TechDiva

OpenAI Kena Semprot Scarlett Johansson, Padahal Udah Ditolak

post-img

Source : Ist.

GadgetDivaChatGPT milik OpenAI sedang jadi bulan-bulanan netizen. Mereka disemprot artis cantik Scarlett Johansson karena telah lancang menggunakan suaranya, setidaknya suara yang mirip dengan dirinya.

Cerita ini berawal dari cuitan netizen, yang menganggap suara AI ChatGPT-4o, atau yang disebut dengan Sky, memiliki karakter yang sama dengan suara Black Widow itu. Netizen beranggapan jika OpenAI terinspirasi dari suara Scarlett Johansson yang pernah memerankan kekasih virtual bernama Samantha dalam film Her.

Tips Foto Makanan Jadi Estetik ala Marisa Djemat

Dilansir melalui Forbes, Rabu, 22 Mei 2024, Scarlett yang mengetahui hal ini langsung meradang. Dia melayangkan surat keberatan usai berkonsultasi dengan pengacaranya terkait penggunaan suaranya tanpa izin. 

Akhirnya terkuak, Open AI memang pernah membujuk dirinya untuk mau memberikan suaranya sebagai Sky. Namun Scarlett dengan tegas menolak. Dia mengatakan tidak mau memberikan suaranya untuk mengisi karakter virtual Sky. 

 

Source :gadgetdiva.id

 

Tidak heran jika kemudian Scarlett terkejut dan marah ketika Sky diluncurkan dan memiliki suara yang sama dengan dirinya. 

Di sisi lain, Sam Altman sebagai pemimpin perusahaan berbasis AI itu menegaskan jika suara tersebut bukanlah suara Scarlett Johansson. Mereka mengaku jika suara tersebut adalah talent yang mereka sewa. Mereka tidak menyangka jika suara talent tersebut memiliki karakter yang sama dengan Scarlett.

Sam Altman pun meminta maaf dalam cuitannya dan mengaku telah men-take down suara tersebut dari Sky.

"Suara dari Sky bukanlah milik Scarlett Johansson, dan tidak pernah dimaksudkan untuk menyerupai suaranya. Kami memilih pengisi suara di balik suara Sky sebelum melakukan kontak dengan Scarlett Johansson. Dalam menghormati dirinya, kami telah menghentikan penggunaan suara Sky dalam produk kami. Kami meminta maaf kepada Johansson karena kami tidak berkomunikasi dengan lebih baik," ujar Sam dalam cuitannya.

Dari sini terlihat jelas jika alasan Sam Altman tidak bisa diterima dengan logika. Jika memang dia tidak ingin menggunakan suara Scarlett dari awal, seharusnya dia tidak mencari talent dengan karakter suara yang mirip.

Altman seolah-olah ingin menghadirkan kembali kenangan film Her dalam setiap diri penggunanya, makanya dia memaksa untuk menggunakan suara Scarlett Johansson.

"Her" merupakan sebuah film yang menggambarkan kisah seorang pria kesepian bernama Theodore Twombly, diperankan oleh Joaquin Phoenix, yang hidup dalam masa sulit setelah perceraian dengan istrinya.

Dalam dunia yang futuristik, Theodore menginstal sebuah sistem operasi buatan yang cerdas dan intuitif bernama Samantha (diperankan oleh Scarlett Johansson) ke dalam perangkatnya. Melalui interaksi yang semakin dalam, Theodore mulai membentuk ikatan emosional yang kuat dengan Samantha, meskipun dia hanya ada dalam bentuk suara.

Hubungan mereka berkembang dari sekadar hubungan antara manusia dan mesin menjadi sesuatu yang jauh lebih mendalam, menggugah pertanyaan tentang cinta, kehidupan, dan kesendirian.

Pertemuan Theodore dengan Samantha membawanya pada perjalanan emosional yang kompleks, di mana dia menemukan kembali kehidupannya yang terputus dan menemukan kembali rasa hidup yang hilang. Namun, ketika hubungan mereka menjadi semakin dalam, Theodore mulai merasa terombang-ambing antara kebahagiaan dan ketidakpastian tentang keabsahan hubungan mereka.

Melalui narasi yang penuh emosi dan visual yang menakjubkan, "Her" mengajak penonton untuk merenung tentang arti cinta, teknologi, dan konektivitas manusia di era digital yang semakin maju.

 

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

Berkat Investasi Kripto, Ibu Rumah Tangga Ini Berhasil Kumpulkan Passive Income
TechDiva

Berkat Investasi Kripto, Ibu Rumah Tangga Ini Berhasil Kumpulkan Passive Income

cerita Dinar membuktikan bahwa ada banyak investor kripto yang berupaya menyusun strategi investasi ..

Tips Foto Makanan Jadi Estetik ala Marisa Djemat
TechDiva

Tips Foto Makanan Jadi Estetik ala Marisa Djemat

Marisa Djemat pun memberikan banyak tips untuk membuat foto makanan lebih estetik, terutama mengguna..

Ini Alasan Melinda Gates Hengkang dari Bill & Melinda Gates Foundation
TechDiva

Ini Alasan Melinda Gates Hengkang dari Bill & Melinda Gates Foundation

Gadgetdiva.id — Mantan Istri Bill Gates, Melinda French Gates, dikabarkan mengundurkan dari..

Direktur IT Telkomsel Dipimpin Perempuan Singapura Joyce Shia, Efektif 31 Mei 2024
TechDiva

Direktur IT Telkomsel Dipimpin Perempuan Singapura Joyce Shia, Efektif 31 Mei 2024

Gadgetdiva.id — Joyce Shia resmi diumumkan sebagai salah satu direksi baru Telkomsel. Yang ..


;