Profil Mendagri Inggris Suella Braverman yang Lengser Setelah Salah Kirim Email

0
Mendagri Inggris
Foto: Reuters

Gadgetdiva.id — Mendagri Inggris, Suella Braverman menyatakan bahwa dirinya resmi mengundurkan diri setelah mengirim dokumen resmi dari email pribadinya. Pengunduran dirinya tersebut dilakukan pada Rabu (19/10).

“Saya telah membuat kesalahan, saya menerima tanggung jawab; saya mengundurkan diri,” katanya dalam surat kepada Perdana Menteri Liz Truss yang diposting melalui akun Twitter resminya yang dikutip dari Reuters.

Mendagri Inggris tersebut menyatakan bahwa dia memiliki “keprihatinan serius” tentang komitmen pemerintah. Untuk itu, ia menghormatinya lantas memilih untuk mengakhiri jabatannya tersebut.

Mendagri Inggris
Foto: India Today

Dalam surat tersebut, dia menyatakan bahwa telah mengirim dokumen resmi — draf pernyataan menteri tertulis yang belum dipublikasikan — dari email pribadinya ke rekan parlemen untuk mendapatkan dukungan atas kebijakannya. Kesalahan tersebut ia sebut sebagai, “merupakan pelanggaran teknis terhadap aturan”.

Suella Braverman mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Mendagri Inggris setelah 43 hari menjabat. Posisinya ini akan langsung digantikan oleh mantan Sekretaris Transportasi Grant Shapps, Downing Street yang mengonfirmasi sekitar satu jam setelah pengumumannya.

Lantas, siapa sebenarnya Mendagri Inggris ini?

Profil Mendagri Inggris, Suella Braverman

Suella Braverman atau yang bernama lengkap Sue-Ellen Cassiana Fernandes lahir di Harrow pada 3 April 1980. Ia lahir dari pasangan Christie dan Uma Fernandes yang pindah ke inggris pada 1960-an. Masing-masing dari kenya dan Mautritius tetapi berasal dari India.

Dikutip dari The Independent, ayahnya bekerja untuk asosiasi perumahan. Sedangkan, ibunya meurpakan seorang perawat yang menjadi anggota dewan di Brent.

Braverman dibesarkan di Wembley, ia bereskolah di Heathfield School di Pinner. Serta, melanjutkan membaca hukum di Queen’s College, Cambridge. Dimana ia juga menjabat sebagai ketua Asosiasi Konservatif Universitas Cambridge.

Mendagri Inggris
Foto: Reuters

Suellla kemudian menghabiskan dua tahun belajar di Perancis berkat kesempatan yang diberikan oleh Porgram Erasmus. Kemudian, mendapatkan gelar master di bidang Hukum Eropa dan Perancis lewat Universitas Pantheon-Sorbonne.

Baraverman dipanggil ke bar di Middle Tample pada tahun 2005. Dirinya mengkhususkan diri dalam sebuah litigasi komersial, tinjauan yudisial, imigrasi dan hukum perencanaan. Ia bersaing dengan Leicester Timur dalam pemilihan umum tahun ini, kalah dari Keith Vas dari Partai Buruh.

Dari tahun 2015 hingga 2017, ia bertugas di serangkaian komite terpilih parlemen yang mendukung pendidikan dan literasi keuangan saat berkampanye untuk tujuan Cuti.

Perombakan di bulan Januari2018 membuatnya menjadi wakil menteri luar negeri parlemen karena keluar dari Uni Eropa. Meskipun ia mengundurkan diri pada November berikutnya bersama Dominic Raab dan “Spartan” lainnya sebagai protes atas rancangan kesepakatan Brexit Theresa May.

Di tahun yang sama, dia menikah dengan Rael Braverman. Merupakan seorang eksekutif di Mercedes Benz.

Mendagri Inggris

Setelah Liz Truss teprilih sebagai PM baru Inggris, Suella Braverman diangkat menjadi mendagri pada bulan September 2022. Suellla menyatakan bahwa proritas utamanya ialah memblokir aliran imigrasi ilegas.

Selama masa jabatannya, dia telah memperjuangkan kebijakannya mengenai imigrasi tersebut. Yakni, kurang dari 100 ribu pendatang baru per tahun.

Setelah enam minggu diangkat menjadi Mendagri Inggris, Braverman memutuskan untuk lengser dari posisinya. Ia merasa bertanggung jawab atas kesalahan yang dibuatnya.

Mengirimkan email menggunakan akun pribadi, selain menggunakan email resmi pemerintahan merupakan pelanggaran serius dalam peraturan menteri di pemerintahan Inggris. Lantas, keputusan pengunduran diri mendagri Inggris tersebut langsung disetujui oleh PM Liz Truss.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini