UMKM

Bareng TikTok, Tokopedia Canangkan 3 Program Dukung UMKM

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Tokopedia membeberkan beberapa program yang akan dilakukannya bersama TikTok untuk memajukan UMKM lokal di platformnya. Apa saja sih program-program tersebut?

Menurut penjelasan dari CEO Tokopedia Melissa Siska Juminto, setidaknya ada tiga program yang dilakukan oleh Tokopedia dan TikTok. Pertama, program huluisasi UMKM.

Pertamina Berikan Pelatihan untuk Ribuan Pengusaha UMKM Perempuan

Program huluisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi pelaku usaha mulai dari tahap produksi (hulu) sampai penjualan (hilir). Dalam program ini, pelaku usaha akan diberi pelatihan peningkatan produksi seputar teknologi, modernisasi dan operasional toko.

Kemudian, ada juga dukugnan promosi digital seperti, melalui livestream, video pendek dan kampanye khusus di online platfrom. Termasuk juga dukungan kreator melalui program afiliator produk lokal.

“Kedua, mendukung pelaku usaha lokal untuk mempromosikan produk ini di pasar tingkat nasional. Yaitu, produk-produk umkm, kita akan mendorong lebih bamyak untuk bisa “made in indonesia” dan juga mendorong ekspor mereka ke luar negeri,” pungkas Melissa dalam acara konferensi pers yang berlangsung pada Selasa (12/12).

Beli LokalDirektur Eksekutif E-commerce TikTok Indonesia Stephanie Susilo

Tak hanya itu, kedua belah pihak juga akan membuka pusat pengembangan talenta digital di Indonesia. Hal tersebut dilakukan supaya telenta lokal juga dapat bekerja dan terpapar teknologi baru.

“Kami akan fokus kepada pengembangan teknologi terbaru dan terdepan agar SDM mampu berinovasi juga bersama kami untuk mendorong demi kemajuan UMKM Indonesia,” ujar dia.

Sementara itu, saat ini kolaborasi antara Tokopedia dan TikTok sendiri masih dalam tahap uji coba selama kurang lebih empat bulan. Selama tahap tersebut, kedua platform ini berada di bawah pengawasan Kemendagri (Kementerian Perdagangan Republik Indonesia) dan beberapa regulator lainnya.

Setelah melewati masa uji coba, pemerintah akan melakukan evaluasi apakah kolaborasi antara TikTok Shop dan Tokopedia ini layak untuk dilanjutkan sesuai dengan Pemendag 31 Tahun 2023. Tepatnya, dengan melakukan audit.

Sementara itu, TikTok Shop telah kembali beroperasi sejak Senin (11/12) malam dengan menggandeng Tokopedia. Kini, platform tersebut sudah menambahkan bilah Shop dengan tampilan antarmuka bernuansa hijau khas Tokopedia.

Bilah Shop tersebut menawarkan berbagai macam produk jualan dari berbagai UMKM. Kendati demikian, menurut penelusuran Gadgetdiva, pengguna masih tetap dapat melakukan transaksi di dalam aplikasi TikTok.

“Ini jalannya panjang, journeynya panjang dan ini baru tahap uji coba dan akan bekerja sama erat bersama Kemendag,” tutupnya.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Telkomsel DCE Cari 5 UKM Terbaik dari 300 Peserta Terseleksi
UMKM

Telkomsel DCE Cari 5 UKM Terbaik dari 300 Peserta Terseleksi

Gadgetdiva.id — Telkomsel DCE mulai mencari usaha kecil menengah (UKM) terbaik di bidang ma..

Pertamina Berikan Pelatihan untuk Ribuan Pengusaha UMKM Perempuan
UMKM

Pertamina Berikan Pelatihan untuk Ribuan Pengusaha UMKM Perempuan

gadgetdiva.id – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perempuan merupakan penopang pere..

UMKM Toko Yatmi: 6000 Kontak WhatsApp adalah Aset Jualan
UMKM

UMKM Toko Yatmi: 6000 Kontak WhatsApp adalah Aset Jualan

Gadgetdiva.id — Wanita berjilbab ungu itu berjalan tergopoh-gopoh mendekatiku. Kami memang ..

Perjalanan Mama Sariat Tole, Seniman Kain Tenun Ikat Alor Berkualitas Ekspor
UMKM

Perjalanan Mama Sariat Tole, Seniman Kain Tenun Ikat Alor Berkualitas Ekspor

Gadgetdiva.id – Kampung kecil bernama Kampung Hula yang terletak di pedalaman Pulau Alor, N..


;