TechDiva

Strategi Bisnis Fashion Alice Norin Laris Manis di Shopee Live

post-img

Source : Doc. SHOPEE

GadgetDiva – Nama Alice Norin lebih dikenal sebagai artis sinetron yang kerap menghiasi layar kaca televisi. Namun dalam beberapa tahun terakhir, Alice lebih sering muncul di Shopee Live. Mengusung merek Fashion Today, Alice berhasil menjadi salah satu top seller di Shopee Live.

Bisnis fashion ditekuni Alice Norin sejak masih aktif melakoni berbagai peran sinetron. Setelah berkeluarga, memiliki anak, Alice memilih lebih fokus mengembangkan bisnisnya. Nama besarnya di industri hiburan, memang membantunya meraih perhatian pasar, namun hal ini tidak bisa menjadi andalan bisnisnya sustain dan selalu menjadi pilihan pembeli di tengah makin ramainya brand fashion baik lokal maupun luar.

OpenAI Kena Semprot Scarlett Johansson, Padahal Udah Ditolak

Alice berhasil membangun Fashion Today, sebagai merek lokal yang mencapai potensi maksimal dan meraup peningkatan transaksi hingga lebih dari 30 kali lipat di berbagai puncak kampanye belanja bersama Shopee Live.

 

Source :gadgetdiva.id

 

Perjalanan Alice mengembangkan bisnis fashion dimulai pada tahun 2011, waktu itu masih dengan merek 8Wood. Kala itu bisnis belum jadi kegiatan utamanya, hanya sekadar menyalurkan hobinya pada dunia fashion. Bisnisnya masih dikelola sambil dia melakoni kegiatannya di dunia hiburan.

“Waktu itu banyak teman artis yang repeat order, garasi rumah jadi tempat pertama saya membangun bisnis ini,” ungkapnya. Seiring berjalannya waktu, Alice melihat bisnis fashionnya banyak mendapat sambutan positif. Dia pun mulai berpikir untuk lebih fokus mengembangkan bisnisnya.

“Saya memutuskan untuk rebranding 8Wood menjadi Fashion Today, ini sesuai dengan karakter produknya yang mengusung desain terkini, unik dan nyaman dipakai sehari-hari,” ujarnya.  Dia pun mulai membangun strategi agar produknya menjadi pilihan utama konsumen ketika membeli produk fashion yang bisa jadi baju sehari-hari dan juga untuk bekerja.

Dia pun mencari tahu ke Tanah Abang, untuk melakukan benchmark produk dari segi kualitas, harga, dan desain. Wanita kelahiran 36 tahun silam ini, makin serius dalam membangun bisnis fashion, yang semula dari garasi rumah, dia kemudian membangun kantor sendiri yang lokasinya tidak jauh dari rumahnya. “Dengan begitu dua putri saya bisa ketemu saya di kantor dengan mudah,” ujarnya.

Bisnis Alice pun bertumbuh dari hanya 4 karyawan, termasuk dirinya, kini sudah mempekerjakan 250 orang karyawan termasuk pekerja konveksinya. “Awalnya saya pakai beberapa penjahit lepas, demi menjaga kepuasan pelanggan, menjaga retention rate Fashion Today yang bertumbuh di atas rata-rata, kami kemudian memutuskan membangun konveksi sendiri di Bandung dan Solo,” terangnya.

Bahan baku yang digunakan Fashion Today merupakan produk lokal terbaik, mulai dari bahan katun, wool dan linen yang nyaman digunakan sehari-hari. Untuk menghasilkan produk terbaik menurut Alice kondistensi menjaga kualitas produk adalah kunci. Dia tidak mau kompromi soal ini. Maka itu, Alice menggunakan multiple vendor demi mendapatkan bahan baku terbaik, yang sebelumnya hanya satu vendor saja.

 

Source :gadgetdiva.id

 

Dia mengungkapkan dalam ukuran baju brand Fashion Today, mengikuti kondisi ukuran tubuh masyarakat pada umumnya. Maka itu setiap jualan di live streaming Alice menampilkan co-host dengan ukuran tubuh beragam, mulai dari yang ukuran S, M, L, XL dan XXL, mereka akan show ke pelanggan saat live sehingga pelanggan Fashion Today bisa melihat langsung bagaimana koleksi-koleksinya dipakai sesuai ukuran tubuh mereka.

“Kami tidak mau mengecewakan Bestie Fashion Today,” ucap Alice sambil menyebut sapaan customer loyalnya. Alice juga sangat mendengarkan masukan dari Bestie Fashion Today yang menurutnya banyak didapat saat Shopee Live. Ketika masih menggunakan brand 8Wood, baju yang dia buat menggunakan standar body ideal, karena banyak masukan dan permintaan dari teman-teman artisnya, sehingga 8Wood menjadi agak eksklusif.

Alice ingin membawa sentuhan baru yang autentik bagi perempuan Indonesia di produk fashionnya. Fashion Today memasarkan berbagai produk pakaian perempuan seperti kemeja, kaos, celana, dan beragam aksesoris.

Fashion Today mulai bergabung dengan Shopee sejak tahun 2020 dan aktif memanfaatkan Shopee Live mulai Oktober 2023. Keputusan untuk bergabung dengan Shopee merupakan langkah strategis bagi Alice untuk memperluas jangkauan pasarnya.

Sebelumnya, Alice pernah mencoba memanfaatkan fitur live streaming di platform lain, tetapi dia mengaku banyak mendapat peluang dan manfaat yang ditawarkan Shopee Live, ditambah melihat teman sesama artis yang telah lebih dulu bergabung dengan Shopee, membuatnya tak berpikir panjang untuk bergabung.

Lewat Shopee Live, Alice berhasil mendongkrak citra dan penjualan brand Fashion Today dengan keunggulan interaksi real-time yang menghubungkannya lebih dekat dengan konsumen. “Shopee live bikin kami lebih interaktif, menginspirasi desain baru produk kami misal, ketika customer kasih ide buat kemeja crop, saya pikirin gimana bikin produk yang tetap terlihat sopan untuk pasar Indonesia,” terangnya.

Alice selalu mengembangkan ide-ide produk berdasarkan masukan pelanggan setianya. “Kemeja salah satu best seller di Fashion Today, makanya saat payday dan double date promo kami selalu memberikan promo khusus dan menyiapkan stok lebih dari biasanya agar pelanggan tidak kecewa,” jelasnya.

Meski produk fashion yang dia jual bukanlah modest fashion atau fasyen untuk muslim, menurut Alice sebagian besar pelanggan setianya adalah hijabers. Tidak heran penjualan Fashion Today saat lebaran sangat tinggi.

Makanya banyak inovasi produk Fashion Today dikembangkan dengan menyesuaikan modelnya untuk Hijabers. Setidaknya ada 60% pelanggan setianya menggunakan hijab.

“Shopee Live bukan hanya mendorong penjualan tapi juga memperkuat relasi kami dengan pelanggan dan interaksi pun lebih baik. Saya juga meyakini jualan di Live Streaming menciptakan kepercayaan dan daya tarik terhadap produk kita,” tandasnya.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Herning Banirestu

Reporter

Memiliki pngalaman panjang sebagai jurnalis di Majalah SWA dan SWA.co.id, dengan jaringan kuat di berbagai industri bisnis, bukan saja di teknologi. Telah banyak menulis tokoh bisnis ternama dan CEO perusahaan besar baik lokal maupun global. Suka lari, baca, menulis dan melamun.

Artikel Terkait

Kisah Dila, Dulu Mantan Kasir Hingga Jadi Top Kreator di Shopee Video
TechDiva

Kisah Dila, Dulu Mantan Kasir Hingga Jadi Top Kreator di Shopee Video

Dila, seorang anak muda dari Banten, telah mengubah takdirnya dengan menjadi konten kreator di Shope..

OpenAI Kena Semprot Scarlett Johansson, Padahal Udah Ditolak
TechDiva

OpenAI Kena Semprot Scarlett Johansson, Padahal Udah Ditolak

OpenAI disemprot artis cantik Scarlett Johansson karena telah lancang menggunakan suaranya, setidakn..

Berkat Investasi Kripto, Ibu Rumah Tangga Ini Berhasil Kumpulkan Passive Income
TechDiva

Berkat Investasi Kripto, Ibu Rumah Tangga Ini Berhasil Kumpulkan Passive Income

cerita Dinar membuktikan bahwa ada banyak investor kripto yang berupaya menyusun strategi investasi ..

Tips Foto Makanan Jadi Estetik ala Marisa Djemat
TechDiva

Tips Foto Makanan Jadi Estetik ala Marisa Djemat

Marisa Djemat pun memberikan banyak tips untuk membuat foto makanan lebih estetik, terutama mengguna..


;