan CEO tersebut sempat terlihat di kantor pusat OpenAI. Namun, laporan selanjutnya menyatakan bahwa diskusi tersebut kemudian gagal, sementara dewan direksi menunjuk mantan CEO Twitch Emmett Shear. sebagai CEO sementara OpenAI.

 

Secara otomatis, Shear mengambil alih peran Mira Murati di jabatan yang sama. Dimana CTO OpenAI itu secara terbuka mendukung Altman.

Sementara itu, dalam postingannya di X, Brockman menyatakan bahwa tim Microsoft baru akan terdiri atas dirinya, Altman, Aleksander Mardy, Szymon Sidor dan Jakub Pachocki. Dia menyatakan bahwa timnya ini berencana untuk membangun sesuatu yang baru dan luar biasa.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan