Aplikasi

TikTok Kian Jadi Sumber Berita

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Sebuah riset menyatakan bahwa platform TikTok kini kian jadi sumber berita. Bisa dikatakan bahwa pengguna medsos lebih sering lari ke platform tersebut untuk mencari berita.

Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh Pew Research Center, TikTok kini kian menjadi tempat untuk mendapatkan berita. Sebab, kebanyakan orang Amerika saat ini mendapatkan sumber berita dari platfrom tersebut.

Obrolan Twitter Dorong Keputusan Berbelanja Pengguna

Adapun persentase orang yang menerima berita dari TikTok meningkat tiga kali lipat terhitung sejak 2020 kemarin. Sekitar 10 persen dari semua orang dewasa di Amerika Serikat saat ini secara teratur mendapat berita dalam aplikasi. Untuk orang dewasa di bawah 30 tahun, angka tersebut melonjak menjadi 26 persen.

Orang-orang yang sudah menggunakan TikTok juga mengubah cara mereka menggunakan aplikasi. Dalam hal ini, terutama mencari sumber berita.

Baca juga: Pengguna Twitter Gen Z di Indonesia

Platform TikTok Jadi Sumber Berita

Sepertiga pengguna dewasa di aplikasi menyatakan bahwa mereka bisa mendapatkan berita dalam platform, naik dari 22 persen pada tahun 2020. Riset tersebut juga menemukan bahwa TikTok menjadi lebih dari sekadar aplikasi berita, lain halnya dengan platform lain.

Pew menemukan bahwa di platform media sosial lainnya konsumsi berita stagnan atau cenderung menurun. Misalnya di Facebook terdapat 54 persen orang dewasa menyebut bahwa mereka mendapat berita di sana pada tahun 2020. Angka tersebut turun menjadi 44 persen.

TikTok

Sedangkan, di Youtube justru tetap datar selama beberapa tahun terakhir. Sepertiga penggunannya di platform menyatakan bahwa mereka mendapatkan berita.

Sementara, pengguna TikTok yang lebih muda juga kerap menggunakannya sebagai mesin pencarian. TikTok sendiri telah hadir menjadi platform yang memegang peran peniting untuk beragam isu baru.

Misalnya, pada saat Rusia menginvansi Ukraina pada Februari lalu. Platform tersebut hadir dengan menunjukkan beragam video pendek terkait isu tersebut.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

DANA Jadi Aplikasi Finance Nomor Satu di Q3
Aplikasi

DANA Jadi Aplikasi Finance Nomor Satu di Q3

Gadgetdiva.id — DANA duduki peringkat nomor satu dalam kategori finance data.ai di Q3 2022..

Obrolan Twitter Dorong Keputusan Berbelanja Pengguna
Aplikasi

Obrolan Twitter Dorong Keputusan Berbelanja Pengguna

Gadgetdiva.id — Twitter menyatakan bahwa percakapan berbelanja yang terjadi di platformnya..

Twitter Ungkap Pengguna Twitter di Indonesia Paling Banyak Gen Z
Aplikasi

Twitter Ungkap Pengguna Twitter di Indonesia Paling Banyak Gen Z

Gadgetdiva.id —  Twitter ungkap jumlah penggunanya di Indonesia. Ditemukan paling banyak ..

Akhirnya, WhatsApp Pulih Juga!
Aplikasi

Akhirnya, WhatsApp Pulih Juga!

Gadgetdiva.id — Setelah bikin geger warganet, WhatsApp akhirnya pulih juga. Pengguna kini m..


;