TechDiva

Bareng Kemen PPPA, Huawei Indonesia Sokong Pemimpin Perempuan di Dunia Digital

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Huawei Indonesia bersama Kementerian PPPA (Kemen PPA) berkolaborasi dalam mencetak telenta dan pemimpin digital perempuan. Kolaborasai tersebut ditandai oleh penandatanganan MoU.

MoU alias Nota Kesepahaman yang ditandatangani oleh kedua belah pihak ini mengusung tema Peningkatan Sinergitas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindugnan Anak Menuju Transformasi Digital yang Responsif Gender dan Ramah Anak”. Dimana bertujuan untuk mengintensifkan kegiatan bersama dalam pemberdayaan dan kepemimpinan perempuan di era transformasi digital.

Adapun ruang lingkup Nota Kesepahaman antara Kemen PPPA dan Huawei meliputi: (1) peningkatan literasi dan kecakapan digital bagi perempuan dan anak; dan, (2) peningkatan akses  terhadap internet aman dan perangkat digital bagi perempuan dan anak. 

Huawei Indonesia

Menteri PPPA Binta Puspayoga dalam pernyataan resminya, Jumat (3/2) menyampaikan bahwa perkembangan teknologi yang ada saat ini memberi kesempatan bagi anak untuk mengakses berbagai informasi dan pengetahuan. Termasuk perempuan.

Dia melihat adanya peluang bagi perempuan untuk menambah penghasilan, meningkatkan prospek pekerjaan hingga memperoleh berbagai pengetahuan dan wawasan. Terlebih, untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensinya.

“Kecanggihan yang ditawarkan teknologi mendukung perempuan untuk semakin berdaya dan mampu  berkontribusi di semua bidang, terutama dalam ekonomi digital,” imbuh Bintang. 

Kendati, Bintang turut menghimbau bahwa teknologi sejatinya adalah pisau bermata dua. Pastinya, memiliki banyak risiko.

Contohnya, kasus grooming, pornografi,  bullying hingga eksploitasi seksual online banyak dialami oleh perempuan dan anak. Sehingga, pemerintah dan dunia usaha perlu bersinergi dalam menghadirkan ekosistem positif bagi dunia digital yang Responsif Gender dan Ramah Anak. 

“Nota kesepahaman antara Kemen PPPA dan Huawei ini diharapkan dapat meningkatkan  efektivitas, koordinasi, dan kerja sama dalam upaya peningkatan sinergisitas pemberdayaan  perempuan dan perlindungan anak menuju transformasi digital yang responsif gender dan ramah  anak, melalui peningkatan literasi dan kecakapan digital bagi perempuan dan anak, serta  peningkatan akses terhadap internet aman dan perangkat digital bagi perempuan dan anak,” kata dia.

Upaya Huawei Indonesia dalam Dukung Pemimpin Perempuan

Huawei Indonesia turut beber upaya yang akan mereka lakukan untuk mendukung perkembangan talenta digital perempuan selama tahun 2023. Mereka melihat teknologi digital penting dalam membuka potensi perempuan dan anak.

Mulai tahun ini, Huawei Indonesia akan mengembangkan beragam program untuk perempuan. Salah satunya Women in Tech dengan beragam program pengembangan kapasitas digital yang ada.

Slogan yang diusungnya ialah TogetHer Shape A Better Future. Dimana akan menyasar perempuan melalui program pengembangan 100 ribu talenta digital yang lebih menekankan kesetaraan gender.

Huawei Indonesia

“Saya percaya bahwa kolaborasi hari ini hanyalah sebuah langkah kecil menuju kolaborasi yang  jauh lebih besar dan luas dengan Kementerian PPPA dan banyak pendukung pemberdayaan  perempuan lainnya,” ungkap Vice President Director of the Board Huawei Indonesia James Sun. 

Dia percaya bahwa era digital ini membutuhkan lebih banyak pemimpin perempuan. Agar mereka tak hanya mendapat pengakuan, kekuatan dan inspirasi, namun juga menjadi motor penggerak perkembangan ekonomi digital.

Sebelumnya, Huawei Indoensia telah meluncurkan insiatif di seluruh dunia untuk dukung partispiasi digital perempuan. Satu di antaranya ialah program global HUAWEI Women Developers (HWD). 

Melalui HWD, perusahaan memberdayakan para developer perempuan, memberi dukungan sumber daya yang komprehensif hingga membantu mereka mendapatkan ruang yang lebih besar. Terutama dalam pengembangan karir dan teknologi.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Berkat Investasi Kripto, Ibu Rumah Tangga Ini Berhasil Kumpulkan Passive Income
TechDiva

Berkat Investasi Kripto, Ibu Rumah Tangga Ini Berhasil Kumpulkan Passive Income

cerita Dinar membuktikan bahwa ada banyak investor kripto yang berupaya menyusun strategi investasi ..

Ini Alasan Melinda Gates Hengkang dari Bill & Melinda Gates Foundation
TechDiva

Ini Alasan Melinda Gates Hengkang dari Bill & Melinda Gates Foundation

Gadgetdiva.id — Mantan Istri Bill Gates, Melinda French Gates, dikabarkan mengundurkan dari..

Direktur IT Telkomsel Dipimpin Perempuan Singapura Joyce Shia, Efektif 31 Mei 2024
TechDiva

Direktur IT Telkomsel Dipimpin Perempuan Singapura Joyce Shia, Efektif 31 Mei 2024

Gadgetdiva.id — Joyce Shia resmi diumumkan sebagai salah satu direksi baru Telkomsel. Yang ..

Gamers Perempuan di Indonesia Memiliki Pendidikan Lebih Tinggi, Ini Alasannya
TechDiva

Gamers Perempuan di Indonesia Memiliki Pendidikan Lebih Tinggi, Ini Alasannya

Gadgetdiva.id — Global Senior Vice President UniPin Debora Imanuella mengungkap fakta menar..

Mengenal Lebih Jauh 3 Kartini di Balik Game Lokapala
TechDiva

Mengenal Lebih Jauh 3 Kartini di Balik Game Lokapala

Gadgetdiva.id — Lokapala adalah sebuah gim MOBA (Massively Online Battle Arena) pertama di ..


;