Startup

Terungkap Teori Konspirasi Terkait Alasan Dipecatnya Sam Altman dari OpenAI

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Sebuah konspirasi di balik alasan pemecatan Sam Altman dari OpenAI terungkap. Disebut bahwa CEO OpenAI tersebut telah bersepakat dengan pertas asal Tiongkok yang ditemukan oleh NSA.

Melansir dari Daily Dot, konspirasi tersebut disampaikan oleh seseorang dalam postingan Blind. Dia menyatakan bahwa penyebab dari pemecatan Sam Altman tersebut karena hubungannya dengan kelompok tentara siber Tiongkok.

Telkomsel Mitra Inovasi Kini Berubah Jadi Telkomsel Ventures

Kelompok tentara siber tersebut dikenal dengan D2 (double Dragon). OpenAI telah menggunakan data dari D2 untuk melatih model AI-nya, termasuk GPT-4.

Data ini diperoleh melalui kontrak bisnis tersembunyi dengan perusahaan cangkang D2 bernama Whitefly yang berbasis di Singapura. Grup D2 ini memiliki kapasitas crawling/indexing/pemindaian terbesar dan terbesar di dunia.

Bahkan dikatakan 10 kali lipat lebih besar daripada Alphabet Inc milik Google. Sehingga, OpenAI dapat memperoleh data dalam jumlah yang sangat banyak untuk pelatihan setelah kehabisan pilhan lain.

Sebuah sumber tersebut mengklaim bahwa informasi ini didapatkannya lewat tangan ketiga langsung dari sumber utamanya. Menurut teori ini, Tiongkok telah mengetahui kesepakatan ini dan memberi tahu Biden yang kemudian memberi wewenang kepada NSA untuk melakukan penyelidikan.

Ketika mengonfirmasi hubungan tersebut, dewan OpenAI diberitahu terkait penggunaan data ileagal yang dicuri secara tidak sah. Kemudian, memecat Sam Altman.

Dalam pernyataannya, dewan direksi menyatakan bahwa Sam Altman tidak secara konsisten berterus terang dalam komunikasinya yang diartikan oleh posten anonim sebagai merahasiakan kesepakatan peretasan dengan Tiongkok.

Konspirasi tersebut berpindah dari Blind ke TikTok dengan satu video yang mengungkap alasan rahasia Altman dipecat telah ditonton oleh lebih dari 150.000 kali. Sayangnya, akun yang mempostingnya tidak dapat memberikan banyak bukti.


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Strategi bukaPO Bidik Pertumbuhan Cepat dalam 1,5 Tahun
Startup

Strategi bukaPO Bidik Pertumbuhan Cepat dalam 1,5 Tahun

GadgetDiva.id — Hasil riset Svara Research Indonesia berjudul “Food Delivery Market Research�..

Telkomsel Mitra Inovasi Kini Berubah Jadi Telkomsel Ventures
Startup

Telkomsel Mitra Inovasi Kini Berubah Jadi Telkomsel Ventures

Gadgetdiva.id — Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) yang sudah eksis sejak 4 tahun lalu kini beru..

Sam Altman Balik Lagi ke OpenAI
Startup

Sam Altman Balik Lagi ke OpenAI

Gadgetdiva.id — Setelah lima hari dipecat, akhirnya Sam Altman menduduki kembali jabatannya..

Emmet Shear, CEO OpenAI Ketiga Gantikan Mira Murati
Startup

Emmet Shear, CEO OpenAI Ketiga Gantikan Mira Murati

Gadgetdiva.id — Emmet Shear resmi menjadi CEO OpenAI ketiga pada Senin (20/11). Meskipun be..


;