Family

Agar Mata Anak Terhindar dari Bahaya Sinar Radiasi Ponsel

post-img

Source : Saturdays

GadgetDiva – Mata adalah jendela dunia,  sangat penting bagi orang tua memperhatikan kesehatan mata anak-anak agar terhindar dari kerusakan mata. Di era digital seperti sekarang, anak-anak yang aktif dengan gawainya sangat rawan dampak buruk paparan sinar radiasi ponsel.

Menggunakan kacamata yang mencegah dampak buruk ini salah satu solusinya. Orang tua harus paham bahwa memilih kacamata jangan hanya terlihat menggemaskan untuk anak-anak, tetapi juga harus memperhatikan fungsinya dalam membantu menghalangi sinar radiasi ponsel dan pastikan ukurannya pas.

Teknologi Pillow Walk ALDO di Koleksi Fashion Spring 2024

Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022, sebanyak 33,44% anak usia dini (0-5 tahun) dan 52,76% anak usia 5-6 tahun telah menggunakan ponsel. Meski belum ada bukti kuat bahaya radiasi ponsel pada mata, Gooddoctor.co.id di laman resminya menyarankan untuk tetap memperhatikan penggunaan ponsel yang terlalu intens pada anak-anak. Karena sebagian peneliti mencurigai efek paparan radiasi ponsel akan berisiko lebih tinggi pada anak-anak. Mengingat sistem saraf pada anak-anak masih rentan dan dalam masa perkembangan.

Risiko anak-anak terpapar radiasi ponsel lebih tinggi daripada orang dewasa. Efek jangka pendeknya mata lelah, berair dan pandangan tidak jernih. Untuk anak-anak yang aktif ini tentu membahayakan. Penelitian dari CEFALO menegaskan tidak ada hubungan penggunaan ponsel dengan risiko kanker otak pada anak-anak. Hal ini berdasarkan riset pada 2004-2008 tentang dampak potensial medan elektromagnetik ponsel (EMF) pada otak anak yang didagnosa tumor otak.

Walau demikian, orang tua tetap harus memperhatikan kesehatan mata anak, agar efek jangka pendek dan panjang dari sinar radiasi ponsel pada mata anak-anak bisa dihindari. Salah satu yang merisaukan adalah mata lelah, pandangan kabur, berair dan mata merah.

Mengusung tagline “Future Starts Today”, merek kacamata Saturdays menghadirkan koleksi Saturdays Junior yang telah dilengkapi dengan lensa blue-light dan minus. Saturdays Junior diklaim dirancang untuk mendukung kenyamanan anak-anak dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

“Dalam proses perancangan Saturdays Junior, kami melakukan penelitian, mulai dari wawancara dengan para orang tua hingga uji pemakaian langsung pada anak-anak, kami merancang SATURDAYS Junior untuk melindungi penglihatan anak-anak dari dampak negatif pemakaian gadget. Dengan mempertimbangkan perilaku anak yang lebih aktif, kacamata ini memiliki temple yang lebih nyaman dan spring hinge atau engsel yang fleksibel, sehingga dapat mengakomodasi aktivitas anak yang dinamis,” ujar Tomy Herseta, Direktur Kreatif Saturdays.

Bukan sekadar melindungi mata anak-anak, menurut Tomy, Saturdays Junior hadir menawarkan beragam model kacamata, termasuk versi mini dari koleksi Saturdays yang sudah dikenal sebelumnya seperti Filmore, Hamilton, Ashley, Mona, dan lainnya. Hal ini memungkinkan orang tua dan anak untuk menampilkan gaya serupa dengan model kacamata yang sejenis.

Untuk makin memikat anak-anak agar terlindung matanya dengan kacamata, Saturdays Junior berkolaborasi dengan karakter ikonik Doraemon. “Saturdays Junior bukan hanya fungsi tapi juga nyaman dan menarik anak-anak,” imbuhnya.

Saturdays telah melakukan berbagai kegiatan sosial seperti acara amal dan pemeriksaan mata untuk anak-anak di panti asuhan. Tujuannya adalah untuk mendukung kualitas pendidikan bagi anak-anak dengan menyediakan fasilitas kacamata dan lensa bagi yang membutuhkan.

“Saturdays ingin memberikan dampak positif agar generasi penerus bangsa tidak terhambat mencapai cita-cita akibat terganggu penglihatannya,” ujar Tomy.

Rama Suparta, Co-Founder Saturdays, mengungkapkan peluncuran Saturdays Junior ini bukan sekadar memperkenalkan produk baru, tapi juga wujud komitmen perusahaan berkontribusi pada masyarakat. “Kami juga menggelar berbagai kegiatan seperti bakti sosial dan pemberian pengecekan mata untuk anak-anak. Kami juga berharap Saturdays Junior dapat menjadi pilihan utama bagi orang tua yang peduli akan kesehatan mata anak-anak mereka, sambil tetap tampil modis,” terangnya.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Herning Banirestu

Reporter

Memiliki pngalaman panjang sebagai jurnalis di Majalah SWA dan SWA.co.id, dengan jaringan kuat di berbagai industri bisnis, bukan saja di teknologi. Telah banyak menulis tokoh bisnis ternama dan CEO perusahaan besar baik lokal maupun global. Suka lari, baca, menulis dan melamun.

Artikel Terkait

50% Gen Z Akui Punya Kehidupan Ganda di Dunia Maya
Family

50% Gen Z Akui Punya Kehidupan Ganda di Dunia Maya

50% Gen Z mengakui memiliki kehidupan ganda online, meningkatkan urgensi diskusi tentang kesehatan m..

Teknologi Pillow Walk ALDO di Koleksi Fashion Spring 2024
Family

Teknologi Pillow Walk ALDO di Koleksi Fashion Spring 2024

ALDO hadirkan teknologi Pillow Walk di koleksi Spring 2024 untuk kenyamanan dan gaya optimal bagi pa..

Jajaran Xiaomi TV yang Harganya di Bawah Rp2 Juta, Xiaomi TV A dan A Pro
Family

Jajaran Xiaomi TV yang Harganya di Bawah Rp2 Juta, Xiaomi TV A dan A Pro

Gadgetdiva.id — Xiaomi sudah menjelma menjadi produsen AIOT yang cukup besar. Tak hanya jua..

Perancis Bakal Batasi Anak-anak dalam Menggunakan Ponsel Pintar dan Media Sosial
Family

Perancis Bakal Batasi Anak-anak dalam Menggunakan Ponsel Pintar dan Media Sosial

Gadgetdiva.id — Sebuah panel utusan Presiden Perancis Emmanuel Macron menyebut bahwa negara..


;